Apakah Artificial Intelligence Bagian dari Ilmu Komputer?

Ada perdebatan besar tentang apakah (AI) Artificial Intelligence bagian dari ilmu komputer atau merupakan cabang ilmu tersendiri.

Secara kasat mata, AI memang dianggap sebagai bagian dari ilmu komputer, dan hal yang demikian itu memang salah satu hal yang diajarkan di kelas ilmu komputer.

Namun, jika dianalisis secara mendalam, sebenarnya Anda akan menemukan beberapa perbedaan yang membuat keduanya menjadi subjek yang berbeda satu sama lain.

Artificial Intelligence Bagian dari Ilmu Komputer?

artificial intelligence bagian dari ilmu komputer
Gambar: msoe.edu

Untuk mengetahui perbedaan antara AI dan ilmu komputer, tentu cara paling ampuh yang bisa digunakan adalah menganalisa keduanya secara terpisah, kemudian melihat bagaimana keduanya berhubungan satu sama lain.

Apa itu Ilmu Komputer?

Ilmu komputer adalah ilmu tentang komputer dan sistem komputasi. Pelajaran ilmu komputer, biasanya mencakup teori, desain, pengembangan, dan aplikasi perangkat lunak, serta sistem komputer.

Beberapa hal utama yang dibahas oleh ilmu komputer meliputi sistem komputer itu sendiri, AI, jaringan, keamanan sistem, database, bahasa pemrograman, rekayasa perangkat lunak, dan lain-lain.

Ilmuwan komputer juga bertanggung jawab untuk merancang algoritma yang dapat digunakan pada aplikasi yang berbeda untuk menyelesaikan berbagai masalah di kehidupan nyata.

Apa itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence adalah cabang ilmu komputer yang berfokus pada penciptaan mesin cerdas yang berfungsi sebagai manusia.

Loading...

Mesin Artificial Intelligence dirancang untuk melakukan berbagai tugas, di antaranya adalah pengenalan suara, belajar, memahami, merencanakan, dan memecahkan suatu masalah.

Mesin AI dapat melakukan berbagai tugas seperti yang sudah disebutkan, apabila mereka sudah diberi pengetahuan. Dan salah satu cara AI mendapatkan pengetahuannya adalah dengan melalui pembelajaran mesin.

Pembelajaran dapat dilakukan dengan atau tanpa pengawasan. Dan sebagian besar aspek kunci dari pembelajaran mesin tercakup dalam ilmu komputer.

Keduanya Masih Terikat Satu Sama Lain?

Dari penjelasan sebelumnya, tentu sudah diketahui bahwa ada hubungan erat antara ilmu komputer dan Artificial Intelligence.

Bukti keduanya terikat juga bisa dilihat dari pekerjaan, di mana pekerjaan yang ada hubungannya dengan Artificial Intelligence pasti memerlukan beberapa tingkat keterampilan komputasi tingkat lanjut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah bagian dari ilmu komputer, karena teori dan praktik ilmu komputer selalu digunakan dalam mengembangkan sistem AI.

AI sendiri sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan, dan sebagian besar peluang kerja yang masuk ke dalam bidang AI erat hubungannya dengan penelitian dan studi.

Perbedaan Keduanya

Dilansir dari Technotification, perbedaan utama antara Artificial Intelligence dan ilmu komputer adalah dalam hal prinsip-prinsip mereka.

Ilmu komputer menggunakan prinsip bahwa komputer itu bodoh dan tidak dapat melakukan apa-apa. Anda perlu memprogramnya untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Ilmuwan komputer harus datang dengan bahasa pemrograman khusus yang dapat mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan komputer.

Di sisi lain, AI dibangun di atas teori bahwa komputer itu cerdas. AI dapat berpikir, belajar, menghitung, dan menghafal beberapa fakta.

AI juga berasumsi bahwa komputer lebih unggul daripada manusia, karena mereka tidak pernah lelah atau letih. Mereka dapat melakukan tugas selama 24 jam tanpa henti.

Artificial Intelligence bagian dari ilmu komputer memang benar. Namun, keduanya tetap memiliki perbedaan, yaitu perbedaan dalam hal prinsip.

Masa Depan Dunia di Tangan AI?

artificial intelligence bagian dari ilmu komputer
Gambar: thriveglobal.com

AI sama seperti pedang, di mana keberadaannya bisa mendatangkan manfaat dan juga bisa mendatangkan bahaya.

Mengapa demikian?

Jika dimanfaatkan untuk kebaikan, Artificial Intelligence akan sangat membantu kehidupan manusia, seperti AI yang ada pada Google Assistant.

Namun, jika AI dimanfaatkan untuk keburukan, maka yang akan terjadi adalah kehancuran, karena AI bisa memicu terjadinya perang.

Apakah benar masa depan dunia di tangan AI?

Bisa dikatakan seperti itu, karena hari ini saja, yang namanya perkembangan AI tumbuh begitu cepat. Bahkan, beberapa perusahaan di dunia mulai berlomba-lomba untuk menggunakan AI ke dalam sistem mereka.

Kesimpulan

Perdebatan besar tentang apakah Artificial Intelligence bagian dari ilmu komputer sudah terjawab, di mana AI memang bagian dari ilmu komputer.

Apakah harus takut dengan AI? Harusnya tidak, karena tiap zaman memang memiliki tantangannya sendiri-sendiri.

Baca: Kok Bisa? Kecerdasan Manusia Keok oleh Teknologi AI Buatan Google

Lagipula, di luaran sana juga masih ada para pakar AI yang peduli akan keselamatan manusia, di mana mereka sudah memperingatkan agar AI tidak disalahgunakan.

Artificial Intelligence mungkin menjadi salah satu teknologi yang dapat mengubah hidup, bahkan sejarah manusia. Meskipun begitu, satu kalimat yang harus Anda ingat adalah “Jangan Takut.”



Loading...


Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *