Peluang usaha

10 Non-Desk Jobs (Pekerjaan Tanpa-Meja) Bergaji Besar

Karier Non-Desk Jobs di Berbagai Industri yang Menawarkan Gaji Lebih Besar

Non-desk jobs atau pekerjaan tanpa-meja adalah pekerjaan yang akan membuat anda pergi dari satu lokasi ke lokasi lainnya dan bertemu orang-orang baru setiap hari. Pekerja non-desk jobs tidak harus uduk di belakang meja sambil mengetik di depan komputer sepanjang hari.

Kalau bicara tentang pekerjaan rata-rata, mungkin yang anda bayangkan adalah menghabiskan lebih dari 40 jam seminggu duduk di belakang meja di ruangan yang sama. Meski tampak membosankan, tapi jutaan orang rela belajar bertahun-tahun untuk mendapatkan pekerjaan seperti itu.

Tapi banyak pula orang yang ingin bekerja di lingkungan yang lebih bebas. Untungnya, ada banyak pilihan karier non-desk jobs di berbagai industri yang menawarkan gaji lebih besar dibandingkan pekerjaan rata-rata, serta diperkirakan akan tumbuh setidaknya 5 persen pada tahun 2019-2024.

Pekerjaan seperti ini dapat memberikan manfaat bagi mental dan fisik. Pegawai yang bekerja di luar kantor lebih jarang mengeluh tentang lingkungan kerja mereka, dan biasanya jarang kelebihan berat badan dibanding pegawai kantoran yang seharian duduk di belakang meja kerja.

Baca juga8 Pekerjaan Bidang IT Bergaji Besar untuk Milenial

10 Non-Desk Jobs Bergaji Besar

Diurutkan berdasarkan besaran gaji rata-rata yang bisa didapat, dari yang paling kecil hingga yang paling besar gajinya.

10. Chef dan kepala koki

Mereka memang bekerja di dalam ruangan, tapi tidak duduk di belakang meja. Saat bekerja, mereka harus berdiri untuk waktu yang lama dan bekerja di lingkungan yang serba cepat, yaitu di restoran, hotel, rumah tangga pribadi, perusahaan catering, dan perusahaan layanan makanan lainnya.

Saya yakin anda sudah tahu seperti apa pekerjaan chef dan koki itu. Gelar universitas tidak penting untuk jenis pekerjaan ini, yang penting adalah keahlian.

Buktinya: banyak yang berhasil jadi chef terkenal setelah menang kompetisi memasak nasional/internasional meski tidak pernah kuliah tata boga.

Tapi bukan berarti saya meremehkan pendidikan tata boga di universitas. Maksud saya adalah: anda yang tidak pernah kuliah jurusan tata boga bukan berarti tidak punya peluang menjadi chef. Karena ada banyak peluang di jalur karir ini.

9. Teknisi layanan turbin angin (Wind turbine service technicians)

Diperkirakan karir ini akan tumbuh sebesar 31 persen pada tahun 2019-2024. Mereka yang berkarir di bidang ini umumnya bekerja di luar ruangan, atau bekerja di ruang terbatas di dalam turbin untuk mencapai peralatan mekanis.

Teknisi layanan turbin angin seringkali harus bekerja di tempat dengan ketinggian luar biasa, terkadang mereka juga harus memanjat tangga setinggi lebih dari 80 meter. Resiko kerjanya memang tinggi, tapi gajinya besar.

8. Pelatih atletik (Athletic trainers)

Mereka mengkhususkan diri dalam mencegah, mendiagnosis, serta merawat cedera otot dan tulang. Pelatih atletik bekerja dengan orang-orang dari segala usia dan semua tingkat keterampilan, dari anak-anak, atlet profesional, hingga tentara.

Pelatih atletik biasanya merupakan salah satu penyedia perawatan kesehatan pertama di tempat kejadian saat terjadi cedera di lapangan. Anda butuh Gelar Associate di bidang terkait untuk dapat bekerja sebagai pelatih atletik.

7. Pramugari (Flight attendants)

Cocok untuk orang yang suka traveling keliling Indonesia atau ke luar negeri. Pramugari bisa berhari-hari jauh dari rumah, dan sering tidur di hotel atau apartemen bersama sekelompok pramugari lainnya.

Pramugari bekerja di kabin pesawat penumpang, berhadapan langsung dengan penumpang, dan sering harus berdiri dalam waktu lama. Ijazah SMA atau sederajat cukup untuk melamar kerja sebagai pramugari, yang penting harus lulus tes dan pelatihan kerja.

6. Asisten terapis fisik (Physical therapist assistants)

Banyak yang salah mengira mereka sebagai perawat, padahal bukan. Asisten terapis fisik fokus merawat pasien terapi fisik. Saat bekerja, asisten terapis fisik harus banyak bergerak untuk menyiapkan peralatan, atau membantu dan merawat pasien.

Sering kali mereka juga harus mengangkat dan memindahkan pasien, karena itu mereka rentan terhadap cedera punggung. Tapi resiko cedera ini bisa dikurangi jika menggunakan teknik yang tepat ketika membantu pasien.

Paling tidak harus memiliki gelar Associate untuk menjadi seorang asisten terapis fisik. Kalau di Amerika, gaji per jamnya rata-rata:$ 27,61. Kalau di Indonesia lebih dari Rp 7 juta per bulan, bisa berbeda tergantung UMR dan kebijakan rumah sakit.

5. Pengawas konstruksi dan bangunan (Construction and building inspectors)

Di Indonesia lebih dikenal sebagai “mandor”. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memeriksa tempat kerja, meninjau cetak biru di lapangan, menulis laporan, dan menjadwalkan inspeksi. Bisa dibilang, mereka adalah asisten arsitek di lapangan.

Bekerja sebagai mandor bukan tanpa resiko, karena mereka mungkin harus memanjat tangga atau merangkak di ruang sempit untuk menyelesaikan inspeksi mereka.

Syarat pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan STM jurusan teknik bangunan atau yang sederajat. Tapi pengalaman kerja yang mumpuni sangat diutamakan.

4. Pemasang saluran listrik (Electrical power-line installers)

Mereka harus nyaman bekerja di ketinggian dan di ruang terbatas. Meski mendapat bantuan truk ember, semua pekerja lini harus bisa memanjat tiang utilitas dan menara transmisi. Mereka juga harus menjaga keseimbangan saat mengerjakannya.

Ijazah STM jurusan listrik kadang cukup untuk dapat bekerja sebagai pemasang saluran listrik, kalau anda bisa meyakinkan pemberi kerja tentang keahlian anda dalam bekerja.Karena jenis pekerjaan ini memiliki resiko keselamatan yang cukup tinggi.

3. Ahli kebersihan gigi (Dental hygienists)

Mereka bekerja membersihkan gigi serta memeriksa tanda-tanda penyakit mulut pada pasien, seperti radang gusi, dan memberikan perawatan gigi preventif lainnya. Mereka juga mendidik pasien tentang cara meningkatkan dan menjaga kesehatan mulut yang baik.

Kebersihan gigi tidak hanya penting untuk kesehatan, tapi juga dianggap sebagai bagian dari kecantikan (atau ketampanan). Bahkan layanan pemutihan gigi dan perbaikan gigi sudah jadi bisnis besar di seluruh dunia. Karena itu, karir di bidang dental diperkirakan akan terus meningkat.

Minimal anda butuh gelar associate di bidang terkait untuk menjadi Dental hygienists. Di Amerika,, dental hygienists mendapat gaji rata-rata $ 35,78 per jam. Kalau gaji di Indonesia tergantung UMR dan kebijakan rumah sakit atau klinik tempat bekerja.

2. Pemasangan dan perbaikan lift (Elevator installers and repairers)

Ijazah SMA ataulebih baik STM kadang cukup untuk dapat bekerja sebagai tenaga pemasangan dan perbaikan lift. Gajinya besar, rata-rata $ 38,21per jam di Amerika. Tapi tenaga pemasangan dan perbaikan lift memiliki pekerjaan yang menuntut fisik.

Mereka duduk atau berdiri untuk waktu yang lama, mengangkat benda-benda yang beratnya bisa 25-100 kg, bekerja di tempat-tempat sempit di dalam ruang sempit dan ruang-ruang mesin. Terkadang mereka harus bekerja di ketinggian di poros lift.

1. Ahli hidrologi (Hydrologists)

Tugas ahli hidrologi adalah mempelajari bagaimana air bergerak melintasi dan melalui kerak bumi. Ahli hidrologi akan bekerja di kantor dan di lapangan.

Di kantor, mereka menggunakan komputer untuk menganalisis data dan memodelkan temuan mereka. Di lapangan, mereka mungkin harus menyeberang ke danau dan sungai untuk mengumpulkan sampel atau untuk membaca dan memeriksa peralatan pemantauan.

Mau bekerja sambil duduk di belakang meja yang nyaman seharian, atau bekerja di luar ruangan yang menantang? Pilihan itu kembali kepada anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close