Perbedaan Domain Dan Hosting Serta Pejelasannya

Perbedaan domain dan hosting. Mengulang pelajaran dari awal, barangkali ada yang belum mengetahui tentang perbedaan domain dan hosting. Atau untuk teman kita yang masih awam tentang hal ini, bagaimana persiapan membuat blog serta fasilitas apa yang di butuhkan untuk dapat mengakses sebuah blog. Bagi yang masih asing tentang pengertian domain dan hosting, saya akan menjelaskan sedikit tentang peran keduanya, serta perbedaan yang mendasar.

Perbedaan domain dan hosting adalah terletak pada nama dan penyedia, kalau di jelaskan secara sederhana adalah seperti ini
Domain :  Nama atau alamat website Contoh www.namaku.com atau www.namaku.net
Hosting :  Tempat untuk menyimpan segala file atau pun gambar yang nantinya akan di akses atau di tampilkan menjadi sebuah blog/website, seperti yang anda lihat sekarang ini.

Jadi peran domain adalah sebagai alamat untuk mengakses file dari hosting, file file yang sudah kita simpan sebelumnya, atau dengan kata lain file yang sudah kita posting menjadi artikel. Dengan domain tersebut, orang lain dapat menemukan, karena domain berfungsi sebagai alamat untuk menuju hosting (file tersimpan tadi), jadi antara domain dan hosting tidak dapat di pisahkan,t anpa domain hosting tidak akan bisa di akses, begitu pula tanpa hosting domain tidak akan berjalan.

Domain bisa di kelompokkan seperti di bawah ini

Top Level Domain (TLD)
TLD adalah sebuah ekstensi (akhiran) pada suatu nama domain, TLD sendiri terbagi menjadi 2 kelompok,yaitu :

ccTLD = Country Code Top Level Domain  artinya sebuah level tertinggi yang di dasarkan pada kode negara, Contohnya .id (indonesia) .us (united states/amerika) .tw (Taiwan) .uk (united kingdom) .it (italia) dan seterusnya.
gTLD =  Generic Top Level Domain yaitu sebuah level domain tertinggi yqang di gunakan secara umum, Contohnya .com .net .biz .org .tv dan sebagainya

Second Level Domain
Second level domain adalah nama domain yang anda daftarkan,Contohnya www.bloganda.com,nama blog anda adalah second domainnya.

Third Level Domain
Adalah nama sebelum second domain, Contohnya www.demo.bloganda.com ,Nama demo merupakan third level domain nya.

Domain indonesia
Indonesia juga memiliki Country Code Top Level Domain (ccTLD) di bawah naungan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) seperti co.id web.id net.id go.id or.id sch.id,dalam nama domain tersebut memiliki fungsi dan karekter yang berbeda beda, biasanya lebih spesifik kepada kelembagaan, tetapi akhir akhir ini sudah bisa di beli oleh perseorangan dengan syarat tertentu, PANDI Sendiri sudah memberikan kuasa kepada mitra mitra nya untuk pendaftaran DOMAIN ID, seperti rumah web ,indo reg, rad net kecuali untuk pemesanan  go.id, mil.id, dan net.id harus melalui PANDI.

Perbedaan Domain Dan Hosting

Pengertian Hosting
Hosting adalah tempat atau ruang yang di gunakan untuk menyimpan file dari suatu website/blog, seperti file HTML, teks file, video ataupun gambar. Untuk memproses file yang ada di hosting agar bisa di tampilkan melalui alamat domain di butuhkan name server, contoh name sever adalah dns1.idwebhost.biz,dns2.idwebhost.biz,dns3.idwebhost.org, dns4.idwebhost.com yang nantinya akan tampil sebuah web/blog di halaman browser.seperti google chrome,mozilla, opera atupun internet explorer.

Baca juga : Seting custom domain di Idwebhost

Untuk jenis jenis hosting saat ini tersedia web hosting dan cloud hosting untuk layanan tercepat, anda bisa memilih paket hosting sesuai dengan keperluan. Untuk posting mengenai hal ini insya Allah akan di bahas nanti secara mendalam dan lebih detail lagi.

Untuk nama domain dan hosting gratis anda bisa memanfaatkan layanan dari blogspot sebagai mitra google,nantinya nama web/blog anda adalah www.namabloganda.blogspot.com, Layanan gratis blogspot ini banyak di gunakan oleh blogger indonesia dalam membuat blog personal maupun blog umum. Karena gratis dan unlimited. Hosting dan domain gratis lainya bisa menggunakan wordpress.

Untuk bisa mendapatkan serta memesan nama domain dan hosting kita bisa memanfaatkan jasa penyedia domain dan hosting, Saat ini di indonesia sudah banyak yang menyediakan fasilitas ini dengan harga murah dan bersaing. Untuk kualitas juga tidak kalah dengan penyedia hosting dari luar negri.

Beberapa contoh penggunaan nama domain

Domain            Kegunaan
.biz         Digunakan untuk keperluan bisnis
.com       Digunakan untuk keperluan komensial
.edu        Digunakan untuk keperluan pendidikan
.info       Digunakan untuk keperluan informasi
.name     Digunakan untuk keperluan web pribadi
.net         Digunakan untuk keperluan internet
.org         Digunakan untuk keperluan organisasi
.pro         Digunakan untuk keperluan profesional
.aero       Digunakan untuk perusahaan penerbangan
.asia        Digunakan untuk domain di asia
.cat         Digunakan untuk kategori
.coop      Digunakan untuk perusahaan cooperation
.edu        Digunakan untuk pendidikan
.gov        Digunakan untuk pemerintahan
.int          Digunakan untuk internasioal
.jobs        Digunakan untuk pekerjaan
.mil         Digunakan untuk militer
.mobi      Digunakan untuk keperluan mobile communication
.tel          Digunakan untuk telekomunikasi
.museum  Digunakan untuk website musium
.travel  Digunakan untuk perjalanan
.xxx     Digunakan untuk Hiburan Dewasa 

Demikian pengertian domain dan hosting serta perbedaanya, jika anda berniat membangun sebuah blog,tentukan nama domain yang bagus buat bog anda, anda bisa mencari nama domain yang pas, cek ketersediaan nama domain di penyedia jasa domain.

Baca juga : Cara memilih nama domain yang bagus buat blog 

Karena nama domain juga bisa menjadi penentu masa depan blog anda, nama domain juga menjadi ciri khas atau branding dari merek yang sedang anda promosikan melalui blog. Selamat menentukan dan memilih domain berikut hosting untuk blog anda.
Sumber : Pandi,Wiki dan Google.

Related Posts

About The Author

4 Comments

Add Comment