Asus ZenFone 3

Smartphone Android Kamera Berkualitas “Asus ZenFone 3 (ZE520KL)”

Smartphone Android Asus ZenFone 3 – Menjadi salah satu perusahaan teknologi bersekala internasional, Asus adalah salah satu brand terbaik berpengalaman dalam memproduksi atau menyajikan produk teknologi yang inovatif dan canggih. Di Indonesia sendiri ada banyak produk teknologi yang telah dipasarkan oleh Asus.

Salah satu produk teknologi yang populer adalah Asus ZenFone. Yaitu smartphone berbasis Android yang tersedia dalam beberapa pilihan seri terbaik.

Seperti yang bisa kita ketahui bersama perusahaan Asus telah memasarkan smartphone Android ZenFone sejak September 2016 tahun lalu. Melalui postingan ini, Anda akan mendapatkan ulasan (review) ekslusif produk Asus ZenFone 3. Jadi pastikan Anda dalam posisi santai untuk membaca postingan ini hingga selesai.

Prilisan Smartphone Android Asus ZenFone 3 di Indonesia

perilisan-seri-asus-zenfone-3-di-indonesia
Foto via (asus.com)

Berdasarkan informasi yang berhasil Klik Mania himpun, dari Tekno.Kompas. Jajaran smartphone Android ZenFone 3 secara resmi dirilis oleh Asus dalam sebuah acara bertema Zenvolution di Nusa Dua Convention Center, Bali, Indonesia pada Rabu (7/9/2016).

Perusahaan teknologi berpusat di Taiwan ini, menyediakan Asus ZenFone 3 dalam lima seri terbaik untuk pasar Indonesia. Diantaranya adalah Zenfone 3 (standar), Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Laser, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Max.

Dalam keterangan resmi yang kami terima, CEO Asus Jerry Shen menjelaskan semua seri ZenFone 3 yang dihadirkan bertujuan untuk dapat mengisi semua segmen yang ada di Indonesia.

Menurut CEO Asus Jerry Shen, kelima perangkat tersebut hadir untuk mengisi semua segmen yang ada di Indonesia. “Kini Asus memiliki perangkat dari semua segmen harga,” tutur Jerry.

Meski datang dari jajaran keluarga yang sama, masing-masing seri ZenFone 3 tetap menawarkan karakter desain dan spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Asus ZenFone 3 (ZE520KL) adalah salah satu smartphone Android harga terjangkau dengan performa prima dan sangat direkomendasikan untuk keperluan fotografi mobile.

Loading...

Smartphone Android Asus ZenFone 3 seri ZE520KL Review

Asus ZenFone 3
Asus ZenFone 3 series via https://www.asus.com

Desain ZenFone 3 seri ZE520KL

Dirancang dengan dukungan layar luas berkukuran 5,2 inci (1.920 x 1.080 piksel), Asus ZenFone 3 ZE520KL tetap menawarkan kenyamanan bagi setiap pemiliknya. Smartphone Android ini dipastikan tetap dapat diopersaikan dengan mudah meski digenggam menggunakan satu tangan.

Rangka atau body Asus ZenFone 3 ZE520KL dirancang dari bahan aerospace grade alluminium alloy dengan sentuhan diamond edge cutting di bagian bezel. Bahan ini dipastikan membuat smartphone Android ZenFone 3 terlihat benar-benar kokoh dan elegan menarik mata siapa saja yang melihatnya.

Untuk mendongkrak tampilan menjadi semakin mewah Asus menambahkan lapisan kaca dengan perlindungan Corning Gorilla Glass selain tahan terhadap goresan, kaca pelindung ini juga menawarkan efek glossy pada bagian depan dan belakang Asus ZenFone 3 ZE520KL.

ZenFone 3 sekilas memiliki desain yang tampak seperti perpaduan iPhone dan Galaxy S7. Terutama dari segi desain bingkai pinggir dan cover bagian belakangnya sangat mirip satu sama lain. Tampil dengan desain body yang cukup simple, pengguna hanya akan menemukan dua tombol fisik yang keduanya terletak di sisi kanan yaitu tombol on/off dan volume.

