Menulis Novel Di Wattpad

5 Tips Menulis Novel di Wattpad Agar Banyak yang Baca dan Terkenal

Menulis Novel Di Wattpad – Anda suka membaca novel? Atau Anda punya keinginan membuat novel sendiri namun bingung cara mempublikasikannya? Jangan khawatir! Karena sekarang kita tidak perlu lagi datang ke media percetakan untuk menawarkan novel kita agar di publikasikan. Caranya adalah dengan mempublikasikannya di Wattpad.

Mungkin Anda sudah tahu apa itu Wattpad? Tapi bagi Anda yang belum tahu, saya akan sedikit menjelaskan apa itu Wattpad dan apa kegunaannya?

Jadi, Wattpad itu adalah semacam wadah untuk menampung orang-orang kreatif yang suka menulis. Entah itu cerita fiksi, horor, atau cerita non-fiksi, dan lain sebagainya. Hal ini guna membantu bagi mereka yang berkeinginan membuat novel sendiri dan memperlihatkannya ke orang banyak.

Aplikasi Wattpad bisa juga di unduh di playstore maupun iTunes sebagai salah satu Aplikasi smartphone terbaik untuk penggemar baca buku.

Untuk itulah, media ini sangat populer di kalangan pecinta novel. Nah, bila Anda pun tertarik untuk menerbitkan novel Anda, saya akan memberikan tips menulis Novel di Wattpad untuk Anda. Agar tulisan Anda dibaca banyak orang.

Tips Menulis Novel Di Wattpad

Tips Menulis Novel Di Wattpad

Wattpad setiap harinya selalu memunculkan novelis baru dan mungkin masih sangat baru untuk menjadi seorang novelis. Ya, bisa di bilang “amatir”. Tapi itu lebih baik daripada kita menyimpan keinginan kita untuk menjadi seorang novelis saja.

Dengan memanfaatkan Wattpad, Anda bisa memulai karir menjadi seorang novelis profesional. Karena di Wattpad, tulisan yang Anda buat akan direkomendasikan ke orang banyak, dan itu akan menjadi jembatan kesuksesan Anda menjadi seorang novelis sungguhan. Untuk itu, cobalah mulai dari Wattpad terlebih dahulu.

Loading...

Namun, untuk pertamakali nya Anda terjun di dunia Wattpad, mungkin tulisan Anda tidak banyak di lirik oleh orang, dan bahkan mungkin tidak ada yang membacanya. Untuk itu, janganlah berkecil hati. Karena mungkin orang-orang belum tahu tulisan Anda. Maka dari itu, di sini saya akan berbagi tips agar novel yang Anda buat di Wattpad, dibaca oleh orang lain.

1. Tentukan tema (genre) tulisan Anda

Hal yang pertama yang musti di ingat ketika menulis novel di Wattpad adalah, menentukan tema cerita yang ingin dibuat. Anda tidak usah bingung dengan masalah ini. Tulisan apapun yang ingin ditulis, asalkan sesuai dengan kemampuan Anda akan menjadi lebih mudah dari yang di bayangkan.

Mungkin yang saat ini sedang laris di pasaran adalah novel remaja. Tapi bila Anda lebih suka tema fantasi seperti horor, sci-fiksi atau yang lainnya, maka Anda harus menulisnya. Karena sangat tidak baik jika Anda menulis sesuatu yang samasekali tidak Anda sukai.

Seorang novelis yang sudah pro saja, hanya menulis berdasarkan apa yang ingin ia sampaikan dari imajinasinya, bukan karena mengikuti trend yang sedang populer. Memang benar, jika mengikuti trend maka tulisan kita pun akan mendapat kesempatan dilirik orang.

Tapi bila sudah terlalu banyak yang menulis sesuatu yang sama, apakah masih punya kesempatan? Itu sama halnya dengan kita mengikuti undian.

Yang terpenting dari menulis novel adalah, bagaimana pikiran, ide, dan imajinasi Anda bertemu menjadi satu dan saling bekerja sama.

Anda bisa saja membuat novel yang sedang populer tapi dengan gaya yang agak berbeda, atau lebih memilih menulis sesuatu yang berbeda. Itu malah akan membuat daya tarik sendiri dari tulisan Anda.

Karena pembaca lebih menyukai sesuatu yang berbeda dan menginspirasi. Anda saja jika makan daging setiap hari, pasti bosan juga, kan? Untuk itu, tulislah cerita yang memang Anda sukai.

2. Buat alur cerita yang menarik

Belajar Menulis Novel Di Wattpad

Sampai saat ini Anda mungkin berpikir bahwa tulisan Anda adalah yang terbaik dari penulis yang lainnya, padahal Anda hanya menulis cerpen dan mempublikasikannya di media sosial.

Tapi jika Anda menulis novel di Wattpad dan mempublikasikannya, maka Anda akan mendapatkan tantangan baru. Kenapa? Karena di Wattpad sangat banyak penulis yang mempublikasikan tulisan mereka dengan bermacam genre. Nah pertanyaannya, apakah tulisan Anda akan bisa mendapatkan tempat di Wattpad?

Jujur saja, saya pun juga menulis cerpen di salah satu blog saya. Dan ya, lumayan mendapat pembaca. Tapi ketika saya mencoba mempublikasikan tulisan saya di Wattpad, di situ saya merasa kesal karena tidak ada satupun orang yang membaca tulisan saya. Meskipun saya sudah share di media sosial saya. Dari situlah saya sadar, bahwa saya harus belajar lagi dalam menulis cerita.

Untuk itu, saya sarankan kepada Anda untuk terus mencoba membuat alur cerita yang lebih menarik dan berbeda dari yang lainnya. Bukankah Anda merasa bosan membaca cerita yang mudah ditebak alur ceritanya?

Cobalah untuk membaca novel-novel dari novelis profesional, itu berguna untuk menambah wawasan Anda dalam menentukan sebuah alur cerita yang menarik ketika menulis novel di Wattpad.

3. Buatlah deskripsi yang menarik dan membuat calon pembaca penasaran

Deskripsi sangat berguna untuk memperkenalkan tulisan Anda ke calon pembaca. Karena sebelum membaca ceritanya, calon pembaca biasanya membaca deskripsinya terlebih dahulu. Jika menarik, mereka akan melanjutkan ke dalam ceritanya. Tapi jika tidak menarik, maka mereka sudah pasti tidak akan melanjutkan membaca.

Anda hanya perlu menjelaskan sedikit tentang cerita Anda saat menulis novel di Wattpad, namun dengan sedikit bumbu penasaran, agar calon pembaca tertarik untuk melanjutkan membaca cerita yang sudah Anda tulis dengan susah payah.

4. Buat cover yang menarik

Belajar Menulis Novel Di Wattpad
Book Covers via the-digital-reader.com

Pepatah mengatakan “jangan lihat buku dari sampulnya”. Jangan percaya! Itu semua hanya berlaku bagi penulis yang sudah terkenal. Karena kalau sudah terkenal, sejelek apapun tulisan mereka atau sampulnya, maka penggemarnya akan tetap membeli bukunya dan membacanya.

Tapi bagaimana dengan Anda yang baru saja menulis novel di Wattpad? Anda hanyalah penulis pemula yang sama sekali belum ada orang yang mengenal Anda dan tulisan Anda. Maka dari itu, sangat disarankan untuk membuat cover (sampul) yang menarik.

Jika Anda pandai menggambar, maka gunakanlah bakat Anda itu untuk membuat sampul novel Anda. Atau jika tidak bisa menggambar, bisa meminta bantuan ke teman untuk membuat sampul novel Anda. Dan bila memungkinan, bayarlah orang lain untuk pekerjaan itu.

Masalahnya adalah, Anda tipe orang yang hanya ingin gratisan. Itu adalah masalah yang harus Anda hadapi. Karena saya tidak menganjurkan Anda mengambil gambar dari Google untuk sampul novel Anda.

Bukan apa-apa! Selain melanggar hak cipta, juga akan berpengaruh kepada tulisan Anda. Bisa saja orang-orang yang tahu bahwa sampulnya mengambil dari Google, akan mengira bahwa tulisan Anda juga hasil copas dari orang lain.

Selain itu, sampul yang di buat sendiri (walau membayar orang lain), jauh lebih terlihat menarik dibanding gambar yang di ambil dari Google. Karena itu adalah ciri khas dari novel Anda.

5. Share ke teman-teman Anda baik offline maupun online

Setelah selesai menulis novel di Wattpad, langkah selanjutnya adalah share novel buatan Anda ke teman-teman Anda. Entah itu di sekolah, di rumah, atau bahkan di media sosial.

Mintalah saran kepada mereka bagaimana dengan tulisan Anda? Apakah layak untuk di baca atau tidak? Karena komentar pembaca itu sangatlah penting! Jika mereka tertarik, maka mintalah bantuan mereka untuk share tulisan Anda juga. Tapi ingat, jangan nyepam!

Itu adalah 5 tips yang bisa saya berikan untuk Anda yang baru ingin mempublikasikan novel nya di Wattpad. Untuk selanjutnya, saya hanya menyarankan Anda untuk tidak menyerah!

Karena untuk menulis novel di Wattpad dan mendapatkan pembaca itu tidaklah mudah. Kuncinya adalah, tetaplah konsisten melanjutkan cerita Anda, meskipun tidak ada yang membaca.

Mungkin itu akan sangat menjengkelkan. Tapi, bila suatu hari nanti tulisan Anda dilirik oleh orang yang bekerja di media cetak dan tertarik, bisa saja tulisan Anda malah ditawari untuk dicetak.

Karena ada juga yang menulis novel di Wattpad karyanya dibukukan dan di adaptasi ke sebuah film layar lebar. Gimana? Tertarik? Untuk itu, teruslah berjuang!


Loading...

Bagikan

Ahaerudin13

Penulis

Komentar

    Avatar

    Chasby

    ( - 06:35)

    Kalau seandainya nulis novelnya di blog pribadi bagus ga gan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *