in

Penting, Ini Manfaat Bermain di Tempat Terbuka untuk Anak-anak

apa manfaat bermain
SOFTPLAYINTERNATIONAL

Anak merupakan anugerah luar biasa yang diberikan oleh Allah Azza wa Jalla kepada para hamba-Nya, dan pemberian itu pun tidak diberikan kepada setiap orang, melainkan kepada orang-orang terpilih saja. Oleh karenanya, ketika kita diamanahi anak keturunan, sudah sepatutnya kita untuk menjaganya.

Menjaga anak itu luas cakupannya, di antaranya adalah merawat anak, mencukupi kebutuhan anak, memberikan pendidikan terbaik kepada anak, hingga bermain dengan anak. Untuk bermain dengan anak ini, kebanyakan orang tua tidak melakukannya. Padahal, bermain dengan anak adalah salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh mereka.

Mengapa Perlu Bermain dengan Anak?

Ada beberapa alasan mengapa para orang tua perlu menemani anak ketika bermain, di antaranya adalah mempererat ikatan emosional dengan anak, mampu mengurangi stres pada orang tua dan anak, dan mengawasi tumbuh kembang anak.

Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya bermain bersama dengan anak akan mampu mempererat ikatan emosional. Dan umumnya, anak-anak memang akan selalu mengajak orang tuanya untuk bermain bersama karena mereka memang membutuhkan kehadiran orang tuanya.

Adapun untuk mengurangi stres pada orang tua dan juga anak itu sudah pasti akan didapatkan, karena dengan melihat pola tingkah sang anak, para orang tua akan terhibur, dan suasana riang yang dipenuhi canda tawa pun juga akan tercipta.

Untuk alasan yang terakhir, yaitu mengawasi tumbuh kembang anak, hal yang demikian itu juga merupakan sesuatu yang pasti. Dengan bermain bersama, para orang tua akan lebih mudah mengetahui perkembangan sang anak. Dan yang harus diingat adalah masa tumbuh kembang anak itu cepat sekali, oleh karenanya para orang tua harus siap menyediakan waktu untuk bermain dengan anaknya.

Sempatkan Bermain di Tempat Terbuka

Bermain dengan anak bisa dilakukan di dua tempat, yakni di dalam ruangan dan juga di luar ruangan. Bermain di dalam ruangan bisa dilakukan di beberapa tempat, di antaranya adalah di dalam rumah ataupun di dalam kamar. Namun, sesekali ajaklah anak untuk bermain di luar ruangan.

Bermain di luar ruangan tidak harus pergi ke tempat wisata tertentu, karena kamu bisa mengajak anak untuk bemain di depan dan belakang rumah, atau di sekitaran taman komplek. Dengan mengajak anak bermain di luar rumah, akan ada banyak manfaat yang didapatkan oleh anak, di antaranya adalah:

1. Kepercayaan Diri Anak Meningkat

Anak yang sering diajak bermain di luar ruangan oleh orang tuanya cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak pernah atau jarang diajak bermain di luar ruangan. Oleh karenanya, para orang tua harus sadar akan hal yang demikian itu.

Dengan bermain di luar ruangan, anak kemungkinan besar akan bertemu dengan teman sebayanya yang kemudian bisa diajak bermain bersama. Tidak hanya teman sebaya, terkadang sang anak akan berinteraksi dengan orang yang lebih dewasa sehingga keberanian dan kepercayaan dirinya akan meningkat.

2. Perkembangan Otak Akan Maksimal

Selain mampu meningkatkan kepercayaan diri anak, bermain di luar ruangan juga mampu memaksimalkan perkembangan otak anak. Ketika berada di ruangan terbuka, anak-anak akan banyak menggerakkan tubuhnya sehingga belahan otak kiri dan kanan akan saling berkomunikasi.

Kemudian, gerakan yang dihasilkan oleh anak-anak tersebut akan menyempurnakan bagian otak yang berkaitan dengan pola pikir kompleks. Jadi, jangan sepelekan ajakan anak ketika mereka ingin bermain di ruangan terbuka.

3. Kemampuan Motorik dan Sensorik Akan Meningkat

Ketika bermain di ruangan terbuka, anak-anak biasanya akan memainkan sesuatu yang ada di tempat tersebut, seperti pasir, kerikil, ayunan, bahkan ranting pohon. Selain itu, mereka juga akan lebih banyak bergerak dengan berlari, melompat, dan tak sedikit pula yang memanjat.

Semua aktivitas yang dilakukan oleh anak itu bukanlah aktivitas yang sia-sia, karena aktivitas mereka akan mampu meningkatkan kemampuan motorik dan juga sensoriknya. Selain meningkatkan motorik dan sensorik, aktivitas mereka dengan bermain di ruangan terbuka juga mampu menjaga berat badannya lantaran selalu bergerak aktif.

Jangan Lupa Atur Waktu Bermain Anak

Ketika orang tua sudah sadar akan pentingnya bermain dengan anak, serta sudah membawa anak-anaknya untuk bermain di ruangan terbuka, maka langkah selanjutnya adalah mengatur jadwal bermain anak. Dengan membuat pengaturan jadwal, maka para orang tua akan lebih mudah dalam mengarahkan sang anak.

Ketika jadwal sudah jadi, dan anak sudah terbiasa bermain di ruangan terbuka, jangan lupa pula untuk memasukkan beberapa ilmu pengetahuan kepada mereka sehingga permainan anak menjadi permainan yang bermanfaat dan berkualitas. Dengan membuat permainan yang bermanfaat dan berkualitas, pertanyaan apa manfaat bermain pun tidak akan muncul lagi.

Apa manfaat bermain merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan beberapa orang tua lantaran mereka menganggap permainan anak-anaknya tidak berguna, sehingga terkadang sebagian orang tua beranggapan lebih baik anaknya belajar dengan giat ketimbang harus bermain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0
Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Layanan Asuransi Kesehatan AXA Mandiri yang Wajib Dipaham

pinjaman

Butuh Pinjaman Online? Finpedia Aja, Proses Mudah dan Cepat