Foto Produk dengan Smartphone

Tips Membuat Foto Produk dengan Smartphone untuk Jualan di Instagram

Foto Produk dengan Smartphone untuk berjualan di Instagram – Seperti yang kita ketahui bersama, Instagram merupakan sosial media yang sangat mengutamakan visual. Dibanding sosial media lain yang mengutamakan konten berupa text, Instagram malah lebih menonjolkan konten berupa gambar.

Maka dari itu, peranan foto dalam akun Instagram memegang peranan yang cukup penting. Seandainya ada foto yang bagus dan menarik perhatian, mungkin saja pengguna lain akan terbawa hanyut ke dalam gambar-gambar tersebut lalu mengikuti akun yang barsangkutan.

Bila foto-foto di aku tersebut kurang bagus, maka pengguna instagram akan sangat sulit menjadi followers. Mereka akan berpikir “Kenapa saya harus mengikutinya, lha wong fotonya saja sudah jelek kok. Faedahnya apa buat aku?”.

Nah disini Anda memang harus memberikan kesan pertama kepada pengguna Instagram bahwa akun Anda itu menarik.

Anda memang wajib memberikan foto berkualitas karena hal itu merupakan kunci sukses berjualan di Instagram. Selain itu, Anda juga harus benar-benar mengetahui target marketnya agar Anda bisa lebih mudah dalam mengupdate konten di akun Instagram.

Jika target market Anda itu perempuan, maka pajanglah foto-foto yang bernuansa perempuan. Misalnya memiliki kesan yang elegan, colourfull atau energik.

Jangan asal upload foto sembarangan apalagi asal jepret. Anda juga harus mengunggah foto pada jam-jam yang potensial karena berpeluang untuk mendapat banyak likes dan komentar.

Jika akun Anda itu masih akun personal namun untuk berjualan produk, ada baiknya Anda segera merubahnya menjadi akun Instagram bisnis. Hal ini dikarenakan kita bisa melihat statistic foto mana saja yang potensial dan banyak dilirik oleh orang-orang.

Loading...

Anda juga bisa mendapat demografi secara langsung dengan fitur ini. Dengan mengubahnya menjadi akun bisnis, akun Anda juga menjadi lebih kebal terhadap banned.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki hasil kualitas gambar terbaik, bisa membuat foto produk dengan Smartphone Anda. Dengan beberapa teknik memfoto dan editing yang baik, Anda akan memperoleh hasil jepretan yang cukup memuaskan.

Setidaknya beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan untuk memperoleh hasil gambar yang berkualitas. Simak ya!

Tips Foto Produk dengan Smartphone Untuk Jualan di Instagram

1. Jangan Gunakan Zoom

Foto Produk dengan Smartphone
No Zoom

Menggunakan zoom ketika memotret malah akan membuat kualitas atau resolusi gambar menjadi berkurang. Gambar akan terlihat kurang tajam, bahkan terlihat ngeblur dan pecah.

Lebih baik ambil foto dari jarak yang dekat secara langsung. Sisakan juga ruang di kiri-kanan-atas-bawah untuk melindungi gambar jika Anda harus memotong (crop) hasil fotonya nanti.

Dengan begitu, Anda lebih bisa memaksimalkan foto produk dengan smartphone yang ingin Anda upload.

2. Atur Pencahayaan

Foto Produk dengan Smartphone
Pengaturan cahaya

Membuat foto produk dengan smartphone tentu berbeda dengan kamera DSLR yang memiliki sensifitas tinggi. Kamera smartphone harus diatur secara manual mengenai pencahayaannya agar maksimal ketika memotret.

Aturlah pencahayaan sesuai dengan kebutuhan Anda, setidaknya cahaya yang ada bisa menerangi objek yang hendak difoto. Usahakan juga mennggunakan pencahayaan alami dari sinar matahari, bukan dari cahaya lampu atau efek editing.

Selain terlihat lebih jelas, penggunaan sinar matahari juga akan terlihat lebih bagus dan natural.

3. Tentukan Syling dan Angle Foto

Foto Produk dengan Smartphone

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Anda perlu mengetahui target market produk yang Anda jual. Dengan memahaminya, Anda bisa menentukan topik atau tema dengan lebih mudah.

Styling juga bisa meningkatkan branding produk Anda, tentunya dengan kualitas gambar yang berkualitas. Anda hanya perlu mempersiapkan properti atau aksesori pendukung untuk memperindah produk yang ingin Anda foto.

Selain itu, Anda juga perlu menentukan angle yang pas agar gambar semakin enak dilihat dan ‘eye catching’.

Selanjutnya, Anda bisa mengunggah foto produk dengan smartphone sesuai keinginan dengan mengatur penataan gambar.

4. Pegang Smartphone dengan Stabil

Foto Produk dengan Smartphone

Sebelum menjepret, Anda harus memastikan bahwa posisi Anda nyaman. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk tidak goyang saat memotret. Kalau bisa, gunakanlah tripod agar benar-benar stabil.

5. Gunakan Aplikasi Edit Foto

Ada beberapa aplikasi untuk mengedit foto untuk memperindah hasilnya. Dengan aplikasi ini gambar yang kurang pas bisa menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Nah, beberapa aplikasi berikut ini bisa menunjang Anda untuk memaksimalkan kualitas foto produk dengan smartphone yang ingin Anda upload di Instagram. Mari kita bahas satu per satu..

Snapseed

Beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengedit foto pada aplikasi Snapseed yaitu:

  1. Selective. Fitur ini mampu meningkatkan dan mengurangi brightness, contrast dan saturation pada bagian foto yang diinginkan. Tingkat resolusinya dari -100 hingga +100, ukuran juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengeditan.
  2. Tune Image. Fitur ini bisa digunakan untuk mengurangi atau meningkatkan contrast, ambience, shadows, saturation, warm dan highlight pada foto secara keseluruhan (full body image).
  3. Healing. Fitur ini berfungsi untuk menutup background yang tidak kita inginkan. Contohnya pada tembok hijau ada bercak cap kuning, lalu Anda ingin menghapusnya. Anda bisa gunakan fitur ini dengan menarik-narik warna hijau sehingga menghilangkan bercak kuning yang ada pada tembok.
  4. Brush. Kegunaannya mungkin mirip dengan fitur selective, namun penggunaannya cukup dengan mengusap spot yang hendak diedit. Editannya pun sudah dibatasi, contohnya untuk editing exposure hanya terdapat pilihan -1, -0.7, -0.3, 0.3, 0,7 dan 1. Jadi, Anda bisa memilah-milah bagian mana yang paling cocok untuk diedit.
VSCO

Fungsi VSCO juga sama layaknya snapseed yaitu untuk foto editing. Beberapa fitur VSCO diantaranya yaitu:

  1. Filter bawaan dari VCSO. Jika dilihat, Anda bisa menemukan fitur edit saturasi dan sharpen yang bisa memperbagus foto.
  2. Sharpen. Mempertajam kualitas gambar sehingga lebih kuat kesannya.
  3. Vignette. Kegunaannya yaitu untuk memberikan efek terang atau gelap pada tepi foto. Hal ini bisa membuat penekanan terhadap obyek utama (focus ke tengah).
INSTAGRID

Aplikasi ini bisa membuat tampilan akun menjadi lebih menarik jika dilihat secara keseluruhan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memotong foto menjadi beberapa bagian berbentuk kotak.

Saat Anda mengunggah bagian-bagian tersebut dengan benar, maka tampilan gambarnya akan menjadi lebar dari kolom pertama hingga ketiga. Hasil tampilannya bisa Anda lihat di bawah ini…

aplikasi instagrid
source image: iDownloadBlog
LAYOUT

Fungsi dari apilkasi ini yaitu menggabungkan beberapa foto menjadi satu bagian yang utuh. Anda bisa mengatur pembagian atau tata letak foto sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan begitu, akun instagram Anda menjadi lebih variatif dan tidak monoton. Berikut ini hasil editan dari aplikasi layout…

aplikasi layout
source image: CNN Money

***

Nah itu dia beberapa tips membuat foto produk dengan smartphone untuk jualan di Instagram. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda mungkin bisa merawat akun instagram dengan lebih baik.

Harapannya, cara ini mampu meningkatkan followers pada Instagram Anda dan memungkinkan Anda untuk menjual produk lebih banyak dari sebelumnya.

Bagi yang belum mengerti seberapa penting peranan foto dalam Instagram, jawabannya adalah sangat penting. Dengan adanya foto yang berkualitas, banyak orang yang secara tidak langsung beranggapan bahwa akun tersebut lebih professional dibandingkan akun lainnya.

Baca juga: 7 Tips Memaksimalkan Akun Instagram agar Akun Anda Semakin Terkenal!

So, selamat praktek yah!


Loading...

Bagikan

Mr.R

Penulis

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *