in

Pemain Keturunan Gabung, Ini Starting XI Gahar Timnas Indonesia

Starting XI Timnas Indonesia

Pecinta sepak bola Indonesia saat ini sedang menantikan kehadiran beberapa pemain keturunan yang akan dinaturalisasi oleh PSSI. Kehadiran nama-nama tersebut diprediksi akan membuat starting XI tim nasional Indonesia semakin menakutkan. Pemain-pemain tersebut akan dipadukan dengan talenta lokal yang juga tak kalah menjanjikannya.

Sejauh ini ada empat pemain keturunan Indonesia yang sedang dikebut proses naturalisasinya oleh PSSI. Mereka adalah Mees Hilgers, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Ragnar Oratmangoen. Empat nama tersebut terbagi ke dalam tiga posisi yang berbeda, yaitu Hilgers dan Amat (Bek), Sandy Walsh (Tengah/Sayap), dan Oratmangoen (Penyerang). Bisa dikatakan, langkah naturalisasi ini cukup layak untuk dinanti.

Pasalnya, pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae Yong nampak benar-benar mencari pemain sesuai dengan kebutuhan timnya. Seperti diketahui, skuat Garuda kekurangan stok penyerang tajam. Oratmangoen yang berkiprah di Eropa bisa menjadi solusi.

Jordi Amat dan Mees Hilgers juga bisa diharapkan menjadi palang pintu tangguh di lini belakang. Sementara itu, Sandy Walsh bisa menjadi kreator di lini tengah.

Dipadukan dengan Pemain Lokal Potensial

Shin Tae Yong sejauh ini menunjukkan bahwa ia begitu percaya dengan pemain-pemain muda untuk mengisi skuat timnas Indonesia. Kepercayaan tersebut ternyata mampu dibayar tuntas oleh para pemain tersebut di ajang AFF 2020 kemarin. Kendati masih minim pengalaman di pentas internasional, Pratama Arhan dkk mampu menjadi runner-up kompetisi empat tahunan tersebut.

Empat nama pemain keturunan yang akan diboyong PSSI bisa menjadi panutan di timnas Indonesia. Mereka punya pengalaman bermain di level tertinggi dan visi bermain yang baik. Artinya, jika dipadukan dengan spirit para pemain muda timnas, ini akan menjadi paduan yang sangat menjanjikan.

Timnas Indonesia dipastikan akan masuk ke dalam pot 3 dalam undian kualifikasi Piala Asia 2023. Mereka sukses menembus posisi 160 besar FIFA usai dua kali mengandaskan Timor Leste di FIFA Matchday beberapa pekan lalu. Dengan demikian, diharapkan skuat Garuda akan mendapatkan lawan yang tidak terlalu berat di babak kualifikasi mendatang.

Prediksi Starting XI Timnas Indonesia

Formasi: 4-3-3

Kiper: Nadeo Arga Winata

Bek: Pratama Arhan, Mees Hilgers, Jordi Amat, Asnawi Mangkualam

Tengah: Ricky Kambuaya, Sandy Walsh, Rachmat Irianto

Depan: Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, Egy Maulana Vikri

Pemilihan Nadeo di bawah mistar gawang tim nasional Indonesia tentu sangat beralasan. Ia tampil gemilang di gelaran AFF 2020 lalu. Bahkan, tanpa dirinya, mungkin anak asuh STY tidak bakal mencapai babak final.

Dua bek tengah yang dipakai STY pada AFF 2020 kemungkinan akan tergeser oleh kehadiran Hilgers dan Amat. Sebab, performa Fakhrudin dan Dewangga dinilai masih terlalu rapuh. Ini dibuktikan dengan jumlah kebobolan timnas Indonesia yang tergolong cukup banyak di ajang tersebut.

Posisi Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto di lini tengah timnas Indonesia sepertinya masih belum akan tergeser. Kedua pemain itu tampil luar biasa di bawah STY dan menjadi andalan bagi pelatih asal Korea Selatan itu. Satu posisi lain di lini tengah mungkin akan diisi oleh Sandy Walsh. Kendati ia punya posisi asli sebagai bek sayap, ia juga bisa bermain sama baiknya sebagai kreator di lini tengah.

Di lini depan, STY kemungkinan besar akan kembali menaruh kepercayaan kepada Witan Sulaeman. Ia akan menjadi bagian dari trio lini serang bersama Egy Maulana Vikri dan Ragnar Oratmangoen. Kombinasi Witan dan Egy sudah tidak diragukan lagi. Keduanya merupakan langganan tim nasional dan kini bermain di klub yang sama, FK Senica.

Kehadiran Ragnar Oratmangoen diharapkan bisa menjadi solusi dari krisis penyerang tengah timnas Indonesia. STY sebenarnya masih memiliki Ezra Wallian yang juga merupakan pemain keturunan. Namun, penyerang Persib Bandung itu tampil di bawah ekspektasi di pentas AFF 2020 kemarin.

Selain nama-nama di starting eleven, bangku cadangan timnas Indonesia juga akan diisi oleh nama-nama top. Evan Dimas misalnya, dia bisa menjadi alternatif bagi STY jika Sandy Walsh kesulitan untuk mengeluarkan kreativitasnya. Kemudian, di sektor winger, masih ada nama Irfan Jaya yang menjadi top skor timnas Indonesia di AFF 2020 kemarin.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0