Internet

10 Aplikasi Chatbot Terbaik di Android yang Unik dan Wajib Dicoba

Aplikasi chatbot terbaik – Beberapa dari kita mungkin tidak asing lagi dengan Chatbot, tetapi belum tentu demikian buat yang lain. Chatbot merupakan program komputer yang mensimulasikan percakapan. Program yang termasuk kecerdasan buatan (AI) ini akan berinteraksi menjawab pertanyaan.

Kemajuan besar dalam kecerdasan buatan, machine learning, dan big data analytics jadi perubahan yang dramatis dalam sikap manusia kepada aplikasi chatbot. Kombinasi dari ketiga unsur tersebut menunjang perkembangan teknologi di dunia industri.

Chatbots AI modern hadir dalam beragam format, mulai dari aplikasi smartphone mandiri sampai aplikasi chat yang terintegrasi ke jaringan sosial, dan pemakaiannya bervariasi.

Chatbots mewakili era baru bagaimana orang berkomunikasi, mengakses berita, dan buat keputusan.

Keunggulan dan Kekurangan Aplikasi Chatbot

Keunggulan

Ada keunggulan yang dapat kita peroleh dari oleh chatbot :

1. Lebih fast respon dalam berinteraksi dengan konsumen

Saat konsumen mau menanyakan sesuatu hal melalui situs, robot ini dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini pastinya akan disenangi oleh konsumen juga.

2. Sistem 24 Jam

Bila memakai manusia dalam urusan customer service seperti ini, kadang kala ada kendala yang didapat seiring pengoperasian, terutama jam kerja.

Tetapi lain dengan chatbot sebab teknologi ini tidak pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, dapat langsung dijawab.

3. Kemudahan untuk bisnis

Kelebihan chatbot juga pastinya dinikmati oleh pihak pebisnis. Mereka tak perlu lagi berurusan dengan manusia yang kadang kala mengalami permasalahan.

Sedangkan yang namanya pebisnis, pastinya berharap memperoleh kinerja terbaik. Dengan teknologi robot, urusan customer service menjadi gampang.

Kekurangan

Disamping ada keunggulan yang dimiliki chatbot, tentunya juga ada kekurangannya seperti:

1. Mematikan peran customer service

Lapangan kerja yang lazim dilakukan oleh manusia ini pastinya akan perlahan-lahan mati saat teknologi mulai masuk. Yang umumnya diisi manusia, sekarang diisi oleh robot.

Dan itu merugikan dari pihak yang berprofesi di bagian customer service sebab berpotensi kehilangan pekerjaan.

Baca juga : Robot Menggantikan Pekerjaan Manusia, 6 Teknologi Ini Kelewat Canggih

2. Tidak dapat menjawab semua keluhan

Di dalam melakukan bisnis, pasti ada saja persoalan yang menimpa konsumen dan minta pertanggung jawaban.

Sayangnya saat berhubungan dengan chatbot, terkadang apa yang diharapkan oleh konsumen tak dapat dijawab dan dipenuhi olehnya sehingga kurang memberikan rasa puas dan bahkan bisa menambah persoalan baru.

aplikasi chatbot terbaik

Rekomendasi Aplikasi Chatbot Terbaik di Android

Teknologi aplikasi chatbot terus berubah, tumbuh lebih besar dan lebih besar lagi tiap harinya. Facebook Messenger sendiri telah mempunyai lebih dari 30.000 bot, dan aplikasi instant messaging populer lainnya juga tidak mau ketinggalan.

Ada sebagian bot yang sukses mewujudkan dirinya sebagai chatbots terbaik yang ada. Berikut ini 10 aplikasi chatbot AI terbaik di perangkat Android yang paling menjanjikan sekarang ini dan dimasa depan.

1. Duolingo

Duolingo adalah platform dan layanan pelajaran bahasa yang populer dimana sudah menolong jutaan pengguna di penjuru dunia mempelajari bahasa baru dan terhubung dengan orang lain.

Duolingo baru saja meningkatkan kemampuan pelajaran bot mereka dengan merilis tutor bahasa virtual yang diciptakan untuk menolong peserta didik berlatih tanpa tekanan.

Bot Duolingo terus berkembang menjadi lebih bagus lagi seiring waktu ketika pengguna berbicara dengan mereka. Meski AI yang mereka miliki masih jauh dari AI terbaik yang ada, tetapi seiring berjalanya waktu kemungkinan besar mereka akan menyamai level kemampuan AI terbaik lainnya.

2. Dinner Ideas

Gaya hidup modern yang kita jalani terkadang menjadikan kita susah memasak makanan sehat secara teratur. Kebanyakan orang makan makanan kemasan, beku atau mengorder makanan fastfood yang murah.

Untungnya, ada Dinner Ideas, chatbot untuk Facebook Messenger yang dapat memberi rekomendasi resep yang lengkap.

Untuk memakai bot ini, kita cukup memberi tahu setidaknya satu item grocery, dan bot akan mengurus sisanya untuk kita. Berbicara dengan buku resep online tidak cuma menyenangkan namun juga bermanfaat.

3. Luka

Luka merupakan salah satu aplikasi chatbot terbaik. Siapa saja bisa mengunduhnya dari App Store dan memakainya untuk merencanakan wisata dan makan malam bersama sahabat, selalu up to date dengan informasi terkini, melihat saran hasil personalisasi pada peta, dan banyak

lagi lainnya.

4. Cleverbot

Tak ada yang lebih bagus bagaimana mengawali daftar aplikasi chatbot AI terbaik ini dengan sesuatu yang berkaitan dengan percakapan manusia.

Cleverbot hampir mendekati sempurna ketika tes Turing pada festival Techniche 2011, dengan cuma mempunyai sekian persen perbedaan jika dibanding dengan percakapan asli manusia.

Pria di balik aplikasi bot chat ini merupakan seorang ilmuwan dari Inggris “Rollo Carpenter”. Berdasarkan prediksi banyak pihak, Cleverbot sudah menjalankan lebih dari 200 miliar percakapan.

Bot ini memakai tiap percakapan untuk mempelajari lebih banyak lagi dan melakukan perbaikan responsnya. Cleverbot bisa diakses lewat website atau didodwonload sebagai aplikasi smartphone iOS, Android, dan Windows Phone.

5. ChatterBot

Dipakai untuk menciptakan respons otomatis kepada usulan pengguna, ChatterBot berisi library Python yang membuatnya gampang bagi pengembang aplikasi untuk buat bot chat sendiri.

Aplikasi AI yang dihasilkan dengan memakai ChatterBox bisa dilatih untuk berdialog bahasa apa saja. Aplikasi AI ini secara natural akan menjalankan perbaikan secara otomatis sepanjang waktu tanpa coding atau update.

Yang buat ChatterBot ini hebat daripada library lain yang dipakai untuk aplikasi AI, yaitu tutorial onlinenya yang besar dan gampang dipahami.

Pengembang yang relatif tak berpengalamanpun bisa dengan cepat belajar bagaimana buat chatbot cerdas yang hampir tak bisa dibedakan dengan manusia.

6. Prisma

Prisma sudah menempatkan dirinya dijajaran aplikasi chatbot terbaik sesudah membuat fotografi digital kembali menyenangkan.

Bot ini menawarkan alternatif filter foto yang cukup banyak yang bisa diterapkan cuma dengan mengirimkan gambar kita ke bot lewat Telegram dan memberitahunya seputar apa yang seharusnya dilakukan.

Bot ini juga tersedia sebagai aplikasi ponsel. Aplikasi ini menambahkan fitur pratinjau yang bermanfaat dimana memungkinkan kita melihat beberapa flter secara berbarengan.

7. SimSimi: TrollBot

Chatbot ini banyak diberi pengaruh oleh troll internet dan meme. Tetapi hal ini membuat dialog dengan bot menjadi lebih menghibur.

Aplikasi ini juga menyaring bahasa kotor, kasar atau yang berpotensi eksplisit dan mesti mengkliknya untuk mengetahui keseluruhan kata.

Fitur lainnya yakni memilih untuk mengajarkan SimSimi bagaimana merespons pernyataan tertentu.

8. A-Bot: SassBot

Aplikasi ini memungkinkan untuk berbicara dengan dua bot lanjutan kalau kita bosan. Tetapi, A-Bot ternyata lebih tua dan lebih cerdas dari SimSimi dan tak kasar.

Bot juga merespons kritik terhadap kata-katanya dengan kata-kata lain. Dari seluruh chatbot dalam daftar ini, A-Bot sepertinya yang paling menghibur.

9. Hipmunk

Hipmunk merupakan perusahaan perjalanan online yang berkantor di San Francisco yang didirikan oleh Adam Goldstein dan Steve Huffman.

Hipmunk sukses mengikuti arah perkembangan zaman dengan bersentuhan dengan inovasi teknologi. Asisten bot chat dengan AI dari Facebook Messenger, Slack, dan Skype merupakan implementasi kongkret dari Hipmunk untuk teknologi.

Bot Hipmunk memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan seperti “kapan waktu terbaik untuk pergi ke New York dari New Jersey?” Atau “apa hotel termurah di San Francisco?”.

Hipmunk juga bisa berjalan dalam obrolan grup, pengguna bisa dengan gampang merencanakan perjalanan keluarga secara bersama-sama tanpa mesti meninggalkan room chat.

10. Mona

Mengingat bahwa Mona merupakan salah satu assiten belanja pribadi populer sekarang ini, mungkin tak akan mengagetkan kita untuk mengetahui bahwa Mona dibuat dan dikembangkan oleh eks karyawan Amazon.

Seperti apa yang sudah ditulis oleh Tech Crunch, “Mona mengambil langkah maju dengan fitur yang mereka sebut ‘Missions’. Mona memikat toko online dengan produk yang memenuhi kriteria tertentu, menurut variasi produk, gaya, harga, dan lainnya.”

Mona sekarang bekerjasama dengan lebih dari 300 retailer dan jumlah mereka terus bertambah besar tiap harinya. Terutamanya, Mona mempunyai 20 promo terbaik dan diskon tiap hari. Dengan demikian, kita dapat menghemat banyak uang untuk brand pilihan kita.

Demikian beberapa aplikasi chatbot terbaik di Android yang bisa anda pilih dan gunakan sebagai media yang memudahkan kita dalam berkomunikasi. Semoga bisa menjadi referensi anda, terima kasih.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close