Bisnis Online

Tips Sukses Membangun Bisnis Online dengan Perencanaan dari Awal

Halo sobat klikmania, gimana kabarnya semua?, Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit berbagi kepada Anda semua mengenai tips sukses membangun bisnis online. Ini tentunya lebih cocok untuk pemula yang baru ingin terjun ke dunia bisnis online.

Tentunya saat ini bukan hal yang baru lagi, saat kita mendengar ada orang yang menjadi jutawan gara-gara bisnis online. Entah itu mereka yang menjalankan online shop, bisnis affiliate, maupun para pemain PPC. Atau, jenis bisnis online bidang lainnya.

Bagi pemula, membangun bisnis online pastinya bukanlah hal yang mudah, perlu waktu yang tidak sedikit untuk belajar, mencoba, dan jatuh bangun dari kegagalan. Selain kemauan yang keras sukses bisnis online bisa diraih dengan melakukan perencanaan, serta strategi yang matang.

Panduan Tips sukses Membangun Bisnis Online dengan Perencanaan

sukses berbisnis online

Anda tertarik dengan bisnis online serta ingin meraih kesuksesan dalam bidang tersebut? Maka tips suskes menjalankan bisnis online tentu akan menjadi informasi yang sangat penting dan menarik bagi Anda untuk dipelajari. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut.

Menentukan Tujuan

Jika ingin sukses membangun bisnis online, langkah awal yang harus dilakukan yaitu menentukan tujuan. Tanpa tujuan yang jelas, tentu Anda akan mengalami kesulitan untuk mengarahkan usaha online yang akan dijalani tersebut.

Jangan sampai Anda kurang maksimal dalam menjalankan bisnis online, sehingga ketika berada di tengah jalan Anda akan merasa mudah putus asa.

Menentukan Target Pasar

Langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan dalam membangun bisnis online yaitu dengan cara melakukan survey pasar terlebih dahulu.

Loading...

Dalam hal ini, Anda harus menggali informasi seputar produk yang pada saat itu banyak dicari oleh masyarakat. Selain itu, transaksi jual beli online lebih banyak dilakukan oleh mereka yang masih dalam batas usia muda.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui produk apa yang tepat untuk dipasarkan.

Melakukan Persiapan yang Matang

Walaupun terkadang bisnis online hanya dijadikan sebagai pekerjaan sambilan, tetapi persiapan untuk menjalankannya juga tetap harus dilakukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggali minat dan kemampuan Anda. Misalnya Anda sangat gemar memasak, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peluang bisnis.

Jika belum terlalu menguasai bidang tertentu, maka Anda bisa segera mempersiapkannya dengan berlatih secara rutin.

Menentukan Produk yang Tepat

Setelah melakukan survey pasar dan menemukan target yang tepat, selanjutnya Anda harus menentukan untuk menjual produk atau jasa pada bisnis online yang dijalani.

Misalnya Anda memiliki ide untuk membangun bisnis online pada saat menjelang lebaran. Maka langkah yang tepat untuk diambil adalah membuka toko online atau online shop dengan menjual kue kering, mukenah, atau busana muslim.

Selain itu, Anda bisa menentukan produk atau jasa lainnya, sesuai dengan penentuan target pasar yang telah dilakukan sebelumnya.

Membangun Bisnis Online Secara Perlahan-lahan

sukses berbisnis online

Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan berlimpah? Tentu semua orang sangat memimpikan hal tersebut. Namun, hal ini seringkali menjadi pemicu kegagalan seseorang saat menjalankan bisnis online. Karena mereka sangat mengharapkan keuntungan secara instan.

Oleh sebab itu, tips sukses bisnis online yang harus Anda lakukan adalah dengan menjalankannya langkah demi langkah. Tidak perlu terburu-buru, karena kesuksesan memang membutuhkan waktu, uang, serta tenaga.

Usahakan untuk Selalu Fokus

Tips sukses bisnis online selanjutnya yaitu selalu fokus. Dengan menggunakan kunci utama tersebut, Anda akan memiliki perhatian lebih terhadap bisnis online yang sedang dijalani dan profesi tersebut akan terasa ringan dan lebih menyenangkan.

Seringkali para pemula bisnis online mengalami kegagalan karena goyah dengan berbagai macam godaan akibat kurang fokus dengan bisnis yang sudah dijalaninya tersebut.

Padahal dengan berganti-ganti bidang bisnis dan tidak mempunyai pendirian, justru dapat menunda keberhasilan yang sebenarnya sudah berada di depan mata.

Berani Mengambil Resiko

Bukan seorang pengusaha sejati jika takut gagal. Ya, jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam dunia bisnis, sebaiknya segera membuang jauh rasa takut untuk mengalami kegagalan.

Anda harus bisa mengubah maindset tentang resiko bisnis online, bahwa semua itu sebenarnya hanya sebuah tantangan yang masih sangat bisa untuk dilewati.

Dengan begitu, berbagai macam resiko yang kemungkinan akan terjadi dapat Anda jadikan sebagai sebuah pengalaman dan waktu untuk terus belajar dan memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan.

Selalu Berdoa

Dalam semua hal, sebaiknya Anda senantiasa mengiringinya dengan ucapan doa. Siapa yang bisa melawan takdir Sang Maha Kuasa, terutama dalam hal pemberian rejeki.

Sekuat apa pun usaha yang telah Anda lakukan, tentu akan terasa sia-sia jika semua itu tidak diiringi dengan doa serta rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

Jangan Pernah Menunda

Musuh besar yang harus Anda lawan saat membangun bisnis online maupun offline adalah rasa malas. Jika lebih berpihak pada rasa malas, sebiknya Anda bersiap-siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada kesuksesan.

Sebab, diawali dengan rasa malas, Anda akan terus menunda pekerjaan, sehingga hasil yang diharapkan juga tak kunjung datang.

Nikmatilah bisnis yang Anda jalani, walaupun pada awal langkah memang terasa berat, tetapi Anda harus ingat bahwa kesuksesan tentu dapat diraih jika dilandasi dengan ketekunan.

Pantang Menyerah

Selain berani mengambil resiko serta menghindari ralsa maas, cara sukses membangun bisnis online berikutnya yaitu dengan menghindari kata menyerah.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa bisnis online akan memiliki sejuta tantangan. Tetapi hal tersebut sebaiknya tidak dijadikan sebagai alasan untuk mudah menyerah begitu saja.

Lakukan evaluasi secara berkala untuk memperbaiki bisnis online yang sudah Anda jalani. Karena hanya orang-orang rajin yang dapat menikmati manisnya sebuah usaha.

Menciptakan Kreativitas yang Tinggi

Ide kreatif sudah menjadi syarat mutlak dan wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis, baik online maupun offline. Kreatiftas tersebut dapat diterapkan dalam hal pemasaran, pembuatan produk, jalinan kerjasama, dan berbagai tindakan lainnya.

Hal tersebut tak lain adalah untuk meningkatkan kesuksesan serta kelancaran dari bisnis yang sedang Anda jalankan.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Transaksi secara online memang membutuhkan kepercayaan tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus mampu memberikan pelayanan yang baik agar klien lebih yakin saat menjalin hubungan kerjasama dengan Anda.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara menampilkan foto-foto asli dari produk yang Anda pasarkan, menampilkan testimoni, atau merespon dengan cepat setiap memberikan pelayanan pada pelanggan.

Jenis Bisnis Online yang Sedang Populer

sukses berbisnis online

List Building atau Membangun List

Jenis bisnis online yang satu ini juga terbukti mampu memberikan keuntungan dengan nominal cukup besar. Anda harus bisa mengumpulkan identitas orang dalam jumlah banyak, yaitu dalam bentuk nama serta alamat email.

Bisnis online yang satu ini bisa dilakukan dengan cara mencantumkan sesuatu yang mampu menarik banyak perhatian publik. Misalnya dalam bentuk penawaran eBook menarik secara cuma-cuma yang mengharuskan siapapun untuk mencantumkan nama serta alamat email terlebih dahulu.

Tujuan dari list building sendiri adalah untuk mendekatkan Anda pada para pengunjung yang nantinya akan menjadi konsumen. Jadi, list building sangat penting dilakukan untuk melakukan promosi seluas mungkin.

Untuk membuat mereka tertarik dan bersedia mengisi nama serta alamat email, Anda tidak perlu pusing memikirkan sesuatu yang bisa ditawarkan. Anda hanya perlu lebih teliti untuk mencari berbagai macam produk yang berkualitas serta gratis dan dapat dipasarkan kembali secara cuma-cuma.

Sebagai Blog Flipping atau Menjual Blog

Bagi Anda yang sangat menyukai bidang ini, menjalani profesi sebagai blog flipping adalah salah satu pilihan yang juga dapat memberikan keuntungan menggiurkan.

Banyaknya situs-situs serta blog yang tersedia di Internet ternyata dapat Anda jadikan sebagi peluang bisnis online. Di antara semua blog tersebut, tentu masih ada banyak pemilik yang tidak membuatnya sendiri.

Tanpa kemampuan lebih pada bidang tersebut, mereka pastinya akan membutuhkan jasa dari para pembuat blog. Blog ataupun website yang disediakan sudah dalam keadaan layak pakai dan memiliki banyak pengunjung.

Penawaran harga dari blog yang sudah jadi tersebut juga bervariasi dan tentunya Anda hanya membutuhkan modal berupa keahlian dalam bidang tersebut.

Membuat Theme

Template atau theme merupakan tampilan dari website atau blog yang terlihat sangat bervariasi dan menjadi bagian penting untuk menambah sisi menarik dari situs tersebut.

Banyaknya kalangan yang mulai berlomba-lomba untuk membuat situs online, baik berupa website ataupun blog, ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yaitu dengan berprofesi sabagai pembuat serta penjual theme.

Hanya dengan kreatifitas yang tinggi dan modal ilmu, Anda sudah bisa meraih keuntungan sangat banyak melalui bisnis online tersebut.

Membuat Sekaligus Menjual Software

Jika memiliki kemampuan lebih dalam bidang tersebut, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai ide cemerlang yang sangat baik untuk menghasilkan uang melalui Internet.

Menciptakan sebuah software untuk menyelesaikan program tertentu pasti akan sangat memberikan manfaat bagi siapapun sehingga mereka akan menggunakan software yang Anda buat.

Pay Per Post atau Menulis Review

Nah, bagi Anda yang sangat gemar menulis, tentu bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk dijalani. Anda hanya perlu mendaftar sebagai seorang penulis lalu menerbitkan sebuah karya tulis di website atau blog milik Anda.

Setelah hasil kerja Anda dipost, maka Anda akan mendapatkan komisi. Penawaran paid per reviee saat ini sangat banyak Anda jumpai, terutama dengan skala Internasional.

Beberapa perusahaan pay per post lokal yang bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis online ini yaitu reviewMu, adreviewcamp, dan masih banyak lainnya.

Mendirikan Oline Shop atau Toko Online

Bisnis online yang paling populer adalah mendirikan toko atau seringkali disebut dengan online shop. Walaupun Anda harus bisa menjalin rasa kepercayaan dengan konsumen, tetapi jenis bisnis online yang satu ini rupanya sudah banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Transaksi jual beli yang tidak dilakukan secara langsung memang menjadi salah satu halangan yang akan Anda jumpai saat membangun bisnis online ini.

Untuk produk yang disediakan, Anda bisa memproduksinya sendiri atau dengan cara menjual hasil produksi orang lain. Dengan kata lain, Anda akan berperan sebagai reseller atau dropshiper.

Reseller dapat dilakukan dengan cara membeli produk di penyedia barang yang kemudian Anda jualkan kembali dengan mengambil keuntungan sesuai keinginan.

Sedangkan dropshiper merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuka online shop tanpa modal. Sebagai dropshiper, Anda hanya perlu mempromosikan barang dari pihak penyedia barang, baik melalui jejaring sosial, blog, maupun website.

Setelah ada pembeli dan mentransfer biayanya ke rekening Anda, tugas selanjutnya adalah menghubungi pihak penyedia barang untuk segera mengirimkan barang ke klien Anda tersebut.

Menulis Artikel

Jika Anda sangat gemar dengan dunia tulis menulis, terutama artikel, maka peluang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis online.

Profesi sebagai penulis artikel saat ini cukup laris di dunia maya dan sangat banyak para pemilik website yang mencari penulis handal untuk situs milik mereka.

Tidak hanya situs besar, mereka yang baru merintis juga sangat membutuhkan penulis-penulis handal. Walaupun memang cukup sulit dan butuh keahlian khusus, nyatanya bisnis online yang satu ini sudah terbukti mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Referensi lain : Peluang Bisnis Properti Perumahan yang Dapat Anda Coba

Kelebihan Membangun Bisnis Online

Pada dasarnya bisnis online dan offline memang memiliki prinsip yang sama, yaitu untuk menjual barang atau jasa pada para konsumen. Hanya saja jika dijalankan secara online, transaksi jual beli tidak dilakukan secara langsung.

Selain itu, bisnis online juga tersedia dalam berbagai macam bentuk, selain dalam bidang perdangan. Dalam menjalankan profesi ini, tentu Anda akan merasakan keuntungan, seperti :

Tidak Terikat dengan Waktu dan Tempat

Tentu Anda sudah memahami bahwa bisnis online memang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Anda tidak perlu bergantung dengan jadwal kerja yang mengikat layaknya pegawai kantor.

Sebagai seorang pengusaha, tentu Anda bebas menentukan jam kerja sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Menghasilkan Income yang Lebih Besar

Jika dibandingkan dengan bisnis secara offline, usaha yang dijalankan di dunia maya ini terbukti mampu memberikan penghasilan yang jauh lebih besar.

Pasalnya, beberapa perusahaan online akan membayar dengan mata uang dollar yang tentunya akan bernilai cukup tinggi jika dikonversikan menjadi rupiah.

Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil atau Tanpa Modal

Ya, saat ini bisnis online memang sudah tersedia dalam banyak pilihan. Di antara semua pilihan tersebut, tak jarang Anda juga akan menjumpai bisnis online yang tidak membutuhkan modal atau dengan nominal yang sangat minim.

Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri dari bisnis online yang tidak dimiliki oleh jenis bisnis offline.

Memiliki Potensi Pasar yang Luas

Bisnis secara online memiliki potensi pasar yang luas. Karena dengan media Internet, tentu Anda akan lebih mudah menjangkau banyak konsumen. Tidak hanya di wilayah sekitar, melainkan hingga mencapai seluruh dunia.

Rintangan yang Sering Dialami oleh Pelaku Bisnis Online

sukses berbisnis online

Bukanlah suatu kekurangan, tetapi banyak pelaku bisnis online yang akan merasakan beberapa kendala di bawah ini ketika sedang menjalaninya.

Tidak Mengenal Dunia Teknologi dengan Baik

Salah satu halangan yang serigkali terjadi dalam dunia bisnis online adalah kurangnya pengetahuan serta kemampuan seseoragn dalam dunia teknologi, terutama dengan Internet.

Hal ini tentu menjadi penghalang utama yang dapat membuat seseorang menyerah sebelum membangun bisnis online. Padahal tanpa kemampuan lebih, tentu semua orang dapat menguasai bidang ini jika mau berusaha mempelajarinya.

Ingin Mendapatkan Hasil yang Instan

Ketika membangun bisnis online, terkadang seseorang lupa bahwa suatu usaha tentu tidak dapat memberikan hasil yang instan. Hal ini seringkali menjadi kendala karena menganggap bisnis di Internet memberikan laba yang lambat.

Padahal, bisnis online memang memiliki prinsip yang sama dengan bisnis offline. Tentu Anda tidak akan meraih banyak keuntungan jika menjalankan bisnis online dengan santai.

Proses yang Sama dengan Bisnis Offline

Ketika membangun bisnis online, pada dasarnya Anda juga tetap harus menghasilkan suatu produk atau jasa, melakukan pemasaran, hingga menjual produk dan jasa tersebut.

Yang membedakan hanyalah media pelaksanaannya yang cenderug dilakukan tanpa melakukan pertemuan secara langsung, anata pembeli dan penjual.

Demikian artikel tentang tips sukses membangun bisnis online. Semoga bisa menjadi referensi yang berguna buat pembaca semua..



Loading...

Baca selengkapnya

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Emang untuk membangun bisnis online itu harus benar-benar fokus, sebab kalau tidak fokus akan sulit untuk sukses. Mas Gani satu yang saya mau nanya agak di luar konteks, ini pakai template apa Mas, Saya suka banget templatenya. Ini premium atau yang free Mas. Makasih ya Mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *