Internet

7 Rekomendasi Tempat Menikmati Senja Kota Manado

Kota Manado merupakan salah satu kota di Indonesia yang tepat berada di daerah pesisir dengan potensi wisatanya. Salah satunya yaitu senja Kota Manado yang begitu mengagumkan.

Manado memang memiliki karakteristik sebagai pertanda wilayah perkotaan, yaitu dengan adanya gedung-gedung besar milik investor di Kota Manado.

Gedung-gedung tersebut tentu saja dibangun dalam rangka dibukanya kawasan reklamasi di pesisir Manado sebagai kawasan bisnis.

Menikmati Senja Kota Manado

Meskipun tampak adanya perbedaan signifikan antara Kawasan reklamasi dan daerah sekitarnya, namun Kota Manado tetap memiliki ciri khasnya yang membedakan kota ini dengan kota besar lainnya di Indonesia.

Salah satunya yaitu pesisir Kota Manado yang langsung menghadap ke arah barat. Dengan demikian, melihat pemandangan matahari terbenam merupakan cara terbaik untuk menikmati indahnya Kota Manado.

Tidak hanya itu saja, letak kota yang berada di daerah hilir beberapa sungai membuat kota ini memiliki elevasi yang lebih rendah dibanding dengan kota/kabupaten lain di sekitarnya.

Oleh karenanya, melihat matahari terbenam ke arah Kota Manado menjadi lebih sempurna. Berikut ini beberapa tempat yang cocok dijadikan sebagai pilihan untuk menikmati senja di Kota Manado.

1. Jangkar Sandar

Senja Kota Manado
Jangkar Sandar via @hidayatagung_

Jangkar Sandar merupakan salah satu tempat wisata kuliner menarik yang ada di Manado. Letaknya berada di Kawasan Megamas Blok H atau lebih tepatnya di kompleks Ruko Mega Smart.

Letaknya yang tepat berada di sisi pantai dengan pemandangan laut dan reklamasi di tepiannya membuat tempat ini banyak dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi kalangan muda Manado.

Tempat ini sebenarnya merupakan tempat makan semacam food court yang menyajikan beberapa makanan khas manado dan makanan ringan lainnya.

Ciri khas tempat ini adalah keberadaan sebuah jangkar di tengah-tengah kompleks yang  menjadikan tempat ini cukup unik.

Tidak hanya itu saja, saat sore hingga malam tempat ini akan mulai banyak didatangi oleh pengunjung.

Saat sore hari, jangkar sandar ini dapat menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat senja Kota Manado atau matahari terbenam.

Biasanya para pengunjung yang datang ke tempat ini, terutama dari kalangan wisatawan akan memesan pisang goreng khas Manado sambil melihat senja.

Selepas malam hari, tempat ini tentu saja tetap menarik untuk dikunjungi karena lampu-lampu unik akan menghiasi jangkar sandar. Seolah tempat ini menjadi tempat favorit untuk menghasbiskan malam di Kota Manado.

2. Bandara Sam Ratulangi

Senja Kota Manado
Bandara Sam Ratulangi via @hidayatagung_

Bandara Sam Ratulangi merupakan bandara yang menjadi penghubung bagi Kota Manado dan daerah lain disekitarnya, terutama untuk Provinsi Sulawesi Utara. Bandara ini berada di Jalan A.A. Maramis, Lapangan, Mapanget, Kota Manado.

Penamaan Sam Ratulangi ini sendiri merupakan sebagai wujud apresiasi dan penghormatan kepada pejuang kemerdekaan Indonesia sekaligus Gubernur pertama Sulawesi Utara, yaitu Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi.

Untuk dapat menikmati senja Kota Manado di tempat ini memang tidak sembarangan seperti di tempat lainnya.

Spot terbaik menikmati senja di tempat ini adalah beberapaa saat setelah take off ataupun beberapa saat sebelum landing.

Artinya ada syarat khusus untuk dapat menikmati senja dari tempat ini. Akan tetapi, melihat senja melalui jendela pesawat terbang seakan memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka yang datang atau meninggalkan Manado.

3. Gunung Tumpa

Senja Kota Manado
Gunung Tumpa via sindomanado.com

Gunung Tumpa sebenarnya merupakan Kawasan hutan lindung yang berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken.

Seiring berkembangnya Kota Manado, terutama pariwisatanya membuat tempat ini akhirnya juga mulai dibuka untuk akses wisata.

Salah satu yang menjadi keunikan tempat ini adalah kita dapat melihat Pulau Bunaken, Pulau Siladen, dan Pulau Manado Tua yang berada di seberang pulau.

Lokasi yang berada pada ketinggian menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat wisata alternatif di Kota Manado. Untuk menuju ke tempat ini dapat ditempuh kurang lebih 60 menit dari pusat Kota Manado.

Akses dan fasilitas pendukung pun sudah mulai banyak dibangun di tempat ini. Meskipun belum lama dibuka sebagai tempat wisata, tempat ini sudah banyak memiliki pengunjung.

Salah satu yang menjadi favorit pengunjung yaitu menikmati senja dari bukit di Gunung Tumpa.

Pemandangan senja yang sangat sempurna akan didapatkan di sini karena matahari akan terlihat langsung seolah tenggelam di lautan.

Ditambah lagi dengan landscape Pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken membuat senja Kota Manado di tempat ini menjadi begitu sempurna.

4. Pulau Bunaken

Senja Kota Manado
Pulau Bunaken via the-islands-of-indonesia.com

Pulau Bunaken rasanya sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan Indonesia bahkan mancanegara.

Pulau Bunaken atau bisa juga disebut sebagai Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu kepulauan yang ada di Manado.

Salah satu keunikan yang dimiliki Bunaken adalah pemandangan bawah lautnya yang sangat indah. Tak heran apabila setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Mereka yang datang ke Bunaken biasanya akan datang di pagi hari dan kembali pulang ke Kota Manado pada sore harinya karena lokasinya yang memang tidak terlalu jauh.

Namun beberapa dari wisatawan juga ada yang memang singgah di pulau ini. Selain pemandangan bawah lautnya, tentu saja Bunaken juga memiliki potensi lain. Melihat senja dari pulau ini merupakan salah satu pilihan lain yang dapat dilakukan di tempat ini.

Pemandangan matahari terbenam dari Bunaken akan menghadirkan landscape berupa Pulau Manado Tua dengan latar belakang senja tentunya.

Selain itu, adanya kapal-kapal milik nelayan yang bersandar serta suara ombak akan menambah suasana senja di tempat ini menjadi tidak akan terlupakan.

5. Mangrove Park Bahowo

Senja Kota Manado
Mangrove Park Bahowo via deskgram.net

Mangrove Park Bahowo merupakan salah satu alternatif wisata di Manado yang saat ini sudah mulai berkembang.

Mangrove Park Bahowo sejatinya merupakan taman hutan mangrove yang berada di pesisir pantai Manado. Lebih tepatnya hutan mangrove ini berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken.

Sama halnya dengan hutan mangrove lainnya, mangrove di Kelurahan Tongkaina dahulu juga pernah mengalami kerusakan cukup parah.

Namun dengan adanya kesadaran dari berbagai pihak, saat ini sudah mulai dilakukan pembangunan ekowisata berbasis masyarakat, yaitu dengan membangun program mangrove park.

Selain sebagai tempat berkembangnya ekosistem mangrove, ternyata tempat ini juga mampu menghadirkan keindahan senja Kota Manado.

Mangrove Park Bahowo merupakan salah satu destinasi yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melihat matahari terbenam.

Sedikit berbeda dengan tempat lainnya, menikmati sunset di Mangrove Park Bahowo kita dapat menikmati nuansa mangrove dengan perairannya yang tenang saat sore hari.

Selain itu, dengan adanya dermaga kayu juga turut menambah eksotisnya tempat ini untuk diabadikan gambarnya.

6. Raewaya Hills

Senja Kota Manado
Raewaya Hills via deskgram.net

Raewaya Hills saat ini merupakan tempat wisata yang bisa dikatakan sangat menjanjikan.

Tempat ini berada di Kelurahan Airmadidi Atas, Kabupaten Minahasa Utara atau lebih tepatnya berada di kaki Gunung Klabat.

Akses menuju tempat ini pun tergolong mudah, yaitu dapat ditempuh dengan mobil dengan waktu kurang lebih satu jam saja.

Meskipun belum sepenuhnya rampung, namun Raewaya Hills sudah mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Salah satu keunikan yang ditawarkan di Raewaya Hills adalah adanya beberapa wahana yang dapat dijadikan sebagai objek dalam barfoto.

Ditambah lagi, lokasi yang berada di kaki Gunung Klabat tentu saja membuat tempat ini sangat cocok dijadikan tempat untuk melihat matahari terbenam.

Senja Kota Manado di tempat ini cukup indah dengan latar belakang lautan, Kota Manado, perbukitan, dan terlihat juga Pulau Manado Tua dari kejauhan.

Sebenarnya ada satu hal yang cukup mengganggu untuk menikmati senja di Raewaya Hills, yaitu adanya tower dan kabel listrik yang menjulang tinggi.

Keberadaannya tentu sedikit mengganggu karena pemandangan dari Raewaya Hills akan terhalang.

Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini masih ada bukit alami disebelah Raewaya Hills yang menyajikan pemandangan senja tanpa terhalang tower ataupun kabel.

Lokasi ini tepat berada di Raewaya Hills dengan latar belakang pemandangan yang tak kalah menarik.

7. Tetempangan Hills

Senja Kota Manado
Tetempangan Hills via icor2018.org

Tetempangan Hiils saat ini sudah menjadi salah satu wisata favorit.

Lokasinya yang berada pada ketinggian 568 mdpl di Koha, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa membuat tempat ini sangat cocok untuk melihat pemandangan senja Kota Manado.

Sama seperti tempat lainnya, latar belakang yang dapat dilihat dari Tetempangan Hills adalah pemandangan Kota Manado dan Pulau Manado Tua yang terlihat jelas di tengah lautan.

Tetempangan Hills ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti lahan parkir kendaraan dan juga adanya bangunan yang meyerupai gazebo.

Selain itu, salah satu ciri khas tempat ini yaitu sering dijadikannya sebagai tempat untuk paralayang. Sehingga tempat ini juga sering disebut sebagai Manado Skyline.

Tidak salah memang apabila menyebut senja di Kota Manado tak pernah membosankan dan selalu saja dapat menenangkan hati.

Mungkin inilah yang juga melatarbelakangi dibuatnya film Senjakala di Manado. Dari judulnya saja sudah terlihat betapa sang sutradara ingin menonjolkan bagaimana indahnya senja di Kota Manado.


Loading...
Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close