Peluang Kerja di Kampus

On-Campus Jobs: 10 Peluang Kerja di Kampus untuk Mahasiswa

On-campus jobs atau peluang kerja di kampus adalah pilihan ideal bagi mahasiswa yang butuh uang tambahan untuk biaya kuliah, atau pun yang mencari pengalaman kerja untuk kemajuan karier setelah lulus kuliah.

Dengan bekerja di kampus, mahasiswa akan lebih mudah seimbangkan jadwal kuliah, kerja, dan kegiatan mahasiswa. Bekerja di kampus juga bisa jadi sarana untuk membuat koneksi dengan staf dan orang-orang penting dari perguruan tinggi.

Baca jugaJenis Barang Yang Recommended Untuk Dijual Pada Dana Usaha Kampus

10 Pilihan Pekerjaan yang Tersedia di Kampus untuk Mahasiswa

Peluang kerja di kampus ini termasuk kategori part time (kerja paruh waktu), karena pekerjaan utama mahasiswa sudah pasti adalah kuliah.

1. Asisten Dosen

Perguruan tinggi biasanya merekrut mahasiswa sarjana atau pascasarjana untuk menjadi asisten dosen di bidang jurnalisme, matematika, fisika, atau biologi. Syaratnya: pintar, kinerja sangat baik di kelas, dan dinilai baik oleh profesor.

Tugas asisten dosen berkisar antara jadi pengawas ujian, menilai makalah, ada pula yang diminta untuk menyelenggarakan seminar atau diskusi untuk siswa yang terdaftar dalam kuliah yang lebih besar.

Sayangnya, tidak semua perguruan tinggi mempekerjakan asisten dosen. Silahkan tanya ke profesor atau dosen tentang peluang melamar kerja sebagai asisten dosen.

2. Asisten Peneliti

Banyak departemen merekrut mahasiswa untuk jadi asisten peneliti. Ada yang dibayar per jam, ada pula yang diberi gaji bulanan. Penelitian tidak selalu di bidang ilmu sains, bisa juga di bidang bahasa, sejarah, sosiologi, atau psikologi.

Loading...

Keuntungan lain dari menjadi asisten peneliti adalah mahasiswa bisa mendapat keterampilan penelitian untuk memperkuat resume yang akan dibutuhkan untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

Intinya, bekerja sebagai asisten peneliti sejak masih kuliah adalah cara yang menguntungkan untuk memulai karier sebagai peneliti di masa depan.

3. Asisten Residen

Kampus kalian punya asrama? Berarti ada peluang kerja di kampus sebagai asisten residen di sana. Asisten residen adalah mahasiswa yang bekerja mengawasi keselamatan penghuni, serta mengatur pertemuan dan pembagian tugas di asrama.

Asisten residen bisa disebut sebagai asisten pengelola asrama. Keuntungan yang didapat dari pekerjaan ini adalah dapat bayaran atau gratis tinggal di asrama kampus. Pekerjaan sebagai asisten residen tidak terlalu menuntut.

Ajukan lamaran kerja ke residen atau pengelola asrama kalau ingin menjadi asisten residen. Ingat, kalian harus ramah dan mudah diajak berbicara supaya penghuni asrama (apalagi mahasiswa baru) tidak segan meminta bantuan kalian.

4. Tutor Sebaya

Mengajari teman atau junior kalian dalam mata kuliah tertentu untuk hasilkan uang. Itulah pekerjaan tutor sebaya. Modal untuk pekerjaan ini adalah pintar, menguasai mata kuliah tertentu, dan sabar mengajar.

Universitas yang memiliki pusat sumber daya pendidikan biasanya menyediakan lowongan kerja untuk posisi tutor les formal. Kalian bisa melamar kerja ke sana. Tapi kalau tidak, kalian bisa mengiklankan layanan kalian sendiri.

Beritahu teman dan junior kalian di kampus bahwa kalian menawarkan layanan les mata kuliah tertentu dengan bayaran sejumlah uang. Kalau kalian dikenal pintar dan punya reputasi bagus, pasti ada yang ingin jadi murid  kalian.

5. Petugas Perpustakaan

Bagi saya, jadi petugas perpustakaan kampus adalah pekerjaan menguntungkan. Karena mahasiswa bisa punya banyak waktu untuk membaca, mengerjakan tugas kuliah sambil bekerja di perpustakaan, dan dibayar saat melakukannya.

Pekerjaan petugas perpustakaan antara lain: menjaga perpustakaan selalu kondusif untuk belajar, menjaga ruang perpustakaan tetap tenang tanpa makanan atau minuman, dan membantu pustakawan utama mengelola buku di perpustakaan.

Kalau kalian hobi membaca, dan bisa tahan empat sampai delapan jam dalam kesunyian, maka peluang kerja di kampus sebagai petugas perpustakaan bisa jadi pilihan yang ideal untuk kalian.

6. Pengelola Media Sosial Kampus

Setiap perguruan tinggi pasti punya website atau media sosial aktif yang digunakan untuk sarana informasi, promosi, dan komunikasi dengan mahasiswa. Apa pun tujuannya, harus ada orang yang mengelola website dan media sosial itu.

Pihak perguruan tinggi biasanya merekrut mahasiswa untuk mengelola media sosial. Karena mahasiswa dianggap lebih ahli dan mengikuti tren media sosial terbaru. Mahasiswa juga paham dengan situasi terkini di kampus mereka.

Informasi peluang kerja sebagai pengelola media sosial kampus biasanya bisa ditanyakan ke departemen pemasaran kampus, kantor administrasi, layanan mahasiswa, atau organisasi mahasiswa yang secara resmi dibentuk oleh kampus.

7. Pekerjaan di kantor staf administrasi

Beberapa lowongan kerja di bagian administrasi untuk mahasiswa misalnya asisten administrasi, bagian pendaftaran, layanan siswa, layanan karir, sumber daya manusia, atau pusat teknologi informasi.

Tugas mahasiswa adalah menjadi asisten dari staf utama, dan melakukan pekerjaan ringan seperti melakukan panggilan telepon, menjawab surat atau email yang masuk, dan merapikan file-file.

Kampus biasanya mulai membuka lowongan kerja untuk staf administrasi di setiap awal semester. Jadi mahasiswa harus rajin periksa lebih awal kalau tidak mau melewatkan peluang kerja di kantor staf kampus.

8. Asisten Produksi Mahasiswa atau Penyedia Acara

Di setiap kampus pasti ada acara seperti seminar, reuni, wisuda, pertunjukan seni, ulang tahun kampus, atau acara lainnya. Semua acara ini butuh jasa teknis seperti pembawa acara, persiapan panggung, pencahayaan, hingga katering.

Kalian mungkin tidak bisa mendapat penghasilan rutin tiap bulan dari jenis pekerjaan seperti ini, tapi upah yang didapat dari tiap proyek event pasti bisa digunakan untuk membeli buku dan biaya makan anak kosan.

Intinya adalah peluang kerja di kampus ini adalah pekerjaan serabutan: dapat penghasilan kalau ada job. Kadang, kalian juga bisa dapat makan gratis dan melihat acara secara gratis. Aktiflah bertanya ke pihak kampus soal peluang kerja seperti ini.

9. Campus Tour Guide

Perguruan tinggi yang besar dan terkenal biasanya mempekerjakan mahasiswa untuk menjadi campus tour guide. Tugasnya adalah memandu siswa potensial dan pihak lain yang ingin mengenal lebih jauh tentang kampus.

Syarat utama menjadi campus tour guide adalah tahu betul seluk beluk kampus, dan senang membahas apa yang hebat tentang perkuliahan di kampus kalian. Ini adalah pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa ekstrovert dan energik.

10. Duta Mahasiswa

Banyak perusahaan besar seperti Google dan Red Bull merekrut mahasiswa untuk bekerja sebagai ‘duta mahasiswa.’ Tugas duta mahasiswa adalah melakukan promosi, menyebarkan berita tentang produk atau layanan perusahaan di kampus.

Selain mendapat gaji, duta mahasiswa juga bisa dapat diskon atau produk gratis dari perusahaan. Ini adalah peluang kerja di kampus sekaligus pekerjaan menyenangkan untuk mahasiswa yang suka berinteraksi dengan orang-orang.

Jenis lowongan kerja seperti ini biasanya diposting di website joblist seperti Craigslist. Tapi mahasiswa juga bisa bertanya pada kantor layanan karir kampus, karena mungkin kampus sudah bekerja sama dengan perusahaan.

Tidak semua kampus membuka lowongan kerja yang sama. Karena tiap kampus memiliki aturan berbeda. Jadi, apabila ada peluang kerja di kampus yang sesuai dengan keahlian atau bidang studi kalian, segera ambil dan jangan sia-siakan.

Karena dengan aktif bekerja di kampus, mahasiswa bisa dapat tiga: belajar, pengalaman kerja, dan uang. Asyik nggak tuh?


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *