in

Perjalanan Karir Seorang Penulis Artikel, Lebih Banyak Dukanya?

Perjalanan Karir Seorang Penulis Artikel, Lebih Banyak Dukanya
PIXABAY

Pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini telah menghadirkan beberapa pekerjaan baru, salah satunya adalah pekerjaan sebagai penulis artikel.

Tidak sedikit yang memilih pekerjaan tersebut, salah satunya adalah saya sendiri. Di luaran sana, beberapa orang juga masih penasaran, apakah penulis artikel itu menghasilkan atau tidak.

Penulis Artikel Itu Menghasilkan, Tapi dengan Syarat

Beberapa orang berpendapat bahwa bekerja sebagai penulis artikel itu tidak akan menghasilkan. Alasannya, gaji penulis artikel masih tergolong rendah sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pernyataan tersebut tidak salah, karena umumnya penulis artikel berstatus freelance (pekerja lepas) sehingga penghasilannya tidak menentu. Namun harus diketahui, saat ini perusahaan yang bergerak di media juga cukup banyak sehingga penghasilan penulis artikel juga bisa besar.

Umumnya, perusahaan media tersebut akan merekrut karyawan di bagian content writer. Ketika sudah masuk ke divisi tersebut, tentu penghasilan penulis artikel juga cukup besar.

Jadi menghasilkan atau tidaknya seseorang yang bekerja sebagai penulis artikel itu tergantung di mana ia bekerja, apakah bekerja freelance atau di perusahaan media.

Menulis Artikel Itu Tidak Mudah

Sebelum memutuskan menjadi penulis artikel, tentu kamu harus berlatih dahulu agar tulisan yang dibuat enak dibaca atau mengalir sehingga orang lain yang membaca hasil tulisan tidak akan bosan.

Agar artikel yang kamu buat itu enak dibaca, langkah yang harus dilakukan adalah rajin membaca artikel yang ada di situs dalam negeri maupun luar negeri.

Semakin banyak membaca, kamu akan mengerti gaya bahasa, gaya penyampaian, hingga struktur penulisan yang digunakan. Jika sudah rajin membaca, maka langkah selanjutnya adalah praktik menulis artikel.

Menulis artikel bisa melalui beberapa cara, di antaranya dengan menulis di blog buatan sendiri melalui platform Blogger atau WordPress. Kalaupun tidak bisa, kamu bisa menulis di situs milik orang lain.

Menulis di situs milik orang lain lebih disarankan, karena ketika tulisan yang kamu buat itu tidak ditayangkan, berarti tulisan yang kamu buat masih banyak kesalahan. Dengan demikian, kamu akan lebih bersemangat dalam memperbaikinya.

Lain halnya apabila kamu menulis di blog sendiri, tentu tekad memperbaiki tulisan jauh lebih kecil, bahkan kebanyakannya memilih menyerah dan tidak menulis lagi.

Pengalaman Menjadi Penulis Artikel

Pernyataan sebagian orang yang mengatakan bahwa penulis artikel tidak menghasilkan sempat membuat bimbang. Namun pada akhirnya, pekerjaan tersebut tetap saya pilih, bahkan masih bertahan sampai saat ini.

Setelah terjun langsung di dunia kepenulisan, menghasilkan atau tidaknya penulis artikel itu tergantung di mana kita menulis sebagaimana yang sudah disebutkan.

Adapun untuk saya pribadi, menulis artikel telah memberikan beberapa manfaat, di antaranya penghasilan, ilmu, relasi, dan keahlian lain, seperti desain grafis maupun edit video.

Selain manfaat yang sudah disebutkan, manfaat lain yang sampai saat ini terasa adalah saya tidak terlalu gaptek (gagap teknologi). Setidaknya ketika ada update teknologi terbaru, saya bisa mengikuti dan memahaminya.

Mengetahui teknik penulisan artikel SEO juga merupakan manfaat lain yang saya dapatkan dari bekerja sebagai penulis artikel. Seperti yang diketahui bersama, tidak semua orang paham akan teknik penulisan SEO mengingat ketentuannya yang cukup rumit.

Itulah pengalaman saya dari bekerja sebagai penulis artikel yang sejauh ini memberikan hasil positif, Alhamdulillah. Terkait pengalaman menulis artikel ini, tentu setiap penulis memiliki cerita yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui cerita dari penulis artikel lain, kamu bisa mengunjungi situs Keluh Kesah Kerja. Keluh Kesah Kerja tidak hanya menyuguhkan berbagai cerita kerja maupun pengalaman kerja, melainkan juga menghadirkan drama kantor dan juga perjalanan karir.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan tulisan tentang pengalamanmu di dunia kerja di situs Keluh Kesah Kerja. Jadi apabila kamu memiliki cerita menarik, kirimkan saja tulisanmu barangkali dapat menginspirasi orang lain.

Komentar

Tulis Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0