boros kuota internet

Ternyata 5 Aplikasi Smartphone Ini Paling Boros Kuota Internet

Pengguna smartphone mungkin tidak akan menyangka, kalau ternyata aplikasi yang digunakan selama ini sangat boros kuota internet. Tidak hanya pengguna Android dan iOS, karena keduanya adalah flatform yang umum digunakan untuk smartphone saat kini.

Setiap aplikasi smartphone mempunyai tingkatan konsumsi data yang berlainan, ada yang hanya biasa saja tetapi ada pula yang mampu menyedot kuota internet dengan sangat cepat. Tentu saja hal ini sangat menjadi kekhawatiran bagi pengguna paket data internet ekonomis.

5 aplikasi smartphone paling boros kuota internet

Dibawah ini adalah beberapa aplikasi smartphone yang mampu membuat “jebol” dan menguras paket data internet apabila Anda tidak menggunakannya secara bijak.

1. Facebook

Anda mungkin tidak akan mengira, bahwa facebook menjadi aplikasi yang sangat boros dengan penggunaan data internet. Apalagi bagi pengguna smartphone yang setiap 5 menit sekali membuka facebook. Karena Facebook bukan hanya berisi pesan teks, tetapi terdapat juga foto dan video.

Ini yang menjadi penyebab boros kuota internet, apalagi fitur autoplay video yang akan terbuka secara otomatis ketika membuka aplikasi facebook melalui pemberitahuan. Jalan satu-satunya untuk menghemat paket kuota internet adalah menonaktifkan fitur auto play video facebook, atau mengatur hanya akan berjalan apabila menggunakan koneksi wifi saja.

2. Twitter

Sama halnya dengan Facebook, Twitter juga memiliki fitur autoplay pada video. Pengguna mungkin tidak akan mengira kalau setiap tweet yang dan kicauan yang datang hanya berupa teks dengan panjang tak lebih dari 140 karakter.

Namun setiap kali pengguna membiarkan fitur autoplay berjalan maka kuota internet akan cepat terkuras habis. Solusi pengguna agar tidak boros kuota internet adalah menonaktifkan fitur tersebut atau mengaktifkannya apabila koneksi bejalan dengan Wifi saja.

3.  Instagram

Aplikasi paling populer untuk sharing photo ini juga termasuk yang rakus dengan kuota internet. Bayangkan saja, berapa banyak gambar yang diakses melalui Instagram, belum lagi maraknya konten video yang ikut meramaikan aplikasi ini.

Loading...

Selain facebook dan twitter, Instagram juga mempunyai fitur autoplay video. Sayangnya fitur ini tidak bisa di nonaktifkan secara default. Untuk solusinya, buka menu pengaturan dan temukan tab bertuliskan Cellular Data Use pada bagian bawah, lalu nyalakan fitur Use Less Data.

Dengan begitu Instagram tidak akan memutar video pada saat menggunakan koneksi internet seluler, sehingga tidak akan boros kuota internet.

4. YouTube

Aplikasi streaming video dari google ini jelas akan membuat boros kuota internet Anda, karena aplikasi ini hanya berisikan video-video yang dibagikan orang dari seluruh penjuru dunia.

Namun pihak google memberikan solusi terbaik bagi pengguna aplikasi Youtube, karena fitur autoplay youtube bisa dinonaktifkan dengan mudah. Anda bisa mengatur sendiri resolusi layar hingga pada kualitas yang paling rendah sehingga dapat menghemat kuota internet.

5.  Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sangat berpotensi membuat boros kuota internet Anda. Saking asyiknya mendengarkan musik dari palikasi ini secara online, membuat seseorang lupa diri. Beberapa pengguna mungkin tidak menyadari bahwa ternyata aplikasi ini sudah menyedot kuota internet dengan sangat cepat.

Spotify memberi penawaran fitur download untuk fitur premium, pengguna bisa mengunduh berbagai album lagu favorit dan memutarnya tanpa harus berulang kali menggunakan kuota internet.

Referensi lain : Mengembalikan Kontak Hilang di Smartphone Android dengan Bantuan Google

Nah, itulah beberapa aplikasi yang boros kuota internet. Dengan mengenali aplikasi tersebut pengguna bisa lebih menghemat penggunaan paket data, terutama yang hanya menngunakan paket internet ekonomis.


Loading...

Bagikan

Penulis

Jesica Putri
Jesica Putri
Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"
Jesica Putri

Penulis

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Komentar

    Avatar

    Kalau buat saya pasti youtube yang paling banyak nge habisin quota. . .hehehe
    Yaa tau sendirilah kalau sudah nnton salah satu video di Youtube pasti pengen nambah terus. . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *