Internet

Tips Liburan Hemat, Menyenangkan dan Menguntungkan

Tips liburan hemat  – Hai sobat klikmania, liburan kali ini mau wisata ke mana? Kalau udah ada rencana segera aja kunjungi tempat wisata itu, karena kalau nunggu lama kelamaan, maka semakin sesak nantinya. Jadi pastikan minggu pertama ini perjalanan wisata anda sudah rampung.

Akan tetapi bagi sebagian orang, waktu liburan semacam ini menjadi hal yang membuat bingung. Karena bagaimanapun juga, waktu liburan menjadi kendala bagi mereka yang tidak memiliki banyak uang. Mereka bingung soal biaya untuk berwisata, bukan bingung karena mau wisata kemana. Nah bagi anda yang seperti itu, maka ikuti tips liburan hemat berikut ini.

Tips Liburan Hemat

Saat liburan, anda juga perlu mengatur keuangan sebaik mungkin. Karena bagaimanapun kondisi finansial seseorang itu sangat berpengaruh terhadap berbagai hal dalam hidup. Salah satunya yaitu wisata ini. Banyak orang yang tidak dapat mengunjungi tempat wisata yang diimpi impikan karena mereka tidak memiliki cukup uang untuk pergi kesana.

Maka dari itu,  saya disini ingin memberikan sedikit info mengenai tips liburan hemat pengeluaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan simak pembahasannya dibawah ini.

1. Pilih destinasi yang tepat

Tips Liburan Hemat
Credit to Travelling Pulau Dua

Memilih tempat tujuan wisata yang tepat merupakan salah satu tips liburan hemat biaya loh. Tepat disini adalah suatu hal yang harus disesuaikan dengan kondisi finansial kita. Misalnya anda ingin berkunjung ke suatu pantai di Bali, namun karena tidak punya dana yang cukup untuk kesana, maka anda dapat memilih destinasi yang serupa tapi lebih murah. Misalnya dengan mengunjungi pantai yang terdekat.

Memilih tempat wisata yang terjangkau merupakan salah satu tips liburan hemat biaya. Coba bayangkan jika anda berkunjung ke tempat yang jauh padahal uang nggak cukup atau pas pasan saja, kalau dipaksakan pasti nantinya akan menjadi masalah saat di tengah tengah perjalanan. Maka dari itu, pilihlah tempat yang sama atau bahkan lebih baik tapi harganya lebih murah, baik harga transportasi maupun harga untuk masuk ke lokasi wisata.

Sama saja kan yang anda lihat dan anda rasakan, namun harganya sangat berbeda jauh dengan tempat yang memang jauh dan mahal. Maka dari itu, jangan memaksakan diri anda untuk mengunjungi tempat wisata yang memang sekiranya gak mampu. Cari alternatif lain, pasti ada kok di daerah tempat tinggal anda.

2. Persiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari

Tips Liburan Hemat

Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan biaya di akhir akhir nanti. Misalnya anda ingin berkunjung ke bali. Apabila anda tidak menyiapkan segala sesuatu jauh hari, misalnya dalam memesan hotel, maka anda harus membayar lebih untuk menginap di hotel sana.

Jadi siapkan akomodasi dalam jangka waktu yang tidak mepet dari pelaksanaan yang telah dijadwalkan. Ya minimal 2 minggu sebelumnya anda harus sudah menyewa alat transportasi dan hotel. Karena anda sendiri tentunya gak ingin kan kalau rencananya akan berantakan di kemudian hari saat jadwal sudah dekat? Maka dari itu, mempersiapkan segala sesuatu jauh jauh hari sebelum hari H itu sangat penting.

Tak hanya itu, menyiapkan tabungan khusus untuk liburan jauh-jauh hari sebelum waktunya liburan itu sangat berguna. Jadi anda tak akan kebingungan hingga harus ngutang kesana kemari untuk nyari duit buat biaya wisata dan transport. Usahakan kalau ada penghasilan lebih, simpanlah uang itu. Jangan digunakan untuk berbagai hal yang tidak bermanfaat dan membuang buang uang saja.

3. Sesuaikan budget

Ini juga penting, ini masih ada hubungannya dengan poin nomor 1 diatas. Dalam hal apapun, anda harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan pernah mengeluarkan uang melebihi penghasilan bulanan anda. Misal gaji anda sebulan 2500000, namun ingin berlibur dengan menghabiskan biaya hingga 10 juta. Nah walau hal itu bisa dicicil, namun itu akan menyulitkan diri anda sendiri kedepannya.

Jadi anda dapat memilih lokasi tempat wisata yang disesuaikan dengan kondisi finansial yang sedang anda hadapi. Intinya kan liburan itu untuk menambah pengalaman, wawasan dan juga refreshing. Anda bisa kok liburan yang nggak perlu keluar uang mahal tapi bisa mendapatkan unsur unsur semacam itu. Karena kalau kemahalan, nantinya juga pasti akan menyusahkan diri anda sendiri nantinya bukan?

Jadi selalu pertimbangkan keungan untuk liburan. Atau kalau bisa, susun daftar keuangan sebaik mungkin sehingga bisa mengumpulkan uang yang tepat disaat yang tepat pula. Apakah anda bisa melakukan hal ini?

4. Perhatikan waktu yang tepat

Tips Liburan Hemat

Selain mempertimbangkan biaya, anda juga perlu mempertimbangkan waktu. Karena bagaimanapun waktu juga harus anda susun serapi mungkin dengan membuat jadwal terlebih dahulu sebelum anda masuk liburan seperti sekarang ini.

Banyak orang yang memilih waktu untuk liburan itu saat sedang ramai ramainya. Hal ini menjadikan mereka tidak bisa mendapatkan keleluasaan dalam berlibur karena tempat wisatanya sesak. Selain itu, harga yang didapatkan juga lebih mahal, baik harga tiket masuk maupun harga tiket transportasi. Jadi uang anda bisa terkuras hingga 2 kali lebih banyak dalam hal ini nantinya.

Maka dari itu, memilih waktu yang tepat juga menjadi bagian dari tips mengatur keuangan saat liburan yang tak boleh anda tinggalkan. Karena dari situlah anda bisa mengatur keuangan sebaik mungkin nantinya.

Sebenarnya, bagaimanapun juga, berlibur di saat saat seperti ini itu lebih boros. Solusi yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan waktu yang tepat sebaik mungkin. Biasanya kebanyakan tempat wisata itu belum menaikan biaya pada hari pertama kedua liburan, dan juga pada akhir waktu liburan. Jadi anda dapat memilih diantaranya. Kan itu lebih hemat daripada harus memaksakan diri untuk berlibur saat hari sudah sesak dan juga harga sudah mahal.

5. Perhatikan promo

Tips Liburan Hemat

Mungkin anda punya kartu kredit, jika ada promo saat liburan, maka gunakan kartu kredit itu. Gunakan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Jangan disia siakan. Memang untuk pembelian etiket biasanya ada promo yang sering diberikan jika menggunakan kartu kredit tertentu. Namun anda jangan hanya berharap pada itu saja. Anda juga perlu mencari promo promo yang sedang diadakan oleh pihak tertentu.

Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk mengetahui berbagai jenis penawaran terbaik dari berbagai tiket dan juga hotel. Misalnya saja treveloka. Hal itu sangat berguna untuk mengetahui penawaran terbaik di berbagai jenis tempat berbeda dengan harga yang berbeda pula. Ya benar, anda bisa memesan satu kamar hotel dengan harga yang berbeda beda.

Jadi dengan itu, anda bisa menggunakan untuk mendapatkan harga sebaik mungkin. Hal tersebut juga tentunya akan menjadikan diri anda lebih irit dan hemat pengeluaran. Bahkan jika anda suka mencari cari promo dan diskon, maka itu bisa jadi hal yang menjadikan anda sangat irit dalam pengeluarannya. Hal ini sangat benar benar menguntungkan nantinya.

Ini juga ada hubungannya dengan poin nomor 4 diatas tentang pemilihan waktu yang tepat. Usahakan juga anda memilih menggunakan waktu yang ada diskon. Baik itu diskon hotel, diskon restorant, diskon pesawat dan sebagainya. Karena bagaimanapun juga sedikit sedikitnya diskon, cashback, promo atau sejenisnya itu pasti tetap saja mampu membuat pengeluaran kita lebih hemat lagi untuk kedepannya.

Jadi sebaiknya, anda selalu stay untuk mengetahui berbagai diskon dari berbagai perusahaan. Jika memang sedang ada diskon, langsung aja ambil dan mulailah melakukan liburan dengan baik.

6. Kurangi pengeluaran yang tak diperlukan

Banyak sekali orang yang membeli berbagai jenis barang yang begitu tidak dibutuhkan saat liburan. Mereka bilang hal tersebut untuk oleh oleh. Namun nyatanya hal itu adalah pemborosan. Belilah segala sesuatu yang benar benar dibutuhkan saja, jangan membeli yang tidak diperlukan. Misal beli oleh oleh makanan yang secukupnya, kalau beli pakaian juga demikian. Karena kita itu untuk berlibur, bukan mau kulak barang.

Selain itu, untuk membawa bekal kesana juga dibatasi, jika membawa berlebihan maka juga akan menimbulkan hal yang tidak baik bagi kondisi keuangan anda nantinya. Misalnya anda membawa uang yang banyak. Pasti hal itu nantinya akan di manfaatkan oleh anda untuk digunakan semaksimal mungkin. Jadi usahakan deh untuk tidak membawa sesuatu dalam jumlah yang terlalu banyak.

Pastikan anda mematuhi poin ini dalam hal tips liburan hemat. Agar liburan yang anda rasakan itu maksimal dan tentunya tidak akan meninggalkan kekecewaan suatu saat nanti. Karena di kenyataannya, ibu ibu atau cewek itu lebih suka membelanjakan uang dengan maksimal mungkin. Apalagi kalau liburan dan sudah mampir ke toko oleh oleh, pasti sulit sekali untuk beranjak dari sana.

Itulah sifat wanita yang memang sudah menjadi bawaan, bahkan bagi para pria pun tak jarang memiliki sifat demikian pula. Maka dari itu, jadikan kita sendiri memiliki kendali atau kontrol terhadap hal tersebut. Jadi kita tidak akan suka membeli segala sesuatu yang tidak berdasarkan kepada kebutuhan, gengsi dan juga keinginan semata.

7. Chek perlengkapan

Tips Liburan Hemat

Ini penting. Coba bayangkan kalau anda besok sudah mau berangkat liburan tapi tiba tiba ada hal yang dibutuhkan tapi belum dimiliki. Pasti akan ribet dan malah akan menimbulkan biaya yang tak terduga. Jadi pastikan perlengkapan apapun yang ingin anda bawa untuk liburan itu sudah tertapa rapi jika besok merupakan hari pemberangkatan.

Kalau saya sendiri, jauh jauh hari sebelum liburan dimulai, saya sudah membuat chek list mengenai perlengkapan apa aja yang ingin dibawa. Jadi kita dapat mengetahui apa aja yang akan di bawa, sudah tersedia apa belum, bagaimana keadaannya, dan juga bisa mengetahui berapa saja pengeluaran yang dibutuhkan untuk semua perlengkapan itu.

Maka dari itu, pastikan untuk membuat list barang yang ingin dibawa, dan selalu mengechek sebelum pemberangkatan dimulai. Jadi kalau sekarang anda belum berangkat liburan, pastikan sekarang juga chek apa saja yang ingin anda bawa, mulai dari pakaian, uang, peralatan kebersihan, kamera, power bank, handphone, dan sebagainya.

Baca : Tips Packing Barang di Carrier dan Koper Ala Klik Mania

8. Perhatikan kesehatan

Seberapa penting kesehatan bagi diri anda? Sangat penting bukan, maka dari itu, yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan waktu yang ada untuk dijaga betul mengenai kondisi kesehatan anda. Karena kalau besok sudah mau liburan tapi hari ini sakit kan sangat disayangkan. Banyak uang yang terbuang percuma. Dan anda pun pasti tentunya akan merasakan kecewa berat karena hal ini.

Menjaga kesehatan saat kapanpun dan dimanapun itu penting. Jika liburan seperti ini hanya diisi oleh banyak waktu di rumah sakit saja, tentu itu akan rugi banyak. Bukan kebebasan yang didapat tapi malah stress yang didapat. Betul bukan. Maka dari itu, hendaklah untuk betul betul memperhatikan kesehatan. Contohnya menjaga pola makan sehat yang rutin, tidak hujan-hujanan, mengonsumsi suplemen dan sebagainya.

Jika anda sedang sakit, tapi masih bisa dibawa berlibur, pastikan untuk membawa obat. Karena kalau terjadi sesuatu saat liburan seperti sakit anda kambuh kan repot sendiri nantinya. Maka dari itu, saya sangat menyarankan kepada anda semua untuk mengkondisikan kesehatan sebaik mungkin dari hari hari sebelum pemberangkatan liburan. Selain itu bawa perobatan lengkap saat sedang liburan.

9. Gunakan asuransi perjalanan

Menggunakan asuransi perjalanan juga tak kalah penting. Memang bagi sebagian orang berpikir bahwa mengasuransikan dana untuk hal semacam ini itu tidak penting. Namun nyatanya, hal ini justru sangat penting. Karena bagaimanapun juga, jika anda menggunakan asuransi untuk perjalanan, risiko sebesar apapun yang anda alami akan ditanggung oleh pihak asuransi. Mungkin anda juga berpikir bahwa jika menggunakan asuransi, maka dana akan terbuang percuma.

Namun nyatanya, hal ini akan sangat penting. Jika anda mengasuransikan perjalanan, maka segala akan ditanggung. Mulai dari risiko kecelakaan yang terdiri dari mobil dan diri anda sendiri juga akan diasuransikan. Coba bayangkan kalau anda menggunakan asuransi, maka biaya perawatan mobil dan diri anda saat terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan akan ditanggung. Tentunya hal itu tidak membutuhkan biaya yang semahal untuk dana asuransi. Yakin gak sampai 5% deh.

Kalau orang kaya, tentu sudah paham betul mengenai asuransi. Jadi mereka sangat memperhatikan diri mereka sendiri mengenai hal ini. Kesadaran seseorang untuk berasuransi ini biasanya sudah diterapkan oleh orang tua mereka. Jadi secara turun temurun, kesadaran untuk asuransi ini dikenalkan dari generasi ke generasi.

Berbeda dengan mereka yang berasal dari golongan masyarakan ekonomi bawah. Biasaya karena mereka tidak mengajarkan pentingnya asuransi, maka anak anak mereka nantinya jika sudah besar pun tidak mau tahu tentang asuransi.

Pentingnya asuransi

Mungkin kalau anda menggunakan angkutan umum seperti halnya bus, pesawat, kereta api itu sudah ada asuransi sendiri dari pihak perusahaan penyedia. Namun jika anda ingin berlibur dengan memakai kendaraan milik sendiri, maka anda juga harus mengasuransikan kendaraan anda. Jadi segala kerusakan yang mungkin terjadi karena kecelakaan, dapat diganti tanpa harus membayarnya.

Selain itu, dari pihak pengelola wisata juga harus ada asuransinya. Misalnya saat anda mendaki gunung dan tersesat atau jatuh, saat di sungai terbawa arus, saat menyelam terjadi kecelakaan dan sebagainya. Walau anda harus membayar biaya sedikit mahal. Tapi hal itu tidaklah menjadi masalah yang berarti. Biaya asuransi itu jauh lebih murah daripada biaya untuk ganti rugi dari risiko sesuatu yang tidak diinginkan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips liburan hemat. Semoga hal ini memberikan pencerahan untuk anda semuanya. Jadi kalau anda ingin berlibur di saat saat ini, alangkah baiknya untuk benar benar memperhatikan poin diatas agar uang yang dikeluarkan tidak menguras kantong anda. Kan lebih baik berhemat daripada harus menyesali disaat saat tidak punya uang.

Tips liburan hemat ini juga termasuk sebagai usaha untuk mengelola keuangan pribadi dan keluarga sebaik mungkin. Karena orang yang tidak dapat mengatur keuangan sebaik mungkin, maka mereka akan mendapatkan kesulitan disuatu saat. Saat gak ada uang, uang sedikit sekalipun nggak ada sama sekali. Nah giliran ada uang, ada banyak banget hingga menyia-nyiakannya, tanpa menginvestasikan atau menabungnya.

Maka dari itu, silakan pelajari dan pahami tips liburan hemat diatas. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog ini. Karena setiap hari ada artikel yang unik dan menarik untuk anda baca, sehingga anda tidak akan kudet dengan segala hal yang terus berkembang ini. Terima kasih…


Loading...

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close