Internet

7 Aplikasi Android Untuk Mengurangi Kecanduan Ponsel

Aplikasi Android Untuk Mengurangi Kecanduan Ponsel – Ponsel saat ini seakan telah menjadi sebuah candu. Mulai dari bangun tidur pagi hari sampai kembali tidur pada malam hari kita tidak pernah lepas dari smartphone, ponsel menjadi barang yang senantiasa kita bawa kemana-mana.

Untungnya ada aplikasi yang dapat menolong kita untuk mengurangi kecanduan HP.

Hadirnya ponsel pintar atau smartphone saat ini memang menawarkan banyak kemudahan. Bukan cuma menjadi alat untuk berkomunikasi, ponsel-ponsel canggih saat ini sudah dilengkapi berbagai fitur menarik untuk penggunanya.

Sayangnya, berbagai fitur ini justru menjadikan pengguna terlena dan menghabiskan banyak waktu dengan ponsel mereka.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang menjadi kecanduan ponsel, ada kalanya karena teman atau komunitas, ada kalanya juga karena faktor pribadi masing-masing.

Pada sebagian kasus, seseorang merasa resah dan gundah gulana bila tidak memakai smartphone sejenak saja. Sebenarnya tanpa kita sadari, ini yang disebut dengan kecanduan ponsel.

Tentu ini kurang baik dari segi mental, kesehatan dan sosial jika dibiarkan terus menerus, sebab dapat mengganggu aspek kejiwaan, sosial kemasyarakatkan dan produktivitas lain di dunia nyata.

Rekomendasi Aplikasi Android untuk Kurangi Kecanduan Ponsel

Maraknya pemberitaan beberapa waktu lalu tentang beberapa anak di Jawa Barat yang mengalami gangguan mental karena terlalu sering mengakses game di ponsel menjadi kabar yang cukup mencemaskan bagi kita khususnya para orang tua.

Karena dari itu, sebenarnya ada beberapa cara mengontrol penggunaan handphone yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan memanfaatkan handphone itu sendiri melalui beberapa aplikasi.

Berikut ini beberapa yang dapat mengurangi kecanduan handphone. Ada aplikasi apa saja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget ini Layak Kamu Coba

1. Checky

Aplikasi pertama yang dapat mengurangi efek dari kecanduan ponsel yaitu Checky. Aplikasi ini dapat memantau seberapa seringnya frekuensi Anda memakai ponsel.

Aplikasi ini akan memantau seberapa sering sebenarnya Anda mengecek handphone. Aplikasi Checky akan menunjukkan angka yang akan terus bertambah seiring kian seringnya Anda membuka ponsel.

Dengan adanya aplikasi ini bisa bermanfaat untuk menjadi pengingat kalau Anda terlalu sering mengakses hand phone.

2. Dessert Island

Sekilas seperti nama sebuah aplikasi game tetapi sebenarnya bukanlah sebuah game. Dessert Island adalah sebuah aplikasi launcher yang dirilis oleh Google Creative Labs. Aplikasi launcher ini diciptakan untuk dapat mengurangi efek kecanduan pada ponsel.

Aplikasi launcher ini sistem kerjanya dengan mengontrol jumlah aplikasi yang dapat diakses pengguna. Ketika mengaktifkan Dessert Island sebagai launcher handphone, Anda diwajibkan untuk memilih 7 aplikasi yang sekiranya penting yang ada di ponsel Anda.

Sesudah memilih 7 aplikasi tersebut, selanjutnya cuma 7 aplikasi itu yang akan ditampilkan di launcher. Harapannya, Anda cuma membuka ponsel ketika benar-benar diperlukan dan tak terpengaruh untuk membuka aplikasi lain yang sebetulnya kurang anda perlukan.

3. Post Box

Aplikasi Post Box juga diciptakan oleh Google Creative Labs. Serupa dengan Dessert Island, aplikasi ini juga diciptakan untuk menolong Anda lepas dari kecanduan pada hp.

Salah satu alasan kenapa kita kerap membuka hp ialah adanya notifikasi yang masuk. Untuk itu, aplikasi ini berfungsi untuk mengatur notifikasi yang masuk.

Sebelumnya, Anda akan dapat memutuskan kapan notifikasi-notifikasi yang masuk akan muncul di ponsel Anda. Sehingga dengan sistem ini Anda terhindar dari distraksi, dan tak terpengaruh untuk membuka hp.

4. Forest – Stay Focused

Forest adalah aplikasi yang cukup unik, yang dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi kecanduan smartphone. Aplikasi ini sengaja diciptakan layaknya Anda tengah memainkan sebuah game.

Melalui aplikasi Forest, Anda akan diajak untuk menanam bibit atau benih hingga menjadi sebuah pohon. Bibit ini akan tumbuh subur menjadi pohon apabila Anda mampu menahan diri untuk tak memakai ponsel.

Sebaliknya, bibit atau pohon akan layu dan mati kalau Anda seringkali mengakses handphone. Menarik bukan?

5. Unlock Clock

Unlock clock adalahsebuah live wallpaper. Bukan cuma menunjukkan tanggal dan jam, aplikasi ini juga akan menghitung seberapa sering kali Anda membuka kunci ponsel tiap harinya.

Seperti diungkap oleh pengembangnya, Unlock Clock ini bisa menolong Anda mengurangi durasi penggunaan ponsel. Jadi ketika hitungan itu muncul, Anda teringat bahwa Anda telah seringkali memakai hp dan diharapkan untuk mengurungkan niat untuk memakainya ketika tidak terlalu dibutuhkan.

6. We Flip

Aplikasi We Flip mungkin pas dipakai ketika Anda sedang berkumpul dengan sahabat-sahabat anda. Umumnya ketika berkumpul, kita justru sibuk dengan ponsel masing-masing.

We Flip merupakan sebuah game multiplayer yang dapat Anda mainkan bersama sahabat. Pemenangnya yaitu siapa yang paling lama tidak membuka layar hp. Apabila layar dibuka, dialah yang dinyatakan kalah.

Ketika permainan usai, We Flip akan memperlihatkan berapa lama durasi Anda tidak mengakses ponsel sama sekali. Mengasyikan ya?

7. Quality Time

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengajak Anda untuk merasakan quality time tanpa terganggu dengan adanya ponsel. Dapat berkonsentrasi pada kerjaan, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang.

Aplikasi quality time ini dapat memantau dan memberikan laporan secara real-time tentang durasi waktu Anda memakai handphone. Aplikasi ini akan memberikan peringatan seandainya Anda terlalu lama memakai gadget.

Anda juga akan dapat mengontrol jadwal ketika semestinya tak memakai ponsel terlalu lama. Anda juga dapat mengontrol aplikasi mana yang dapat diakses ketika jadwal itu sudah diatur.

Penutup

Sebenarnya teknologi termasuk ponsel dan gadget yang lain adalah sebuah anugerah bagi kita yang hidup di era modern, karena akan mempermudah kita dalam melakukan berbagai aktivitas.

Namun, tidak bisa dipungkiri juga bila ponsel juga bisa membawa dampak buruk jika digunakan terlalu berlebihan, terutama dari segi kesehatan dan sosial masyarakat.

Oleh karena itu, bijak kiranya jika kita bisa membatasi penggunaan ponsel dalam keseharian kita dan hanya digunakan disaat kita benar-benar membutuhkannya untuk menunjang aktivitas kita.

Demikian artikel mengenai beberapa aplikasi android untuk mengurangi kecanduan ponsel yang bisa anda pakai untuk mengurangi efek buruk penggunaan ponsel yang berlebihan dalam jangka panjang.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close