Awal sejarah android

Fakta Sebenarnya Mengenai Sejarah Android yang Membuat Smartphone jadi Populer Hingga Saat ini

Mungkin selama ini kita hanya sebagai pengguna android saja. Dan mungkin sebagian dari kita mengira kalau android dibuat oleh pihak Google. Disini saya coba memberikan sedikit informasi yang belum banyak diketahui tentang fakta sebenarnya mengenai sejarah Android yang membuat smartphone jadi populer.

Siapa Penemu Android?

sejarah android
Andy rubin

Sekilas tentang sejarah Android

Andy Rubin adalah orang pertama kali yang menemukan android, lahir pada tahun 1962 dan dibesarkan di daerah Chappaqua, New York. Andy Rubin merupakan putra dari seorang psikolog yang kemudian mendirikan perusahaan direct marketing sendiri.

Pada tahun 2003, Andy Rubin mendirikan perusahaan startup Android, Inc. Di daerah Palo Alto, California. Andy Rubin tidak sendiri tetapi dibantu oleh rekannya  yaitu Rich Miner, Nick Sears, Chris White.

Awalnya Andy Rubin dan rekannya hanya berencana mengembangkan sebuah sistem operasi canggih pada kamera digital saja, namun menyadari bahwa pasar kamera digital tidaklah cukup besar.

Akhirnya mereka pun berinisiatif untuk mengubah haluan dengan memproduksi sistem operasi untuk smartphone yang untuk menyaingi Syimbian dan Windows Mobile.

Android Bukan Ciptaan Google

Pihak Google mengakuisisi Android Inc ini pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikan Android anak perusahaan yang sepenuhnya milik oleh pihak Google. Namun Andy Rubin, dan kawan-kawan tetap bekerja di perusahaan, setelah Android diakuisisi oleh Google.

Di Perusahaan Google, Rubin mulai mengembangkan platform perangkat seluler dengan menggunakan sistem Linux. Dari sini sejarah android baru dimulai, sistem operasi ini dikembangkan secara besar-besaran.

Perusahaan Google mulai menawarkan sistem platform tersebut kepada produsen seluler dan operator yang bersifat nirkabel, dengan perjanjian bahwa mereka menyediakan sistem yang bisa diperbarui.

Loading...

iPhone Memberi Sejarah Android Menjadi Sistem Layar Sentuh

6 Sejarah Android Yang Mungkin Belum KIta Ketahui
iPhone Memberi Sejarah Android Menjadi Sistem Layar Sentuh via vertoanalytics.com

Android pernah berencana membuat smartphone mereka seperti Blackberry yang memakai siste keyboard. Namun pada tahun 2007 iPhone memperkenalkan produknya yang sudah menggunakan sitem layar sentuh atau touchscreen.

Sejak saat itu Android kembali dioptimalkan agar bisa menggunakan sitem layar sentuh atau touchscreen.

Logo Android Pertama Sekali Bukan Seperti Yang Kita Kenal Sekarang

6 Sejarah Android Yang Mungkin Belum KIta Ketahui
Logo Android Pertama via twohengineering.files.wordpress.com

Logo Android pertama kali dibuat oleh Dan Morrill yang terlihat seperti robot kartun dan diberi nama Dandroids. Namun oleh Irina Blok logo tersebut dirubah menjadi robot android yang kita kenal sekarang.

Alasan Android Bisa Open Source

Alasan android menggunakan open source adalah karena Google merupakan anggota Open Handset Alliance (OHA).  Open source memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk memodifikasi sitem operasinya atau OS nya.

Tidak Semua Nama Android Adalah Makanan

6 Sejarah Android Yang Mungkin Belum KIta Ketahui
Tidak Semua Nama Android Adalah Makanan via i.pinimg.com

Mungkin kita tau sejarah android dari deretan nama-nama yang digunakan adalah berupa nama makanan semua, seperti Android kitkat, Android Cupcake, kemudian donut dan sebagainya.

Tetapi pada sistem Alpa dan Beta Android pertama kalinya tidak menggunakan nama makanan, melainkan Astro dan Bender.

Baca juga : Versi Sistem Operasi Smartphone Android dari waktu-waktu

Mungkin hanya itu saja informasi mengenai fakta sebenarnya tentang sejarah Android, saat ini sistem operasi android digunakan oleh milyaran smartphone dari berbagai vendor dan membuat smartphone semakin populer hingga saat ini.


Loading...

Bagikan

Bayu Setyawan Nursanto

Penulis

Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *