Tekno

11 Aplikasi Android untuk Para Traveler Sejati

 Aplikasi Android untuk traveler – Era modern seperti saat ini sudah banyak sekali kemudahan yang diperoleh dari adanya teknologi. Salah satu yang dapat dirasakan adalah perkembangan smartphone yang sudah merambah sampai berbagai usia dan kalangan.

Bagi seorang traveler yang dulunya hanya mengandalkan informasi terbatas tentu akan menjadi bekal tambahan dalam melakukan traveling.

Ditambah lagi saat ini sudah banyak penyedia aplikasi yang memang ditujukan untuk para traveler, entah itu aplikasi android maupun aplikasi ios.

Aplikasi Android Para Traveler Sejati

Traveling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang.

Traveling merupakan salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat ditengah-tengah kesibukan yang kita lakukan.

Dalam melakukan perjalanan traveling, tentu banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari sebelum berangkat sampai saat kita sudah berada dilokasi tujuan.

Berikut 11 aplikasi android di smartphone yang sangat berguna bagi para traveler.

1. Traveloka

Traveloka via mixmarcomm
Traveloka via mixmarcomm

Traveloka merupakan aplikasi android yang digunakan untuk persiapan awal dalam melakukan travelling, yaitu berguna untuk memesan tiket pesawat, tiket kereta api, maupun hotel.

Loading...

Traveloka sendiri sebenarnya merupakan perusahaan penyedia jasa ticketing untuk domestik yang kemudian mengembangkan aplikasi traveloka ini untuk smartphone.

Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah dapat menghemat waktu dalam melakukan pemesanan tiket transportasi maupun hotel, selain itu cara pemesanannya pun juga sangat mudah dan simpel.

2. Tripadvisor

Tripadvisor via burgcolmberg
Tripadvisor via burgcolmberg

Tripadvisor memiliki kegunaan yang hampir sama seperti traveloka, yaitu untuk persiapan awal sebelum melakukan traveling.

Perbedaannya yaitu tripadvisor sudah menjangkau wisata internasional maupun domestik, baik untuk transportasi maupun hotel penginapan.

Selain itu, pada aplikasi tripadvisor juga terdapat fitur pencari restaurant yang dapat membantu kita menentukan lokasi tempat makan yang kita inginkan.

Kelebihan aplikasi android ini yaitu dapat memberikan saran tentang apa yang dapat dilakukan traveler di lokasi wisata.

3. Packable

Packable via googleplay
Packable via googleplay

Packable merupakan aplikasi yang dapat membantu seorang traveler dalam membuat list barang apa saja yang harus dibawa dalam melakukan traveling.

Packable dapat mencatat berbagai barang bawaan, sehingga traveler tidak perlu khawatir akan terlewatkan atau lupa mempersiapkan barang yang akan dibawa untuk traveling.

Kelebihan aplikasi android ini yaitu penyajian fitur yang lengkap serta sederhana, sehingga pengguna dapat membuat list barang bawaan dengan mudah.

4. Packing

Packing via googleplay
Packing via googleplay

Packing sebenarnya merupakan aplikasi android yang memiliki fungsi yang sama seperti packable.

Perbedaan antara kedua aplikasi ini yaitu pada tampilan menu dan adanya fitur activities pada aplikasi packing.

Fitur activities ini berguna untuk membedakan jenis kegiatan yang akan dilakukan, sehingga setiap aktivitas dapat terencana dengan barang bawaan yang sudah dipersiapkan tentunya, baik pakaian, gadget, maupun barang lainnya.

5. Google Trip

Aplikasi traveller
GoogleTrips via egyptinnovate

Google trips merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Google. Aplikasi ini sangat berguna dalam mengatur dan merencanakan traveling.

Google trips dapat digunakan untuk keperluan ticketing pesawat, reservasi hotel, membuat rencana perjalanan, bahkan memberikan saran terkait rancana perjalanan.

Aplikasi android ini tentu terhubung dengan akun google di smartphone kita, namun tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tetap dapat digunakan secara offline.

Caranya adalah dengan mengunduh terlebih dahulu semua informasi terkait destinasi yang akan dituju.

6. Triplt

TripIt via facebook
TripIt via facebook

Triplt juga memiliki fungsi yang hampir sama seperti google trips. Triplt berguna untuk mengumpulkan segala informasi terkait destinasi yang akan dituju dan tentunya untuk membuat rencana perjalanan.

Perbedaan antara triplt dan google trips, yaitu pada aplikasi triplt kita diharuskan untuk login terlebih dahulu dengan menggunakan email.

Selain itu, kita juga dapat membagikan rencana perjalanan yang sudah kita buat kepada email teman maupun keluarga kita.

7. Google Maps

Aplikasi traveler
Google Maps via hackernoon

Google maps tentu saja merupakan aplikasi android yang memberikan tentang peta. Aplikasi ini sudah banyak dikenal oleh pengguna smartphone.

Google maps saat ini sudah sangat berkembang dan dapat sangat membantu kita dalam melakukan traveling atau sekedar mencari lokasi tujuan.

Aplikasi ini dapat memberikan berbagai informasi terkait destinasi yang akan dituju, mulau dari lokasi, foto, kenampakan 3D, hingga informasi detail lainnya.

Google maps tentunya membutuhkan GPS dan jaringan internet untuk mengumpulkan segala informasi itu tentunya.

Sehingga kita perlu mempersiapkan terlebih dahulu rencana perjalana dengan google maps apabila lokasi yang dituju merupakan lokasi yang tergolong sulit sinyal.

8. Waze

Aplikasi traveler
Waze via gpsbros

Waze merupakan aplikasi android yang memiliki fungsi hampir sama seperti google maps, yaitu menunjukkan rute dan lokasi suatu destinasi.

Aplikasi ini juga menggunakan GPS dan jaringan internet tentunya.

Waze dapat memberikan informasi lifetime terkait jalur perjalanan menuju lokasi yang akan dituju, sehingga kita dapat memilih jalur yang paling baik.

Selain itu, para pengguna waze akan saling terhubung satu sama lain, sehingga dapat saling mengetahui posisi atau lokasi teman lainnya.

9. Expensify

Expensify via techvise
Expensify via techvise

Expensify merupakan aplikasi yang dapat membantu traveler dalam mengelola keuangan selama melakukan traveling.

Aplikasi android ini dapat memuat segala pengeluaran yang kita lakukan dengan detail, sehingga traveler tidak perlu khawatir dalam perencanaan keuangan selama traveling.

Expensify merupakan solusi permasalahan dalam pengelolaan keuangan selama liburan mengingat sering kali dalam melakukan traveling justru keuangan tidak dikelola dengan baik dan menyebabkan over budget.

10. Concur

Aplikasi traveler
Concur via mobiletron

Concur merupakan aplikasi pengelola keuangan yang sama seperti expensify. Concur juga dapat memuat segala aktivitas keuangan selama melakukan traveling.

Khususnya dalam hal pengeluaran, aplikasi concur ini juga dapat melampirkan scan nota atau bukti pengeluaran yang kita lakukan.

Kita dapat menelusuri kemana saja dan untuk apa saja uang kita dikeluarkan selama traveling.

Untuk fungsi lainnya, concur memiliki fungsi yang sama seperti expensify karena fungsi utama kedua aplikasi ini memang tidak berbeda.

11. Compass

Compass via googleplay
Compass via googleplay

Compass merupakan aplikasi android yang berfungsi untuk menunjukkan arah. Seringkali dalam melakukan perjalanan traveling ke luar kota atau bahkan ke luar negeri kita tidak tahu arah mata angin.

Adakalanya kita harus bertanya kepada masyarakat sekitar untuk mengetahui arah.

Dengan aplikasi ini tentu kita dapat mengetahui arah mata angin dengan tepat dan akurat, namun tentu saja di smartphone kita harus memiliki sensor yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini.

Compass akan sangat berguna dalam menentukan arah yang akan dituju, menentukan arah kiblat apabila akan melakukan sholat, dan lain sebagainya.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *