Video Editor Online Gratis yang Harus Kamu Ketahui dan Coba

Video Editor Online Gratis – Keahlian di bidang menulis, desain hingga video editing harus terus diasah agar semakin tajam dan benar-benar menjadi keahlian utama.

Saat ini untuk mengasah keahlian ada banyak sekali caranya, antara lain adalah belajar lewat internet. Khusus untuk video editing, kamu mungkin bisa mencoba beberapa video editor online gratis untuk proses belajar.

Mengapa harus video editor online gratis? Karena selain tidak berbayar, pengoperasiannya sangat mudah dan tidak membingungkan, terutama untuk kamu yang masih baru dalam urusan video editing.

Penasaran, apa saja video editor online gratis itu? Silahkan menyimak ulasan berikut ini!

Buat Apa Belajar Video Editing?

Beberapa tahun silam, keahlian video editing mungkin masih dianggap sebelah mata oleh sebagian kalangan. Namun, setelah perkembangan teknologi semakin pesat, keahlian ini seolah menjadi langka dan mahal, karena banyak orang yang mencarinya.

video editor online gratis

Gambar diatas adalah salah satu bukti, dimana kemampuan video editing memang benar-benar dicari oleh orang lain. Selain itu, faktor tenarnya Youtube di tanah air juga menjadi salah satu penyebab mengapa kemampuan video editing menjadi laris manis.

Kalaupun kamu tidak mendapatkan pekerjaan dari orang lain, setidaknya kemampuan video editingmu bisa diterapkan dengan membuat channel Youtube sendiri, kemudian memonetisenya dan mendapatkan dollar dari Google Adsense tiap bulannya.

Bagaimana, menurutmu penting atau tidak belajar video editing? Jika penting, mungkin kamu bisa mencoba beberapa video editor online gratis dibawah ini, sebelum nantinya beralih ke versi profesional.

Dan berikut ini adalah beberapa video editor online gratis yang bisa kamu coba:

1. Wevideo

Situs yang satu ini memungkinkan kamu mengedit dan membuat video dengan cara yang mudah dan sederhana. Disini kamu bisa mengontrol bagian video yang akan diberi efek transisi, gerakan cepat atau lambat, dan beberapa efek lainnya.

video editor online gratis

Gambar: Wevideo

Menggunakan Wevideo:

1. Kunjungi langsung situs resminya di Wevideo.com.

2. Lakukan pendaftaran atau masuk dengan Facebook, apabila ingin cepat masuk.

3. Pilih “Create New,” dan silahkan kamu upload gambar atau video yang ingin di edit.

4. Gambar diatas adalah fitur graphics. Tentu kamu bisa memakai fitur lain dan silahkan menjelajahi fitur-fitur yang ada di Wevideo.

2. Magisto

Ketika menggunakan Magisto, kamu akan disuguhi tampilan web yang sederhana dan tidak membingungkan. Setelah itu, kamu akan ditunjukkan langkah-langkah penggunaannya dalam membuat video. Penasaran? Silahkan kamu coba sendiri.

video editor online gratis

Gambar: Magisto

Menggunakan Magisto:

1. Kunjungi langsung situs resminya di Magisto.com.

2. Login dengan Facebook agar proses masuk lebih cepat.

3. Pilih “Start Here,” Kemudian kamu tinggal upload file.

4. Untuk file foto minimal kamu harus upload 5 foto, adapun untuk file video kamu cukup upload minimal 1 video.

5. Setelah semua proses selesai, silahkan kamu klik “Make My Movie” dan video sudah jadi.

6. Penggunaan Magisto tergolong mudah, karena kamu akan dituntun step by step.

3. Coub

Jika kamu memiliki beberapa video lucu dan hendak menjadikannya sebagai satu kesatuan, mungkin bisa menggunakan Coub. Mengapa harus Coub? Karena video editor yang satu ini memang berfungsi untuk meremix video.

video editor online gratis

Gambar: Coub

Menggunakan Coub:

1. Kunjungi langsung situs resminya di Coub.com.

2. Seperti biasa, silahkan kamu login dengan Facebook, Twitter, email atau nomor HP.

3. Ikuti 3 channel, kemudian pilih create.

4. Kamu bisa pilih link, video atau web camera. Setelah itu, kamu bisa mengambil 10 video untuk dijadikan video remix.

5. Ketika menggabungkan video satu dengan video lainnya, kamu harus memperhatikan ketepatan waktu agar video menjadi sempurna.

4. Video Cutter

Dari namanya saja, kamu pasti sudah mengetahui apa fungsi utama dari Video Cutter. Jadi, jika kamu memiliki video yang terlalu panjang dan memang ingin memotongnya, maka menggunakan Video Cutter adalah solusi yang tepat.

video editor online gratis

Gambar: Video Cutter

Menggunakan Video Cutter:

1. Kunjungi langsung situs resminya di Online-video-cutter.com.

2. Berbeda dengan situs sebelumnya, dimana kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Maka di situs ini, kamu bisa langsung menggunakannya.

3. Selain itu, file kamu yang berada di Google Drive juga bisa langsung dibuka.

4. Jangan lupa menggunakan fitur-fitur lain yang ada di Video Cutter, seperti:

  • Audio cutter.
  • Audio cutter pro.
  • Audio converter.
  • Konverter audio.
  • Audio joiner.
  • Voice recorder dan beberapa fitur lainnya yang bisa kamu jelajahi.

5. Dan yang paling penting adalah penggunaan Video Cutter gratis atau tidak ada versi upgrade untuk memakai fitur-fitur yang ada didalamnya.

5. Imgur

Imgur adalah situs yang bisa membantumu untuk mengubah video online menjadi format GIF. Dalam pengoperasiannya sangat mudah, dimana kamu cukup menempel URL sumber video dan menyeret slider untuk posisi start.

video editor online gratis

Gambar: Imgur

Menggunakan Imgur:

1. Kunjungi langsung situs resminya di Imgur.com.

2. Kamu bisa login terlebih dahulu atau tidak sama sekali.

3. Paste URL video yang ingin dijadikan GIF. Setelah itu, seret slider untuk mulai membuat GIF.

4. Setelah menentukan posisi start, kamu bisa menambahkan sebuah teks. Namun, itu hanya bersifat opsional dan tergantung selera masing-masing.

5. Semua sudah oke, maka langkah selanjutnya adalah “Create GIF.”

Menggunakan Clip Converter:

1. Untuk menyimpan video GIF tadi, kamu bisa klik “Copy.” Kemudian, silahkan buka clipconverter.cc untuk proses download.

2. Copy-an URL tadi, silahkan kamu tempel di Video URL to Download.

3. Setelah itu klik “Continue,” kemudian pilih format GIF atau Mp4 di Detected Media.

4. Klik “Start” dan “Download.”

5. Video yang dibuat tadi sudah tersimpan di komputermu.

Video Editor Online Gratis Mana yang Kamu Pilih?

Menurut kamu video editor yang paling mudah dan enak digunakan untuk belajar nomor berapa? Mungkin akan muncul sebuah pertanyaan “Mengapa fiturnya tidak lengkap?”

Jawabannya adalah hampir semua aplikasi gratis memang tak memberikan fitur-fitur yang lengkap atau keren, karena apabila semua fitur yang lengkap itu bersifat gratis tentu akan membuat rugi sang developer.

video editor online gratis

Gambar: Kok Bisa?

Gambar diatas adalah sampul Youtube dari channel Kok Bisa?. Channel yang satu ini, setidaknya sudah menginspirasi banyak orang untuk memulai karir di Youtube, terutama untuk mereka yang sudah mahir dalam urusan video editing.

Jika kamu sudah mahir dalam urusan video editing dan seluk beluknya, tentu akan lebih mudah dalam membangun sebuah channel Youtube dan membangun karir.

Mari kita ambil contoh lagi, dimana Calon Sarjana atau Youtubers lain yang bermodalkan keahlian video editing, kemudian ditambah materi konten yang menarik, sekaligus suara yang khas mampu mendulang dollar dari Google Adsense.

Jadi, sekarang kamu sudah tahukan jika belajar video editing itu penting. Selain memudahkan seseorang untuk mencari kerja, keahlian yang satu ini juga bisa diandalkan untuk berdikari.

Kesimpulan

Pada pembahasan diatas terdapat beberapa fitur, seperti memotong video, menggabungkan video dan fitur lainnya. Jangan sampai fitur-fitur yang sudah disediakan tadi, kamu gunakan untuk memotong video orang lain, seperti Youtube, kemudian kamu gunakan untuk di upload ulang.

Hal ini penting untuk disampaikan, karena ini adalah masalah hak cipta dan sesama pengguna internet sudah seharusnya memperhatikan hal tersebut.

Baca: 5 Aplikasi Video Editor Android Terbaik paling Recomended

Itulah tadi pembahasan yang bisa disampaikan. Semoga melalui ulasan yang ringkas ini, kamu semakin bersemangat untuk belajar video editing dan meraih jalan sukses untuk kedepannya.

Bagikan

Related Posts

About The Author

3 Comments

Add Comment

shares