Internet

Rasakan Ajaibnya Taman Nasional Komodo dengan Mengunjungi 8 Destinasi Terbaik Ini

Mengunjungi  Taman Nasional Komodo jadi menu wajib buat traveller sejati seperti kamu? Ini bukan hanya soal si hewan purba komodo saja, tapi lebih tentang citra wisata Indonesia yang bisa lebih mendunia karena Taman Nasional Komodo.

Komplitnya Taman Nasional Komodo mulai dari pesona alam, budaya masyarakat, flora dan faunanya, juga masih banyak yang lain. Jadi bakal rugi kalau kamu tidak menyempatkan berkunjung ke sana. Jika kamu ke Taman Nasional Komodo, pastikan untuk mampir ke 8 destinasi wajib ini.

1. Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo

Tak disebut Taman Nasional Komodo kalau tidak ada Pulau Komodo. Ini adalah obyek wisata yang menjadi daya tarik utama turis dari banyak negara. Pulau Komodo tahun 2013 resmi menjadi satu dari 7 keajaiban dunia versi New 7 Wonders. Selain itu Pulau Komodo juga ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Semua dapat melihat dari jarak dekat bagaimana kehidupan komodo liar di pulau seluas 390 km itu. Total ada sekitar 1400-an ekor pada tahun 2012 di Pulau Komodo. Supaya bisa menyaksikan kadal raksasa itu, kamu dapat memilih 3 trek mulai dari yang pendek, sedang, sampai yang panjang.

Walau harus berjalan menyusuri hutan dan mendaki bukit, tapi rasa lelah tidak akan sia-sia kalau bisa melihat hewan yang disebut sebagai dinosaurus modern dari jarak dekat. Tentunya kamu harus didampingi ranger berpengalaman agar terhindar dari serangan komodo. Keren rasanya jika berhasil mengambil foto dengan komodo, bisa pamer ke teman-teman lain.

2. Pulau Rinca

Taman Nasional Komodo

Pulau Rinca jadi alternatif buat pengunjung yang tak ingin menempuh perjalanan terlalu jauh untuk melihat komodo. Itu karena Pulau Rinca letaknya paling dekat dari Labuan Bajo. Total jumlah si naga purba di pulau ini hampir sama dengan Pulau Komodo, yaitu sekitar 1336 ekor di tahun 2012.

Loading...

Serupa dengan Pulau Komodo, di Pulau ini juga menyediakan 3 trek, ada pendek, sedang, dan panjang. Namun jaraknya lebih jauh ketimbang pulau tetangganya itu. Jarak tempuh di trek pendek Pulau Rinca, kira-kira sama dengan trek sedang di pulau komodo.

Perbedaan lain perjalanan di Pulau Rinca tidak melalui hutan seperti di Pulau Komodo, melainkan treknya berada di tengah padang savana yang luas, jadi sedikit lebih panas.

3. Pink Beach (Pantai Pink)

Taman Nasional Komodo

Menjadi destinasi andalan Taman Nasional Komodo untuk kategori pantai. Pasirnya benar-benar berwarna pink, terlihat sangat indah jika diamati dari jauh ataupun saat kamu berdiri di atas pasirnya. Pemandangannya laut birunya juga sangat indah buat bersantai-santai di sana.

Diantara semua, yang paling asyik adalah melihat taman surgawi di bawah lautnya. Kalau tak percaya buktikan sendiri saja dengan dengan snorkeling dan diving di sana, kamu akan menjumpai karang indah dan sejumlah biota unik lainnya. Bermain voli atau main sepakbola pantai menyenangkan juga lho, seperti yang dilakukan Jorge Lorenzo pembalap MotoGP saat ke sana.

Uniknya walau pantainya berwarna pink, tapi warga di sana menyebutnya sebagai pantai merah. Setelah diteliti, ternyata warna pink pasir itu berasal dari pecahan karang berwarna di laut yang terhempas ke pantai.

4. Pulau Padar

Taman Nasional Komodo

Banyak yang penasaran dimana spot foto terbaik Taman Nasional Komodo yang biasa dipajang di media sosial. Jawabannya ada disini tempatnya. Pulau Padar punya pemandangan yang mengagumkan, ada gugusan pulau dan gunung-gunung kecil yang membentuk keindahan alami.

Pulau Padar mulai booming semenjak tahun 2014 kemarin, sekarang bahkan tak jarang orang-orang menjadikannya sebagai tempat foto pre-wedding. Walaupun kamu harus berjalan cukup melelahkan karena treknya yang naik cukup tinggi, tapi semua bakal terganti dengan view yang memanjakan mata. Apalagi kalau pas ada sunset dan sunrise, pastinya tambah istimewa lagi.

5. Pulau Kalong

Taman Nasional Komodo

Sesuai namanya, yang paling ditunggu dari pulau ini adalah ribuan kalong yang terbang lalu lalang menghiasi pemandangan petang hari. Namun pemandangan ini hanya ada di sore menjelang senja, saat-saat dimana kalong keluar dari sarang. Bisa terbayangkan pemandang magis yang terasa saat ribuan kalon menutupi awan di petang hari, semua pengunjung pasti akan terpukau.

6. Gili Lawa

Taman Nasional Komodo

Ini termasuk tempat paling favorit di Kawasan Taman Komodo, lokasi wajib buat kamu bila wisata ke sana. Gili Lawa sendiri adalah pulau yang menjadi pintu masuk sebelum mengunjungi Pulau komodo. Pulau kecil ini menawarkan pemandangan magis yang bisa dilihat dari ketinggian.

Setelah naik puncak bukit, kamu akan melihat seperti dua pulau yang terpisah dan tersambung dengan daratan kecil. Gugusan pulau kecil yang berderet berpadu apik dengan lautan biru yang cantik. Menyelam di Gili Lawa juga jadi kegiatan yang menyenangkan di sana.

7. Pulau Kambing

Taman Nasional Komodo

Ini adalah pulau kecil yang lokasinya sangat dekat dengan Pulau Rinca. Karena masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo, tentu pulau indah ini akan sayang jika kamu lewatkan. Jangan mengira ada banyak hewan kambing di sana ya. Dinamai kambing karena pulaunya tertutupi tumbuh-tumbuhan hijau yang terlihat seperti bulu domba.

Pemandangan lautnya memukau, dengan gradasi warna hijau cantik di dekat pantai. Kamu bisa bermain banyak hal seperti snorkeling dan diving menikmati keindahan bawah lautnya. Banyak yang berlayar dan menginap di kapal dekat Pulau Kambing sebagai tempat transit sebelum menuju ke tempat lain.

8. Pulau Kelor

Taman Nasional Komodo

Ini bukan Pulau Kelor yang ada di Pulau Seribu. Di kawasan Taman Nasional Komodo juga punya Pulau Kelor yang jauh lebih indah tentunya. Coba saja naik puncak bukit Pulau Kelor, dan rasakan view menawan dari gugusan pulau dan gunung-gunung laut di sana. Pantainya juga tak kalah bagusnya, karena pasir putih yang berpadu apik dengan laut menghasilkan gradasi warna hijau yang cantik.

Di Pulau ini kegiatan yang paling disukai adala menyelam. Snorkeling dan diving di sana akan memanjakan mata dengan taman bawah laut lengkap, mulai dari terumbu karang hingga berbagai jenis ikan cantik. Cukup menyewa kapal dengan harga 600 ribu kamu bisa berkeliling banyak tempat di Labuan Bajo sampai dengan Pulau Kelor ini.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *