Internet

Top 10 Website Penyedia Font Gratis untuk Membuat Desain Jadi Lebih Menarik

Sebagai pengguna aktif komputer dan internet, saya sering mencari variasi font gratis di internet. Saya butuh variasi bentuk huruf/angka (font) yang unik untuk nulis, buat watermark di foto, untuk blog, dan untuk keperluan lain. Font standar yang ada di windows kadang membuat saya bosan.

Setelah browsing, saya menemukan ada puluhan ribu variasi font di internet. Ada font gratis, ada juga font berbayar. Setelah dapat font gratis, kenapa juga saya mau cari yang berbayar?

Baca juga8 Situs Pembuat Infografis Gratis untuk Membuat Desain Semakin Keren

Tapi memilih font gratis tidak semudah itu. Ada website yang berbagi font gratis untuk penggunaan pribadi dan komersil, ada juga yang hanya bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi. Tapi yang harus diwaspadai adalah website yang berbagi font gratis untuk memasukkan virus ke komputer.

10 Daftar Website Penyedia Font Gratis

Saya ingin berbagi daftar website penyedia font gratis yang bisa anda download dengan mudah. Anda bisa yakin bahwa 10 website ini aman dan tidak akan membawa virus ke komputer anda.

  1. 1001 Free Fonts

Walau namanya 1001 Free Fonts, tapi website ini memiliki koleksi sekitar 29.000 jenis font yang bisa didownload gratis. Semua font ini dibagi menjadi beberapa kategori untuk memudahkan pencarian.

Sebelum download, anda bisa melihat preview font yang disesuaikan berdasarkan variasi ukuran. Hal ini untuk memastikan bahwa anda memilih jenis font yang tepat.

Loading...

Saking banyaknya koleksi font di website ini, anda mungkin akan kembali lagi dan lagi untuk download semua jenis font yang menarik bagi anda.

  1. dafont.com

dafont.com merupakan salah satu website terbaik penyedia font gratis karena punya banyak koleksi font, dan interface laman website sangat memudahkan pengguna untuk mendapatkan jenis font yang diinginkan.

Ribuan jenis font unik dimasukkan ke dalam beberapa kategori, supaya pengguna mudah mencarinya, baik untuk kebutuhan umum ataupun untuk kebutuhan tertentu. Fitur preview juga mudah digunakan, dan proses download bisa dilakukan dengan cepat.

  1. Font Squirrel

Koleksi font dari Font Squirrel memang tidak sebanyak 1001 Free Fonts atau dafont.com, tapi bagian terbaik dari website Font Squirrel adalah semua font yang mereka bagikan 100%  gratis untuk penggunaan pribadi maupun penggunaan komersil.

Kalau anda seorang desainer yang membutuhkan font untuk proyek komersil, maka Font Squirrel bisa jadi sumber font terbaik bagi anda. Bisa yakin bahwa anda tidak akan terbentur masalah lisensi atau hak cipta font.

Di Font Squirrel juga terdapat fitur preview yang bisa menampilkan bentuk font saat diaplikasikan pada website/internet.

  1. FontSpace

Lebih dari 35.000 koleksi font gratis yang ada di FontSpace merupakan hasil desain pengguna FontSpace dari  seluruh dunia. Anda juga bisa upload dan sharing font buatan anda, kalau mau.

Banyak desain font mengagumkan di FontSpace, apalagi font hasil desain orang Indonesia, seperti font Aceh Darusalam di atas. Abjad hijaiyah yang dimodifikasi menjadi abjad latin.

FontSpace memiliki fitur preview yang memungkinkan pengguna untuk melihat beberapa preview font sekaligus. Proses download juga cepat. Lisensi tiap font beda-beda, tapi banyak yang gratis untuk penggunaan pribadi maupun komersil.

  1. UrbanFonts

Sangat mudah memilih font di UrbanFonts, karena mereka sudah mereka sudah memisahkan jenis font sesuai kategori. Bahkan ada kategori top 100, favorite editor. Ada pula fitur tags yang ada di bawah laman untuk memudahkan mencari font jenis tertentu.

Fitur preview di UrbanFonts dilengkapi dengan background berwarna, sehingga pengguna bisa melihat desain font lebih jelas sebelum didownload. Proses sangat mudah dan cepat, tanpa basa-basi. Jadi jangan asal klik ‘download’ kalau belum yakin waktu pilih font.

UrbanFonts juga punya banyak koleksi dingbat atau icon yang bisa didownload gratis.

  1. Fontstruct

Fontstruct sebenarnya adalah website penyedia font maker, yang bisa digunakan gratis untuk membuat font dengan mudah. Desainer pengguna Fontstruct kemudian membagikan font hasil desain mereka di website Fontstruct.

Bisa dibilang, Fontstruct adalah tempat berkumpulnya pembuat dan pengguna font. Pengguna bisa belajar mendesain font, berbagi info soal font, dan tentu saja berbagi font hasil kreasi sendiri.

Fontstruct punya banyak pengguna dari seluruh dunia, dan punya banyak koleksi font yang mereka bagikan secara gratis. Koleksi font yang ada di Fontstruct sangat unik, berbeda dengan font yang ada di website lain.

  1. Acid Fonts

Acid Fonts menyediakan banyak kategori font yang bisa didownload gratis. Anda bisa mencari font yang diinginkan dengan cara browsing, atau ketik keywords di kotak search kalau ingin lebih cepat.

Laman preview font sangat sederhana, tidak ada character map dan background warna. Sehingga cocok untuk anda yang ingin mencari font dengan cepat.

  1. FontZone

FontZone punya lebih dari 50.000 koleksi font gratis, yang dibagi menjadi puluhan kategori. Seperti kategori 3D, architecture, shadow, standar, handwriting, sampai kategori logo.

Anda bisa menemukan font dengan mudah karena ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencari font: berdasarkan kategori abjad, kategori jenis, popularitas, atau dengan cara memasukkan keyword tertentu di kotak search.

Anda bisa melihat preview dari semua font yang anda pilih sebelum didownload, supaya anda tidak salah pilih font.

Tidak wajib register untuk bisa download font di FontZone, tapi kalau anda mau register jadi member, silahkan saja.

  1. Abstract fonts

Abstract fonts memiliki lebih dari 13.800 jenis font yang di-upload dan di-share oleh desainer dari seluruh dunia. Dan koleksi font mereka terus bertambah setiap hari. Semua font bisa dicari berdasarkan kategori popularitas, terbaru, atau berdasarkan nama desainer.

Font yang ada di Abstract fonts umumnya bisa dipakai untuk penggunaan pribadi maupun komersil. Klik font yang diinginkan untuk melihat preview, detail, dan character map font. Semua proses preview, detail, hingga download bisa dilihat di satu laman sederhana dan cepat.

Tidak wajib register jadi member di Abstract fonts untuk bisa download font. Tapi ada keuntungan yang bisa didapat kalau jadi member, yaitu bisa download 100 font sekaligus dalam satu zip file. Ini bisa menghemat waktu dan proses download. Tidak perlu bayar untuk jadi member, semuanya gratis.

  1. Fawnt

Fawnt menyediakan koleksi lebih dari 9.300 font gratis dengan kualitas bervariasi, dari yang sangat bagus sampai yang tidak cukup bagus.

Font bisa dicari berdasarkan kategori jenis, popularitas, atau yang terbaru. Setiap font juga bisa di-preview, dan tersedia fitur custom text di laman preview untuk membantu anda memilih font.

Catatan:

Baca lisensi dari masing-masing font yang akan dipilih. Ada yang hanya untuk personal use, ada juga yang bisa untuk commercial use. Lisensi biasanya disebutkan di samping masing-masing font dekat nama desainer atau tombol download.

Kalau anda butuh font untuk proyek komersil, pastikan anda hanya download font yang berlisensi commercial use. Jangan sampai anda digugat melanggar hak cipta gara-gara salah download font.



Loading...

Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *