Internet

Sudah Tahu Tips Jitu Hadapi Usia Pensiun ? Yuk Cek Disini

Tips Jitu Hadapi Usia Pensiun – Umur yang semakin bertambah membuat semua orang nantinya akan mengalami masa pensiun. Siklus alamiah ini terkadang membuat beberapa orang pesimis dan menganggap masa itu adalah masa menakutkan karena sudah tidak produktif lagi.

Agar tidak menganggu kesehatan anda karena over thinking, ada baiknya untuk mempersiapkan dalam menghadapi usia pensiun anda. Berikut ini tips untuk hadapi masa pensiun simak ulasannya.

Tips Jitu Hadapi Masa Usia Pensiun yang Harus Anda Perhatikan

1. Investasi Sejak Dini

Masa pensiun pastinya membuat pendapatan aktif anda berkurang karena sudah tidak bekerja lagi. Meskipun masih memiliki tunjangan pensiun untuk menujang kehidupan anda tapi pasti tidak sebanyak sebelumnya.

Maka ada baiknya jika anda memulai untuk berinvetasi lebih awal. Yang nantinya berguna untuk menutup kekurangan pendapatan aktif setelah anda pensiun. Idealnya, anda sudah harus berinvestasi sejak anda mulai bekerja.

2. Mengoleksi Aset Berharga

Tidak hanya mulai berinvestasi untuk mempersiapkan masa pensiun yang masih jauh, anda sebaiknya juga mulai untuk mengkoleksi aset. Aset berharga merupakan sesuatu yang memiliki nilai jual yang tinggi di masa yang akan datang.

Aset yang paling banyak dikoleksi adalah tanah dan rumah karena harganya cenderung terus meningkat. Anda bisa berburu aset tersebut dengan membeli harga murah ataupun memenangkan lelang.

Meskipun untuk saat ini mungkin tidak manfaatkan, di usia pensiun anda akan sangat berguna dan membantu keuangan anda. Aset yang anda beli haruslah yang mengalami peningkatan harga di masa yang akan datang.

Aset kendaraan memang bisa dijual namun harganya cenderung akan turun. Tapi tetap bisa anda manfaatkan untuk mobilitas tanpa harus memikirkan cicilan.

3. Mengali Potensi Dengan Menekuni Hobi

Setiap orang memiliki bakat dan minat yang berbeda begitu dengan hobi yang anda miliki. Dengan menekuni hobi anda semakin mendalam bisa saja menjadi sumber pendapatan dikala anda telah pensiun.

Sekalipun tidak, anda bisa jadikan hobi sebagai aktivitas di kala anda bosan tidak bekerja. Jadi mulai sekarang anda harus mulai menekuni hobi anda dan tidak setengah setengah. Karena tidak menutup kemungkinan akan menciptakan peluang.

Baca Juga : Mengira Asuransi Cigna Penipuan? Cek dulu Faktanya!

4. Menyiapkan Usaha Sampingan

Memiliki usaha sampingan juga bisa menjadi tips yang sangat ampuh untuk hadapi usia pensiun yang menanti anda. Sebaiknya, anda merintis usaha sejak anda masih bekerja sebagai pegawai.

Namun, pastikan usaha sampingan ini tidak menganggu pekerjaan utama anda untuk itu anda harus profesional. Anda juga bisa mempercayakan usaha sampingan pada orang terdekat anda. Anda bisa leluasa mengelola saat anda sudah masuk masa pensiun.

5. Menjaga Kesehatan

Ketika masa pensiun tiba, biasanya banyak masalah kesehatan yang mulai bermunculan. Untuk itu ada baiknya anda untuk menjaga kesehatan anda selagi masih muda.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan rajin berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat.

Anda bisa melakukan pola hidup sehat ini sejak anda masih aktif bekerja di kantor. Hal ini akan membuat anda tetap bugar meskipun sudah memasuki masa pensiun.

6. Ayo Menabung!

Ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak begitu menyukai investasi. Anda bisa menabung dari gaji yang anda terima setiap bulannya. Anda harus menyisihkan sedikit pendapatan anda setiap bulannya.

Jika perlu anda membuat rekening khusus untuk tabungan anda sehingga anda tidak mencoba untuk mengunakan. Pastikan anda menekankan pada diri anda bahwa tabungan ini digunakan untuk menghadapi usia pensiun anda.

Menurut ahli keuangan jumlah ideal yang harus ditabung adalah 15% dari pendapatan yang anda hasilkan. Mungkin anda bisa menyisihkan 10% namun kenyamanan saat masa pensiun belumlah seberapa.

Memang susah untuk menabung dan dibutuhkan komitmen yang kuat, agar anda memiliki kesadaran betapa pentingnya tabungan yang anda miliki untuk masa depan anda dan juga keluarga anda.

7. Menghitung Kebutuhan Kala Pensiun

Ketika masa pensiun menghampiri tentunya pendapatan anda akan menurun. Untuk itu anda perlu untuk menghitung kebutuhan hidup anda setiap bulannya.

Jangan memaksakan diri untuk menuruti gaya hidup sebelum anda pensiun. Karena anda pasti harus menyediakan dana sama seperti ketika belum pensiun padahal pendapatan anda menurun.

Pasti akan sangat memusingkan ketika pengeluaran lebih banyak dari pendapatan.

8. Miliki Asuransi

Kartu Bpjs atau asuransi lainnya sangat berguna ketika anda sudah memasuki usia pensiun. Jaminan kesehatan saat anda sedang tidak memiliki banyak pendapatan tentu akan sangat membantu anda dan keluarga.

Sebaiknya anda memiliki asurani sebelum anda memasuki masa pensiun dan pastikan asuransi yang anda gunakan tetap aktif hingga masa pensiun sudah didepan mata. Tidak hanya itu pastikan memilih produk asuransi yang sesuai.

Semua manusia pasti menua dan itu adalah hal alami yang tidak bisa ditolak. Begitu juga dengan pensiun yang pastinya bisa dialami oleh semua orang yang bekerja.

Untuk itu dibutuhkan persiapan yang matang untuk menghadapi masa pensiun. Terutama masalah keuangan yang selalu menjadi momok karena pendapatan yang tentunya menurun.


Loading...

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close