MIUI 9 Memiliki Berbagai Fitur yang Keren, Berikut Kelebihannya

Kelebihan MIUI 9 – MIUI merupakan sebuah perangkat operating system berbasis Android, akan tetapi sudah dimodifikasi antarmukanya dengan tujuan untuk menjadi alternatif untuk telepon pintar maupun komputer tablet. Sejauh ini antarmuka ciptaan  Xiaomi ini sudah mampu menyaingi tampilan  antarmuka iOS milik Apple, TouchWiz punya Samsung dan XIU miliknya Infinix Mobile.

Untuk membuat antarmukanya semakin menarik, berbagai vendor ponsel di dunia terus meningkatkan peforma interfacenya dengan terus melakukan pengembangan yang terus melahirkan generasi terbarunya. Tak terkecuali MIUI, Xiaomi secara resmi mengumumkan peluncuran ROM MIUI 9.

kelebihan MIUI 9

Sumber : via xiaomidevices.com

MIUI 9 ini diluncurkan dengan Android 7.1 Nougat, karena Xiomi selalu berusaha menjadi perusahaan yang pertama kali menggunakan Nougat. Karena saat ini masih jarang vendor ponsel di dunia menggunakan Android Nougat.

Pihak Xiaomi  sudah berusaha membuat MIUI 9 sehalus mungkin. Alasannya MIUI merupakan salah satu kustom ROM yang memakan banyak memori. Akan tetapi jika penggunanya melakukan update ke versi antarmuka terbaru Xiaomi ini, maka akan merasakan perubahan. Salah satunya yaitu peforma smartphone akan meningkat dan terutama terdapatnya fitur-fitur baru.

Alasan mereka melakukan update software dengan cepat, karena para pengguna smartphone merk Xiaomi sangat menunggu berbagai fitur baru. Hal tersebut akan menambah kenyamanan saat menggunakan ponsel Xiaomi.

Selain itu perusahaan asal Tiongkok itu juga gemar melahirkan  ponsel baru dengan harga yang  terjangkau. Bahkan pembaruan sistem antarmuka Xiaomi ini dirilis begitu cepat, karena mereka selalu memberikan hal yang terbaik untuk penggunana dengan  menambahkan berbagai fitur baru.

kelebihan MIUI 9

Sumber : via miui.com

Berikut ini adalah daftar smartphone Xiaomi yang bisa diupdate ke MIUI 9

  1. Mi 6
  2. Mi 5s Plus
  3. Mi 5s
  4. Mi 5c
  5. Mi 5
  6. Mi 4c
  7. Mi 4s
  8. Mi 4
  9. Mi 3
  10. Mi 2/2s
  11. Mi Mix
  12. Mi Max
  13. Mi Max2
  14. Mi Note 2
  15. Mi Note/Pro
  16. Mi Pad
  17. Mi Pad 2
  18. Redmi Note 4x ( Versi Snapdragon )
  19. Redmi Note 4 x ( Versi Mediatek )
  20. Redmi Note 4
  21. Redmi Note 3 ( Versi Snapdragon )
  22. Redmi Note 3 ( Versi Mediatek )
  23. Redmi Note 2
  24. Redmi Note
  25. Redmi Pro
  26. Redmi 4 Prime
  27. Redmi 4
  28. Redmi 4A
  29. Redmi 4 Prime
  30. Redmi 3s/Prime
  31. Redmi 3
  32. Redmi 2A
  33. Redmi 2/Prime
  34. Redmi 1s
  35. Redmi 1

Lalu, apa kelebihan dari MIUI 9?  Untuk itu bagi anda pecinta gadget, pasti penasaran dengan fitur terbaru yang dimiliki MIUI 9 , berikut ini adalah hal-hal yang baru di MIUI 9.

kelebihan MIUI 9

Sumber : via androidcentral.com

Smart App Launcher

Fitur ini akan membantu penggunanya, bagaimana fitur ini memiliki fungsi memberikan saran aplikasi berdasarkan apa yang ada di layar penggunanya. Misalkan anda bertanya mengenai rencana pergi keluar, maka anda akan mendapatkan saran untuk membuka aplikasi peta ataupun transportasi online.

Multi-Windows atau Split-Screen

Fitur ini yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna smartphone Xiaomi. Karena fitur ini sangat unik dikarenakan penggunanya bisa membuka dua aplikasi yang dapat dijalankan dalam satu layar secara bersamaan.

Meskipun fitur tersebut bukan yang pertama kali di MIUI, karena sebelumnya fitur ini sudah hadir di Samsung Galaxy Note. Akan tetapi fitur ini bisa bermanfaat bagi pengguna yang suka melakukan aktivitas multi tasking.

Smart Gesture

Fitur ini nantinya akan memberikan akses gerakan yang khusus, sehingga penggunanya akan mudah dalam mengakses fitur, fungsi dan aplikasi dengan mudah.

Khusus untuk Mi Note 2, fitur ini akan membuat layar lengkung ponsel tersebut berfungsi sebagai Quick Shortcut yang berfungsi untuk mengakses aplikasi, kontak, berita, ataupun melihat notifikasi yang masuk seperti yang sudah ada pada Samsung Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 Edge.

System Optimization

Peluncuran MIUI ini dilakukan untuk meningkatkan peforma smartphone Xiaomi. Bahkan kini peluncuran aplikasi kini telah ditingkatkan dengan menambahkan Dynamic Resource Allocation.

Fitur tersebut bisa mengenali apllikasi apa saja yang sering dibuka oleh penggunanya. Maka dengan cara tersebut, kinerja smartphone akan berjalan lebih cepat karena aplikasi yang sering digunakan dapat alokasi CPU lebih tinggi.

Emotion yang Baru

Dengan hadirnya MIU 9 ini, berbagai macam fitur baru dimunculkan demi kenyamanan penggunanya. Perusahaan asal negeri tirai bambu ini, tidak lupa menghadirkan berbagai macam emoticon baru yang lebih menarik. Diperkirakan akan hadir 70 emoji baru terdapat setelah melakukan update ke MIUI 9.

Screen Zoom

Dengan fitur ini pengguna smartphone Xiaomi dapat mengubah ukuran layar, dengan memperbersar atau mengecilkan tulisan, semua icon, tulisan dan elemen lainnya.

Smart Assistant

Fitur yang hadir dari MIUI 9 ini akan membuat penggunanya menjadi lebih mudah dalam mencari hampir segala sesuatu yang terdapat pada perangkatnya. Misalnya ketika anda mencari pesan pada dan gambar pada hari tertentu yang disimpan pada perangkat anda.

Pastinya dengan adanya fitur ini, akan mempermudah penggunanya tanpa harus mencari data tersebut secara manual. Untuk mempermudah pencarian dengan fitur ini akan diperlukan lokasi, tanggal, dan ekspresi ketika mencari sebuah foto.

Efisiensi Konsumsi daya yang meningkat

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone buatan Xiaomi, karena selama ini generasi dari MIUI selalu membuat baterai menjadi boros.

Akan tetapi pada MIUI 9 yang berbasiskan Android Nougat ini, bakal lebih menghemat baterai bagi perangkat yang menggunakan sistem antarmuka ini. Karena ketika layar sedang  istirahat, semua proses yang berjalan di background akan dihentikan sementara waktu.

kelebihan MIUI 9

Sumber : via miui.com

Setelah melihat beberapa kelebihan MIUI 9 berbasis Android Nougat, sangat banyak peningkatan serta adanya beberapa fitur terbaru yang pastinya dapat membuat pengguna smartphone Xiaomi semakin suka dengan ponselnya. Tidak hanya itu, fitur tersebut juga membantu penggunanya dalam mengoperasikan ponsel pintarnya.

Related Posts

About The Author

3 Comments

    • Taufiq Qurahman
      Taufiq Qurahman

Add Comment