in

Get Inspired : Dongkrak Semangat Ngeblog Kamu Yang Down Dengan Tips Ini

semangat ngeblog

Pernahkah anda berjalan menuju ke puncak dan di tengah jalan menemukan hambatan? Padahal tujuan utama anda sebenarnya adalah puncak tersebut. Apakah anda akan berhenti di tengah tengah dan memutuskan untuk turun kembali? Ataukah akan terus melanjutkan ke puncak walaupun harus menerjang hambatan tersebut? Hmm..Merasa lelah?

Perumpamaan ini sama jika di aplikasikan untuk kegiatan ngeblog,  semangat ngeblog hilang manakala menemui hambatan, padahal tujuan utama kita ngeblog untuk meraih kesuksesan terutama dalam kegiatan blogging. Apa sih sebenarnya arti kesuksesan dalam dunia blog? Apakah harus di ukur dengan penghasilan dan kepopuleran? Kalau di tanya mengenai hal itu pasti 80 % suara menjawab…Iya.

Banyak kendala yang membuat semangat ngeblog jadi down, beberapa faktor itu sebenarnya datang dari sendiri. Tujuan utama yang menggebu gebu harus pupus ketika faktor semangat tidak lagi membara seperti sejak pertama kali. Hal ini wajar, jika hanya semangat yang meredup, tetapi jika semangat ngeblog padam..itu artinya riwayat blog anda tamat. Butuh waktu lama untuk menghidupkan kembali.

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan semangat ngeblog menjadi berkurang dan sedikit tips untuk mendongkraknya kembali. Di antaranya faktor internal dan faktor eksternal, Nah…komplit tho.” Dan kita mulai dari faktor internal, yaitu faktor dari diri sendiri.

Faktor internal

Waktu yang terbatas

Jika ternyata yang menjadi kendala adalah waktu buat ngeblog, kita bisa inisiatif dengan membagi waktu se-efisien mungkin. Antara waktu sekolah atau waktu kerja dengan waktu ngeblog. Tidaklah di perlukan untuk membuat jadwal tertentu, karena untuk menulis blog bisa di mulai kapan saja, jadi ambilah waktu yang paling longgar untuk ngeblog.

Ide menulis blog habis

Coba istirahat sejenak, luangkan waktu untuk membaca blog orang lain, forum atau membaca blog yang sudah populer. Terkadang inspirasi menulis bisa datang dari blog teman atau beberapa masukan dari forum yang membahas, atau sedang memecahkan masalah yang di tanyakan oleh member.

Anda lagi galau dan pesimis

Nah ini, biasanya galau itu bisa disebabkan banyak hal. Tetapi saya tidak akan membahasnya jika tidak berhubungan dengan kegiatan ngeblog. Galau di sini artinya, anda terlalu pesimis dengan kondisi blog anda sendiri, bisa di sebabkan oleh beberapa hal, contohnya saja belum ada pengunjung yang berkomentar, jadi seolah olah belum ada yang menghargai hasil karya anda.

Kalau masalahnya hanya ini, itu tidaklah terlalu dipikirkan. Jika anda membuat artikel yang jauh lebih berkualitas setidaknya anda mampu menunjukan kredibilitas blog anda, sehingga banyak memancing pengunjung untuk berkomentar. Buatlah artikel yang agak unik, yang orang lain jarang tulis. Tetapi ya harus relevan, sehingga jika ada komentator yang menanggapi, anda sudah mempersiapkan jawabannya.

Anda terkena penyakit blogger kambuhan, yaitu malas

Kalau yang ini hampir setiap blogger terkena infeksinya, termasuk saya. Banyak juga faktor yang menyebabkan hal ini, tapi kembali lagi kepada diri sendiri. Apakah akan terus berkelanjutan dengan keadaan malas untuk waktu yang lama? Sebaiknya segera obati penyakit kambuhan ini, Jika ingin sukses dalam segala hal, buang jauh rasa malas tersebut. Bolehlah sekali kali..tetapi jangan sampai berlarut larut.

Anda menemukan sesuatu yang lebih menyenangkan dari ngeblog

Kalau faktor yang ini, siapa saja tidak berhak untuk melarang. Lha wong namanya kesenangan baru. Biasanya masih berhubungan dengan dunia maya. Contohnya, anda kepincut film india sehingga urusan ngeblog terabaikan, semakin penasaran dengan aktris filem tersebut dan mencoba mencari judul lainnya.

Untuk tips ini, cobalah untuk menyelesaikan 1 posting saja, sebelum anda mulai tertarik dengan hal lain, minimal tulis judulnya saja pada posting anda, simpan dalam draft sebagai pengingat. Walaupun nampak keterlaluan, tapi setidaknya anda ingat di lain kesempatan akan melanjutkan judul posting tersebut menjadi artikel.

Faktor eksternal

Untuk yang di bawah ini adalah faktor eksternal, yaitu penyebab semangat ngeblog menjadi menurun karena faktor dari blog anda sendiri. dan di bawah ini adalah contohnya.

Pengunjung blog yang segitu gitu saja

Walaupun anda sudah banyak menulis posting, tetapi visitor blog anda tidak juga bertambah. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, penyebabnya ada beberapa hal. Sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang hal ini, coba anda simak barangkali bisa memecahkan permasalahan ini.

Baca :Penyebab pengunjung blog turun

Blog anda selalu ditolak google adsense

Jujur saja, salah satu yang menjadi semangat ngeblog saya adalah google adsense. karena dengan Adsense kita bisa menghasilkan uang dari kegiatan ngeblog. Banyak teman blogger yang patah semangat ketika pengajuan google adsense di tolak, dan akhirnya kehilangan semangat ngeblog.

Untuk tip ini, jangan mudah menyerah begitu saja, jangan merasa menjadi orang cemen hanya karena di tolak Adsense. Saya sendiri bahkan berkali kali di tolak sampai akhirnya di terima full approved, semua memang butuh perjuangan dan kerja keras. Jika ingin berhasil dalam dunia ngeblog ya harus tetap berusaha.

Baca : Tips Daftar Google Adsense Melalui Blog Agar Tidak Di Tolak

Nah, tulisan ini hanya uneg uneg saya saja, karena masih banyak faktor yang mempengaruhi semangat ngeblog. Jika tujuan utama ngeblog dari awal untuk mendapatkan penghasilan, maka dongkraklah semangat anda setinggi mungkin dan jangan sampai amblas. Uang tidak mungkin jatuh sendiri dari langit, tanpa pengorbanan dan semangat yang berapi api. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Lalu bagaimana cara supaya konten yang kita tulis itu punya “roh” dan mengenang untuk pengunjung?

  2. Wah… Poin-poin diatas mengena semua mas….

    Kecuali yanag di tolak adsense…

    Saya sendiri belum pernah daftar adsense….

    Ayo… Semangat ngeblog…..

    Happy blogging..

    • Nanti kalau domain sudah cukup umur dan konten sudah memadai bisa langsung didaftarkan mas Nuhan :D…Keep spirit.

  3. slm knl mas…terima kasih telah berbagi .
    saya sedang terinfeksi penyakit malas jg. hmpir 2 minggu g pernah nulis lg. padahal list materinya sudah numpuk.

    ada aqua ??????? ehhhhhhhhh ada solusi

    • Ada aqua sak galon mas 😀 buat motifasi diri sendiri memang susah, orang hanya baca teori ya mas ,,hehe.
      Tapi memang tidak bisa diterapkan kalau memng tidak mencoba..Tips ni mas, langsung buka halaman post baru, tulis judulnya..dan mulailah dari sana 😀

  4. Harus sabar memang. Sabar membuat konten berkualitas sedikit demi sedikit, sabar menunggu sampai trafik blog meningkat, sabar kalau ditolak Google Asense 😀

  5. bisa juga dengan cara menempel SS earning dan trafik depan meja ngeblog mas. haha. atau menjadikan ss erning sebagai layar destkop wkwk

  6. salam kenal mas Gani
    kalo motivasi nge blog saya, Inget Cicilan Angsuran, tempelin struk/billing/tagihan di meja deket leptop, hhehe

  7. Alhmdllhirobilallmin…..

    Mksh banyak mas gani.. Mksh..
    Udàh 2 minggu saya galoon gara2 googel adsense 3 blog aku daftarin ga ada respon.. 1 blog hampir 2 bulan ga ada kabar.. Padahal udah bisa masuk dasbord.. Tapi ga ada email lanjutan…

    Saya down bgt rasanya…

    Tapi gara gara lantarañ baca artikel ini Semagat ngeblog saya yang hanpir sirna.. Menyala kembali…

    Ibàrat lilin yg hampir redup di siram pertamax..
    (Lebay)

    Mksh bgt mas gani.. Artikele joss…!!

    • Yah, sabar dulu mas @heri prayitno, Mungkin Google lagi kualifikasi buat memilih blog yang benar benar berkualitas (di mata google). Pokoe jangan nyerah deh, Saat ini memang yang kita lakukan hanya bisa menunggu. Mungkin antrean pendaftar dari negara kita banyak.

      Kalau lilin habis, saya ada petromak mas 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0