Internet

7 Aplikasi Perpustakaan Terbaik untuk Android Bagi Kamu yang Hobi Baca

Di era digital seperti saat ini, segala sesuatu memang semakin dipermudah. Dari kemudahan dalam mengirim pesan atau surat, meminjam buku pun kini bisa dilakukan dengan lebih. Ini karena hadirnya beberapa aplikasi perpustakaan terbaik yang tersedia untuk perangkat Android.

Hanya melalui smartphone yang ada di genggaman, kamu bisa meminjam dan membaca buku tanpa harus repot-repot pergi ke perpustakaan yang mungkin tempatnya jauh dari rumah kamu.

Baca juga: 7 Aplikasi Unfollow Instagram Terbaik dan Gratis 2019

Aplikasi Perpustakaan Terbaik untuk Android

Bagi kamu yang suka membaca, mungkin kamu bisa mencoba mengunduh salah satu aplikasi perpustakaan terbaik untuk Android ini. Hanya bermodalkan smartphone Android dan kuota internet, kamu membaca buku apa pun yang kamu mau.

Mau tau apa aplikasi tersebut? Berikut daftarnya.

1. iPusnas

Sumber: play.google.com

iPusnas bisa dibilang sebagai aplikasi perpustakaan online terbaik dan terlengkap saat ini untuk perangkat Android saat ini. Aplikasi ini sendiri merupakan kerja sama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Aksara Maya sebagai pihak developer.

Dengan iPusnas, kamu bisa mencari dan memilih buka apa saja yang ingin kamu pinjam lalu baca. Kamu bisa mencari buku dengan menetikkan judul buku ataupun nama pengarang buku tersebut.

Pengguna maksimal dapat meminjam hingga tiga buku, di mana setiap buku akan berada di rak buku milik pengguna selama tiga hari. iPusnas juga memiliki eReader yang sederhana dan mudah digunakan.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur feed yang menampilkan aktivitas dari pengguna lainnya. Selain itu, ada pula fitur ePustakan yang memunginkan pengguna untuk menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital yang tersedia.

2. iJakarta

Sumber: play.google.com

Sama dengan iPusnas, aplikasi iJakarta juga dikembangkan oleh PT Woolu Aksara Maya. Hanya saja aplikasi ini dikembangkan bersama Perpustakaan dan Kearsipan Dinas Perpustakan dan Kearsipan DKI Jakarta.

Fitur yang ditawarkan pun hampir serupa, yaitu adanya fitur seperti banyak koleksi buku, feed, ePustaka, rak buku virtual yang akan menyimpan koleksi buku yang kamu pinjam, serta eReader yang sederhana untuk memudahan pengguna untuk membaca dengan melalui ponsel Android mereka.

3. ePerpus

Sumber: play.google.com

ePerpus merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Gramedia Digital Nusantara. Melalui aplikasi ini, para pengguna atau anggota dapat meminjam dan membaca buku, koran, maupun majalah secar digital.

Aplikasi ini sendiri telah memuat banyak judul buku khususnya yang diterbitkan oleh Gramedia Group. Meski demikian, ada pula buku yang diterbitkan oleh beberapa penerbit besar lainnya seperti Mizan Group.

4. iSantri

Sumber: play.google.com

Selain perpustakaan digital yang menyediakan buku-buku umum, ada pula aplikasi yang secara khusus dihadirkan untuk para santri ini. iSantri sendiri merupakan aplikasi yang juga masih dikembangkan Oleh Aksara Maya dan bekerja sama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia.

Selain iPusnas, iJakarta, dan iSantri, PT Woolu Aksara Maya sejauh ini memang menjadi developer bagi beberapa aplikasi perpustakaan lain untuk setiap wilayah, seperti iJateng, iJogja, iBadung, dan iPekan untuk wilayah Pekanbaru, bahkan hingga iBi yang merupakan aplikasi perpustakaan untuk Bank Indonesia.

Dengan aplikasi iSantri, kamu bisa dengn mudah meminjam dan membaca buku yang kau inginkan. Karena dari developer yang sama, aplikasi ini memiliki fitur yang kurang lebih sama seperti yang dimiliki Pusnas dan iJakarta.

5. Buku Sekolah Elektronik

Sumber: play.google.com

Berbeda dengan sejumlah aplikasi perpustakaan di atas, aplikasi ini mengkhususkan diri untuk menyediakan buku-buku pelarajan di sekolah. Buku Sekolah Elektronik sendiri menyediakan lebih dari 5.000 judul buku untuk semua tingkatan sekolah.

Di aplikasi ini, terdapat sekitar 1.000 buku dengan kurikulum 2016 dan 1.400 buku dari kurikulum 2013. Selain itu, ada pula sejumlah buku cerita, buku pra sekolah, serta buku pengetahuan lainnya.

Lebih menarik lagi, aplikasi Buku Sekolah Elektronik juga dilengkapi dengan kamus offline dan konversi antar satuan untuk semakin memudahkan dan mendukung aktivitas penggunanya.

Selain 5 aplikasi perpustakaan terbaik tersebut, untuk kamu pengguna smartphone Android bisa mencoba sejumlah aplikasi lain yang banyak beredar secara gratis di Google Play Store. Selamat mencoba!


Loading...
Baca selengkapnya

Heru NC

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close