Internet

Indonesia Sudah Bisa Menggunakan Google Maps Offline Mode Tanpa koneksi Internet

Indonesia sekarang sudah bisa menggunakan google maps offline alias tanpa koneksi internet, setelah sebelumnya hanya berlaku di Amerika saja. Jadi tanpa menggunakan koneksi internet kita masih bisa menggunakan fitur dari google maps. Hal ini akan memberi keuntungan lebih bagi pengguna ponsel, terutama mengurangi pengggunaan paket data dan lebih menghemat baterai.

Saya sendiri lebih sering menggunakan aplikasi dari google maps ini untuk membantu menemukan beberapa alamat dan nama jalan di daerah saya, tetapi sebelumnya harus menggunakan akses internet dengan jaringan yang bagus. Google maps juga sering saya andalkan untuk lokasi yang belum saya kenali sebelumnya, tetapi jika koneksi kurang bagus, akan mempercepat penggunaan baterai sehingga lebih boros.

Terhitung mulai dari kemarin tanggal 23 november 2015  google maps bisa bekerja secara offline dan bisa di rasakan pengguna ponsel indonesia. Fitur offline ini mengizinkan pengguna untuk mengunduh sebuah area lokasi ke ponsel. Jadi, saat perangkat mulai offline, Google Maps tetap bisa bekerja seperti biasa. Saat masuk ke mode offline, pengguna tetap bisa mencari destinasi tujuan dan menemukan informasi tentang destinasi tersebut, seperti jam operasional, nomor telepon, dan rating.

Untuk menggunakan google maps offline tanpa koneksi internet kita harus sudah mengunduh lokasi tersebut sebelumnya, jadi jika tanpa adanya lokasi dalam penyimpanan ponsel, maka google maps tidak bisa memberikan informasi alias tidak berfungsi jika di operasikan dalam mode offline.

Untuk aplikasi versi terbaru dari google maps akan dirilis secara bertahap kepada pengguna Android mulai hari ini. Sementara itu, versi iOS akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Cara menggunakan google maps offline mode

Untuk menggunakan google maps offline tanpa internet, pertama tama anda harus memperbaharui aplikasi google maps dengan versi yang paling baru, setelah itu kita di wajibkan mengunduh peta lokasi tertentu yang kita inginkan. Peta lokasi inilah yang akan kita pergunakan sewaktu dalam kondisi offline tanpa jaringan internet.

Untuk versi Android

Loading...
  • Saat pertama kalinya anda harus terhubung ke internet dan masuk ke akun Google.
  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Telusuri tempat, contohnya Jakarta.
  • Pada bagian bawah, pilih kotak yang mencantumkan nama tempat yang ditelusuri.
  • Kemudian Pilih “unduh”.

Untuk versi iOS

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Telusuri tempat, misalnya Jakarta.
  • Di bagian bawah, buka kotak tempat nama lokasi yang di telusuri.
  • Di kanan atas, buka menu three vertical dots.
  • Untuk menyimpan peta, pilih simpan peta offline. Ikuti petunjuk pada layar.

Untuk membuka peta offline masuk ke Google Maps, kemudian buka three vertival dots dan pilih area offline.

Lokasi area yang bisa diunduh untuk versi android adalah 120.000 kilometer persegi. Sedangkan untuk versi iOS ukuran terbesar untuk maps offline adalah 50 km x 50 km. Sekali lagi, dengan menggunakan google maps offline mode ini kita banyak terbantu memecahkan solusi di antaranya sinyal yang kurang stabil atau pemakaina baterai, dan satu yang pasti adalah menghemat jatah paket data internet kita. Hebat bukan…



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button