Dunia Internet

6 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

Penghujung bulan ramadhan/ramadan identik dengan pulang ke kampung halaman. Mudik seakan sudah menjadi tradisi wajib tiap tahun bagi masyarakat Indonesia. Namun tidak sedikit pula orang yang rela mempertaruhkan nyawanya dijalan dan terjebak kemacetan di jalanan.

6 Hal Yang Harus Anda Hindari Saat Mudik Bersama Anggota Keluarga

Demi keselamatan bersama untuk bertemu sanak saudara dan handai tulan sebaiknya Anda perhatikan hal-hal dibawah ini.

1. Hindari Membawa Keluarga Dengan Sepeda Motor

Karena sepeda motor dirancang hanya untuk mencakup dua orang. Belum lagi beban barang bawaan yang pasti dibawa akan menyulitkan ruang gerak sang pengemudi dan secara otomatis meningkatkan resiko kecelakaan. Tips, gunakan gerobak dorkas untuk mengangkut keluarga serta barang bawaan anda. Gerobak dorkas (motor roda tiga) efisien dalam hal biaya dan juga keselamatan lalu lintas. Anda dapat memasang tenda diatas dorkas untuk menghindari terik matahari.

2. Hindari Berkendara Ditengah Malam

Karena tubuh sudah tidak dalam kondisi prima, secara otomatis akan melemahkan kerja otak anda. Ditambah lagi energi yang terkuras usai tarawih mempercepat turunnya konsentrasi otak terhadap sistem saraf.

3. Hindari Makanan Berlemak Tinggi Saat Mudik

Karena lemak dapat memicu tersumbatnya pembuluh darah di otak. Akibatnya anda akan cepat merasa pusing dan mudah tersulut emosi. Hal ini akan mengganggu pengendara lain serta kenyamanan keluarga anda sendiri. Banyak mengkonsumsi serat akan memperlancar aliran darah sehingga akan menekan laju emosi anda.

4. Jangan Menggunakan Perhiasan Berlebihan

Sebaiknya anda tidak mengenakan aksesori mahal apapun karena bisa memancing tindak kejahatan. Tradisi mudik biasanya akan dimanfaatkan oleh para pecundang untuk melakukan kejahatan.

5. Hindari Menaruh Uang Pada Satu Tempat

Saat anda mudik menggunakan angkutan umum baik darat maupun laut. Untuk para pengguna ponsel, pastikan anda tidak menaruh ponsel pada saku celana anda karena memudahkan pelaku pencopetan melakukan aksinya saat sedang berdesakan.

6. Pastikan Anda Selalu Singgah Di Area Atau Tempat Umum Untuk Sekedar Beristirahat Sejenak

Jalanan yang macet akan menaikkan tensi anda dengan cepat sehingga konsentrasi menurun. Usahakan untuk memperhatikan kondisi keluarga anda. Selalu ingat bahwa pulang ke kampung halaman berarti merayakan kebahagiaan bersama keluarga, bukan malah yang sebaliknya.



Loading...

Baca selengkapnya

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button