in

Pengertian Human Capital dan Jenis-jenisnya

Pengertian Human Capital
Sumber: worldatwork.org

Apa itu human capital? Human capital merupakan jenis modal berupa pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi yang ada di dalam diri setiap orang. Bisa dikatakan, human capital adalah bagian dari sumber daya manusia (SDM).

Kualitas human capital yang dimiliki oleh perusahaan akan mempengaruhi perkembangan perusahaan tersebut. Human capital yang meliputi pengetahuan, keterampilan, atau kecerdasan akan digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan kinerjanya.

Perusahaan selalu memastikan agar kualitas SDM para karyawannya selalu berada level terbaik. Untuk meningkatkan kualitas human capital atau SDM, perusahaan atau organisasi biasanya melakukan training secara intensif kepada para karyawannya.

Selain melalui training atau pendidikan, perusahaan juga memberikan semacam penghargaan kepada karyawan. Penghargaan yang dimaksud seperti memberikan bonus, tunjangan, kenaikan gaji, atau fasilitas lainnya yang menguntungkan karyawan.

Manfaat dari pemberian penghargaan tersebut adalah untuk menambahkan kesetiaan karyawan pada perusahaan serta meningkatkan kinerja human capital.

Pengertian Human Capital
Sumber: ips.lk

Jenis-jenis Human Capital

Sebenarnya, konsep human capital adalah memposisikan unsur-unsur SDM sebagai sebuah aset modal untuk meningkatkan produktivitas sebuah perusahaan.  Unsur-unsur SDM meliputi keahlian, keterampilan, dan pengetahuan.

Human capital jelas sangat menguntungkan jika dilihat dari segi manapun, khususnya segi ekonomi. Dengan aset modal berupa keahlian manusia, sebuah perusahaan dapat mencapai tujuan-tujuan ekonominya.

Ada beberapa jenis human capital dalam diri setiap manusia untuk dikembangkan dan ditingkatkan.

1. General Management Human Capital

General management human capital merupakan jenis human capital yang diterapkan pada SDM jajaran manajemen di tingkat atas.

Adapun sumber daya manusia yang dikembangkan untuk manajemen kelas atas yaitu kemampuan fungsional, keahlian dalam mengambil keputusan tepat, kemampuan manajerial, maupun kehalian kepemimpinan.

2. Strategic Human Capital

Strategic human capital merupakan salah satu jenis modal manusia yang meliputi kemampuan penyelesaian yang baik dan tepat.

Kemampuan atau keahlian ini didapatkan dari kasus yang pernah dihadapi. Jadi, lebih tepatnya kemampuan yang didapat dari pengalaman.

3. Relationship Human Capital

Human capital jenis ini ialah keterampilan dalam berkomunikasi dan menjalin relasi dengan orang yang ada di lingkup dalam maupun orang lingkup luar.

Memiliki kemampuan komunikasi akan lebih mudah dalam mencapai target pekerjaan. Jadi, sangat penting apabila perusahaan melakukan peningkatan kualitas relationship human capital. Bagaimanapun, kemampuan komunikasi yang baik harus dikuasai oleh setiap karyawan dari sebuah perusahaan.

4. Company Specific Human Capital

Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan wajib mengetahui segala peraturan dan kebijakan yang diterapkan. Jika tidak mengetahuinya, maka kinerjanya tidak bisa maksimal dan justru merugikan perusahaan itu sendiri.

Karyawan harus mampu beradaptasi dengan berbagai peraturan dan kebijakan yang berlaku. Kemampuan itulah yang dinamakan company specific human capital.

Perusahaan bisa berkembang tidak hanya ditentukan oleh modal yang berupa harta atau barang, tetapi juga kualitas SDM yang dimilikinya.  Demikian informasi mengenai human capital beserta dengan jenis-jenisnya. Semoga Anda bisa terbantu dengan mengetahui apa itu human capital.

Author Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

Tulis Komentar
  1. Saya ingin membaca artikel tentang human capital, tapi saya coba klik BACA SELENGKAPNYA berkali-kali nggak bisa kebuka. Apakah ada eror di website ini atau smartphone saya yang eror ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0