BlackBerry Messenger

3 Aktifitas yang Jarang atau Belum Pernah Kamu Lakuin di BBM ( BlackBerry Messenger )

BBM (BlackBerry Messenger) – Beberapa orang, selalu menunggu update aplikasi yang sering mereka gunakan pada smartphone iOS ataupun Android mereka. Namun, beberapa orang lainnya ternyata justru tidak ingin terganggu dengan notifikasi update aplikasi, melalui smartphone mereka.

Dua pilihan ini memiliki manfaat yang berbeda dengan berbagai macam alasan yang bisa disampaikan.

Pada pilihan pertama, setiap pengguna smartphone dipastikan segera mengetahui apa saja pembaharuan pada aplikasi yang biasa mereka gunakan, setelah mereka mengupdatenya secara rutin.

Sementara bagi mereka yang mematikan notifikasi update dari setiap aplikasi yang mereka gunakan. Maka hal ini mungkin bermanfaat untuk menghemat memori penyimpanan internal.

Nah, sobat Klik Mania yang sedang membaca postingan ini, masuk dalam pilihan yang mana nih ?. Jika kamu termasuk kedalam pilihan kedua, dan ternyata kamu sering menggunakan aplikasi BBM baik pada perangkat iOS maupun Android mu.

Sudah dapat diketahui bahwa, kamu pasti jarang atau mungkin belum pernah sama sekali melakukan 3 aktifitas baru yang menarik yang bermanfaat, melalui aplikasi BBM mu.

aplikasi-blackberry-messenger

Tapi, tidak menutup kemungkinan juga jika ke-tiga aktifitas yang akan disampaikan melalui postingan ini, sudah pasti diketahui atau sering dilakukan oleh mereka yang rajin memperbaharui aplikasi-aplikasi, termasuk aplikasi BBM, pada smartphone mereka.

Loading...

Aktifitas apa sajakah itu ? silahkan baca postingan ini hingga selesai dengan mengambil posisi santai.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh Klik Mania, aplikasi BlackBerry Messenger baru saja mendapatkan pembaharuan (update).

Seperti biasa pembaharuan BBM, memungkinkan penggunanya mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan BBM, bahkan memungkinkan melakukan banyak hal baru, selain sebagai alat chatting atau bbman, dan berkirim file.

Update BBM ini menawarkan sejumlah fitur-fitur baru. Dan fitur-fitur baru ini, memungkinkan pengguna aplikasi BBM baik di iOS dan Android, dapat melakukan aktifitas yang jarang atau belum pernah dilakukan sebelumnya.

Sekarang berkat fitur-fitur baru yang ada di BBM versi terbaru, setiap pengguna dapat melakukan beberapa hal menarik yang bermanfaat seperti :

Menambah Nada Notifikasi BlackBerry Messenger

Bila sebelumnya pengguna BBM hanya bisa memilih nada notifikasi yang telah disediakan di dalam aplikasi BBM. Sekarang pengguna BBM yang telah melakukan pembaharuan, sangat mungkin untuk menambah nada notifikasi BBM, melalui ponsel Android atau iOS mereka.

Kemudahan dalam menambah nada notifikasi dalam BBM. Memungkinkan pengguna dapat memiliki lebih dari satu nada notifikasi favorit, yang bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna, kapan saja mereka mau. Sehingga tidak mudah bosan.

Khusus kamu pengguna smartphone Android. Kamu dapat melakukan aktifitas penambahan nada notifikasi BBM di smartphone mu, dengan cara membuat sebuah folder khusus di SDcard atau memori internal smartphone Android mu.

Folder tersebut, nantinya akan digunakan untuk menyimpan nada dering baru favorit, yang sesuai keinginanmu, yang dapat menjadi nada notifikasi BBM.

Berikut tahapan proses atau cara menambah nada dering baru untuk notifikasi aplikasi BBM :

Silahkan buka File Manager, lalu pilih SDcard atau memori eksternal, dan buatlah satu folder baru dengan nama Media.

folder-media-untuk-persiapan-nada-dering-notifikasi-bbm

Selanjutnya, buka folder Media yang baru saja kamu buat, kemudian buat satu folder lagi dan beri nama Audio.

folder-audio-notifikasi-bbm

Di dalam folder Audio tersebut lalu silahkan ciptakan lagi satu folder baru dan namai folder tersebut dengan nama Notifications.

folder-notifikasi-bbm

Lalu silahkan salin semua nada dering baru yang nantinya ingin kamu pakai sebagai nada notifikasi BBM, ke dalam folder Notifications tersebut.
Terakhir, restart smartphone Android mu. Setelah kembali menyala, buka aplikasi BBM, lalu di menu Settings pilih Tone Panel. Nada dering yang kamu sukai sudah berada di tone panel tersebut, dan siap dijadikan sebagai notifikasi BBM. .

Menikmati Video Call di BBM

Update BlackBerry Messenger, kini tidak hanya memungkinkan penggunanya untuk sekedar melakukan pengiriman pesan instan atau berbagi file saja. Melalui fitur video call baru, pengguna kini dapat melakukan aktifitas panggilan telepon yang menampilkan diri atau wajah pengguna secara langsung, dengan memanfaatkan fasilitas kamera depan yang ada pada smartphone pengguna (Video Call).

Klik Mania mendapatkan informasi bahwa, BlackBerry terlebih dahulu melakukan penambahan fitur video call ini pada pengguna aplikasi BBM yang berada di Asia Pasifik. Karena, menurut BlackBerry, pengguna aplikasi BBM sebagian besar berasal dari wilayah tersebut. Setiap pengguna di wilayah tersebut baik yang menggunakan perangkat iOS ataupun Android, dapat menggunakan fitur tersebut setelah melakukan update BBM.

Pengguna BBM di Indonesia adalah salah satu wilayah yang dapat menggunakan fitur baru BlackBerry ini secara cuma-cuma. Setiap pengguna iOS dan Android yang sudah melakukan update BBM ke versi terbaru, akan melihat ikon video dilayar menu chat di bagian sudut kanan atas.

Cara menggunakan fitur video call BBM (BlackBerry Messenger)

Cara menggunakan fitur video call BBM juga sangat mudah. Untuk melakukan video call dengan salah satu daftar kontak yang ada di BBM anda, anda cukup pilih daftar kontak yang ada di BBM, lalu ketuk ikon video call tersebut.

Memperkaya Informasi Berita Terkini dengan BBM News

Melalui fitur notifikasi, BBM memungkinkan anda dapat mengetahui informasi terkini seluruh pengguna BBM yang ada di dalam daftar kontak BBM anda dengan mudah.

Tapi tahukah kamu ? jika saat ini kamu telah mengupdate aplikasi BBM yang ada pada iOS atau Android mu, dipastikan kamu dapat menggunakan fitur baru yang bernama BBM News.

Meski masih dalam fersi Beta, fitur BBM News ini dipastikan tetap dapat menyajikan informasi dan berita-berita terbaru dari berbagai sumber terpercaya dengan baik ke aplikasi BBM mu. Sehingga kamu dapat memperkaya diri dengan informasi dan berita terkini yang kamu butuhkan dengan lebih mudah.

Untuk membaca informasi dan berita dari sumber-sumber terpercaya melalui fitur BBM news caranya cukup mudah sekali. BlackBerry memasukan fitur BBM News di dalam tab Discovery, yaitu sebuah tab baru yang berada di sebelah bagian kanan tab BBM Grup.

Kamu cukup menggesar layar utama aplikasi BBM mu ke arah kanan untuk mengakses tab Discovery, lalu selanjutnya ketuk News. Selanjutnya kamu tinggalpilih saja yang mana informasi berita terkini dari berbagai sumber media terpercaya, yang ingin kamu baca. Silahkan lihat gambar :

1

2

3

Melakukan Transaksi Pembelian dan Pembayaran Tagihan

Ini adalah salah satu aktifitas menarik yang terakhir yang bisa kamu lakuin di BBM yang sudah kamu perbaharui. Melalui update terbaru ini, kamu sangat mungkin untuk melakukan teransaksi pembelian dan pembayaran tagihan dengan mudah melalui BBM. Kamu dapat melakukan pembelian pulsa dan juga melakukan pembayaran tagihan PLN.

Pembelian dan melakukan pembayaran di BBM (BlackBerry Messenger) dapat dilakukan dengan mudah sekali. Berikut ini petunjuk cara bagaimana melakukan pembelian pulsa isi ulang melalui aplikasi BBM.

1. Silahkan akses aplikasi BBM (BlackBerry Messenger) pada iOS atau Androidmu, lalu geser layar utama aplikasi ke kiri menuju tap Discover.

2. Setelah itu, pilih menu Pulsa/PLN, lalu ketuk menu “Isi Pulsa

pilih-isi-pulsa

3. Masukkan nomor ponsel yang ingin diisi ulang pulsa. Secara otomatis, fitur ini akan mendeteksi nomor yang ditulis dan memberikan pilihan pulsa atau paket data yang sesuai

4. Pilih jumlah pulsa yang diinginkan, setelah itu pastikan biaya dan masukkan alamat email untuk bukti pembayaran

5. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang sesuai

BlackBerry Messenger

6. Setelah kamu selesai melakukan pembayaran, maka nomor ponsel yang sudah kamu masukan sebelumnya akan terisi pulsa yang sudah kamu pesan sebelumnya.

Penutup

Meski perangkat BlackBerry terbaru hampir dapat dipastikan tidak akan diluncurkan lagi, namun hal ini tidak serta merta membuat eksistensi BlackBerry hilang begitu saja. Berkat fitur-fitur terbaru yang disediakan oleh BlackBerry, perusahaan ini optimis terhadap transformasi BlackBerry Messenger (BBM) menjadi sebuah platform.

Nah, bagi kamu yang sebelumnya menonaktifkan notifikasi pembaharuan aplikasi dan jarang melakukan Update, khususnya update aplikasi BBM, tidak ada salahnya untuk memperbaharui aplikasi BBM di iOS maupun Androidmu, untuk memanfaatkan fitur-fitur baru BlackBerry Messenger (BBM). Selamat mencoba.

Sumber referensi dan gambar : [Tim Tekno.Liputan6.com]

Referensi lain : 3 Smartphone Branded dengan Layar yang Didesain Unik dan Elegan


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Komentar

    Avatar

    Zaen D. Ach

    ( - 23:01)

    Sepertinya poin Melakukan Transaksi Pembelian dan Pembayaran Tagihan adalah yang paling jarang dilakukan tuh mas, bahkan lebih banyak ku hindari kalau berhubungan sama uang. Beli emoticon berbayar jugabelum pernah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *