startup indonesia

5 Startup Indonesia Dalam Bidang Kesehatan

Startup Indonesia Di Bidang Kesehatan – Saat ini adalah era digital dimana banyak bermunculan startup yang bersaing dan membuka peluang bagi pengguna internet untuk dapat memanfaatkan informasi intelektual secara cepat.

Apa sih startup? Nah bagi Anda yang kebetulan baru mendengar istilah ini mari kita sedikit mengupas tentang pengertian startup agar bisa dimengerti.

Apa Itu Startup

Banyak ahli yang memiliki pengertian yang berbeda tentang startup, tetapi sebagai gambaran mudahnya bisa diperjelas seperti ini. Startup adalah sebuah usaha bisnis baru atau sebuah organisasi baru yang belum lama didirikan atau masih dalam tahap pengembangan.

Lain halnya seperti yang didefinisikan oleh  Eric Ries (Silicon Valley entrepreneur ) dia menyebutkan ” A startup is a human institution designed to deliver a new product or service under conditions of extreme uncertainty”.

Dalam terjemahan bebasnya artinya seperti ini ” Sebuah startup adalah lembaga manusia dirancang untuk memberikan produk atau layanan baru dalam kondisi ketidakpastian yang ekstrim”

Pemahaman saat ini startup lebih mengarah ke perusahaan atau usaha yang bergerak di bidang teknologi dan memanfaatkan media online untuk menjalankannya.

Startup Indonesia Dalam Bidang Kesehatan

Beberapa startup indonesia telah bergerak cepat dan berkembang menjadi sebuah layanan dalam bentuk aplikasi yang mampu memudahkan pengguna untuk mengaksesnya. Dan diantaranya bergerak dalam bidang kesehatan dengan mengeluarkan inovasi baru yang siap diandalkan untuk kebutuhan medis penggunanya.

startup indonesia

Loading...

1.  Dokter.id

Portal online ini sebelumnya bernama PilihDokter, situs online ini berisi informasi seputar kesehatan. Dokter.id memungkinkan pengunjung untuk melakukan diskusi dengan dokter secara langsung layaknya sebuah forum online.

Pengunjung Dokter.id dapat melakukan diagnosa (pengecekan) kesehatan secara otomatis dengan memasukkan berbagai informasi seputar gejala yang dialami.

2. Doktermana

Doktermana mencoba mengusung segala kemudahan yang ada pada konsep e-commerce ke dalam pelayanan kesehatan, sehingga pasien dapat merasakan kenyamanan saat mereka berobat ke rumah sakit atau dokter.

Digagas sejak awal tahun 2015 oleh Firman Siahaan, telah memiliki lebih dari 10.244 member dan menyediakan 948 dokter yang siap melayani pasien sesuai dengan spesialisasinya masing-masing.

Doktermana menyuguhkan layanan yang mampu menghubungkan pasien dengan dokter, rumah sakit, klinik, farmasi serta layanan asuransi sehingga memungkinkan proses pelayanan kesehatan yang transparan dan bisa dilakukan secara online.

3. DokterSehat

DokterSehat dapat diakses melalui web, aplikasi Android dan juga iOS. Selain menyajikan informasi terpadu, melalui portal DokterSehat juga memberikan kanal interaksi pasien dengan dokter.

Startup Indonesia bidang kesehatan ini didirikan oleh Indra Darmawan. Pada mulanya sebagai situs informasi sederhana dengan beberapa dokter yang mengisi konten.

Saat ini Doktersehat memiliki 50.000 pengunjung unik setiap hari dengan berbagai fitur kesehatan seperti direktori dokter dan rumah sakit di Indonesia, informasi kesehatan terpercaya, konsultasi online, dan platform untuk diskusi kesehatan.

4. Doktersiaga

Startup indonesia dibidang kesehatan selanjutnya adalah doktersiaga, yaitu sebuah layanan pemesanan jadwal dokter dan rumah sakit.

Startup ini didirikan oleh Fatah Iskandar Akbar mengusung fitur Smart Reservation Doctor sebagai fondasi layanan mereka. Dengan fitur ini pasien dapat membuat jadwal kunjungan ke dokter maupun rumah sakit dengan lebih mudah dan cepat.

5. Medico

Medico didirikan oleh Grace Tahir dan Jonathan Susantyo, merupakan situs konsultasi kesehatan online. Layanan manajemen rumah sakit berbasis SaaS Medico ini mendapat pendanaan awal dari East Ventures.

Pendanaan akan digunakan untuk merekrut talenta dan meningkatkan kualitas sistem supaya siap diluncurkan. Medico diperkirakan sudah siap beroperasi di bulan April 2016. Tetapi sewaktu saya tinjau situs ini masih dalam persiapan.

Itulah 5 startup Indonesia yang bergerak dalam bidang kesehatan, dengan banyaknya startup yang sedang berkembang atau sudah memulai layanan operasional diharapkan akan memberikan kemudahan dalam layanan.

Link sumber resmi : dailysocial.id

Writen by : @randiekayonida


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Nambahin om, ada juga startup farmasoft.id , startup bidang kesehatan juga, khususnya farmasi.

    Avatar

    Pasti banyak penggunanya ya gan untuk startup kesehatan ini..??

    Avatar

    HamilPlus.Com

    ( - 04:04)

    kadang ane nemu keyword bagus di konsuktasi/tanya jawab ,
    nyimak trus ambil long tail keywordnya. hhehe

    Avatar

    Lagu Baru

    ( - 19:09)

    saya baru dengar mas tentang startup ini, apa cuma ad di bidang kesehatan saja kah ?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:40)

      Sudah banyak kok startup lokal dalam bidang yang lain yang sukses mas gan 😀

    Avatar

    Semoga lebih banyak lagi bermunculan startup-startup di Indonesia…
    Bukan hanya di bidang kesehatan, namun di bidang-bidang lainnya juga…
    Karena tentunya akan sangat bermanfaat…
    Salam Startup…

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:46)

      Yap betul mas Dedy..tidak menutup kemungkinan akan lebih berkembang startupers Indonesia 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *