Tekno

ROM MIUI 11 Segera Kedatangan Tiga Fitur Baru, Apa Saja Itu?

Pada perhelatan Mi Developer tahunan di Beijing, pihak Xiaomi mengungkapkan jika mereka akan segera menghadirkan fitur pendeteksi gempa bumi. Fitur baru tersebut akan diintegrasikan dengan MIUI 11. Nantinya, semua ponsel Xiaomi dan Mi TV yang berbasis MIUI 11 akan merasakan fitur baru tersebut.

Uji coba terkait fitur baru pun sudah dilakukan oleh pihak Xiaomi pada bulan September lalu. Provinsi Sichuan menjadi tempat uji coba mengingat provinsi tersebut kerap mengalami gempa bumi. Kabarnya, usai sukses melakukan uji coba di Sichuan, pabrikan ponsel pintar asal China tersebut akan segera meluncurkannya secara global.

Ini Tiga Fitur Baru yang Akan Hadir di ROM MIUI 11

Usai meluncurkan fitur yang memungkinkan untuk mendeteksi gempa bumi, pihak Xiaomi dikabarkan juga akan segera menghadirkan fitur baru di ROM MIUI 11. Seperti yang dikutip dari XDA Developers, Xiaomi akan menghadirkan tiga fitur baru.

Tiga fitur baru yang mereka rencanakan pun akan menyasar aplikasi kamera, yaitu video tagging, document and ID card scanning, dan HEIC support. Saat ini, pihak Xiaomi dikabarkan masih terus mengembangkan ketiga fitur yang sudah disebutkan.

Jika video tagging, document and ID card scanning, dan HEIC support dihadirkan di MIUI 11 oleh Xiaomi, maka sistem antarmuka terbaru yang mereka miliki itu akan benar-benar mumpuni dan memanjakan para penggunanya.

1. Video Tagging

Fitur video tagging atau penandaan video adalah fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengatur bookmark saat merekam video. Ketika video sudah di-bookmark, maka para pengguna bisa langsung melompati video tepat di bagian yang mereka bookmark.

Dengan kehadiran fitur baru ini, maka para pengguna akan benar-benar dimudahkan, khususnya ketika mereka sedang mendengarkan ceramah, wawancara, ataupun video lainnya yang biasanya memerlukan sesuatu yang langsung ke inti bahasan atau poin-poin pentingnya saja.

2. Document and ID Card Scanning

Di awal sudah disebutkan jika ketiga fitur yang sedang digarap Xiaomi adalah fitur yang erat hubungannya dengan kamera. Dilansir dari XDA Developers, fitur document and ID card scanning akan mengambil gambar secara bolak-balik dan dapat disimpan menjadi ukuran 1:1 atau A4 ID Card.

Fitur document and ID card scanning akan menyimpan gambar dengan warna hitam dan putih atau memperkuat warna keduanya agar menghasilkan gambar yang bagus sehingga teks akan lebih mudah terbaca.

3. HEIC Support

Terakhir adalah fitur HEIC support. Dengan kehadiran fitur ini, maka kamera MIUI 11 akan mendapatkan dukungan untuk format file HEIF/HEIC. Format file tersebut adalah format file yang lebih modern dari JPG. Artinya dengan format file ini, gambar tidak akan banyak kehilangan detailnya.

Dengan HEIC support, para pengguna juga bisa menyimpan lebih banyak gambar dalam jumlah ruang yang sama. HEIC support sendiri nantinya akan bisa ditemui di aplikasi kamera dengan mengklik pengaturan kamera. Dan setelah itu, para pengguna bisa mengetuk HEIC Format.

Sudah Update ke MIUI 11?

Ada banyak alasan mengapa para pengguna tidak terlalu antusias untuk update ke MIUI 11, di antaranya adalah tidak mengetahui caranya. Jika Anda belum mengetahui bagaimana caranya update MIUI 11 Xiaomi, maka Anda bisa mengunjungi MIUI Arena.

Dengan mengunjungi miuiarena.com, Anda bisa mencari tahu informasi seputar smartphone Xiaomi yang Anda gunakan. Jika Anda belum update ke MIUI 11, maka Anda juga bisa mencari tutorial bagaimana caranya untuk update ke MIUI 11.

Jika Anda seorang Mi Fans, harusnya Anda sudah melakukan update agar bisa segera merasakan kelebihan MIUI 11. Pada pembahasan sebelumnya juga sudah diulas mengenai beberapa fitur yang hadir di MIUI 11, di antaranya adalah:

  • Tampilan yang minimalis.
  • Ambient Sound.
  • Mi Share.
  • Mode gelap, dan beberapa fitur lainnya.

Khusus untuk dark mode atau mode gelap yang ada di ROM MIUI 11, para pengguna sudah bisa mengaktifkannya melalui quick action. Artinya, para pengguna tidak perlu mengaktifkan dark mode melalui pengaturan seperti yang ada pada MIUI 10.

Jadi jika Anda termasuk Mi Fans yang gemar bolak-balik menggunakan mode gelap, maka silakan lakukan update ke MIUI 11 karena dengan menggunakan MIUI 11, Anda cukup menggeser layar smartphone untuk mengaktifkan mode gelap tanpa harus lari ke pengaturan smartphone.

Baca juga: Dapat Dua Penghargaan Sekaligus, Berikut Fitur Andalan MIUI 11

Pengguna Xiaomi di Indonesia sendiri juga cukup banyak jumlahnya. Berdasarkan hasil riset Canalys di kuartal ketiga tahun 2019, Xiaomi menjadi merek ponsel paling laris kedua di Indonesia di bawah OPPO. Meski penggunanya cukup banyak, terkadang sebagian tidak terlalu antusias untuk update ke MIUI 11.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close