Hampir mirip dengan desain smartphone Android lain pada umumnya, tombol kapasitif terletak di bawah bagian layar. Port audio jack di sisi atas, serta port USB Type-C dan speaker di sisi bawah perangkat.

Pada cover bagian belakang, Asus menempatkan kamera utama yang sudah didukung flash LED dan sebuah fitur canggih sensor sidik jari dipasang tepat di bawah kamera belakang tersebut. Fitur fingerprint scanner bisa dipakai untuk berbagai hal seperti membuka kunci ponsel, menjawab panggilan masuk dan melakukan pengambilan gambar.

Baca : Mengetahui Fungsi Sensor Sidik Jari dan Pilihan Ponsel Fingerprint Terbaik

Bahan bingkai premium serta tombol navigasi simple yang fungsional, membuat konsep desain ZenFone 3 seri ZE520KL mampu menawarkan kemudahan dalam pengoperasian meski hanya menggunakan satu tangan saja.

Spesifikasi Hardware Asus ZenFone 3 ZE520KL

Untuk memastikan performa atau kinerja smartphone Android ZenFone 3 ZE520KL benar-benar optimal, dan tidak macet selama digunakan untuk berbagai keperluan, Asus melengkapi ponsel pintar ini dengan prosesor octa-core 2,5GHz Snapdragon 625.

Asus ZenFone 3 ini sangat lancar ketika digunakan untuk bermain gim seperti seperti Fruit Ninja dan Asphalt 8 yang mengharuskan jemari terus-menerus melakukan sapuan di atas layar. Tak hanya itu, ZenFone 3 pun sanggup menjalankan berbagai aplikasi sekaligus dengan performa yang mulus.

Asus membekali ZenFone 3 dengan antar muka ZenUI 3.1. Saat pertama kali digunakan, smartphone ini memiliki tiga app drawer berisi berbagai aplikasi bawaan.

Sayang, banyaknya notifikasi yang muncul saat baru menggunakan smartphone ini cukup mengganggu. Mulai dari notifikasi bawaan hingga pihak ketiga meramaikan bar notifikasi ZenFone 3.

Jika kalian merasa terganggu, maka bisa memilih aplikasi apa saja yang diizinkan untuk mengirim aplikasi. Pengaturan notifikasi menjadi lebih mudah berkat adanya aplikasi bawaan Mobile Manager di ZenFone 3.

Kualitas Kamera Asus ZenFone 3 ZE520KL

Asus ZenFone 3
Asus ZenFone 3 seri ZE520KL via https://www.asus.com/

Asus membekali ZenFone 3 dengan dua kamera. Di bagian depan ada kamera berkualitas 8 MP dan dibagian belakang ada kamera berkualitas 16 MP dengan aperture f/2.0. Mengusung tagline “Built for Photography”, performa kamera ZenFone 3 menjadi salah satu fitur unggulan yang sangat direkomendasikan untuk keperluan fotografi mobile.

Kamera utama Asus ZenFone 3 ZE520KL, mampu memberikan hasil foto yang benar-benar memuaskan ketika pemotretan dilakukan siang hari atau cahaya terang.

Sementara kamera depan, para penggemar selfie akan benar-benar dibuat jatuh hati dengan smartphone Asus ZenFone 3 ZE520KL ini. Pasalnya, Asus melengkapi ZenFone 3 dengan serangkaian opsi modus pengambilan gambar seperti Beautification, Selfie Panorama, HDR Pro dan GIF. Untuk fitur Beautification, dapat Anda gunakan untuk membuat wajah menjadi lebih tirus dan cantik.

Opsi modus tersebut juga tersedia untuk kamera belakang. Namun opsi modus tersebut mendapatkan tambahan fitur seperti HDR Pro, Depth of Field hingga Manual.

Khusus modus Manual, dapat digunakan untuk keperluan pengaturan kamera seperti ISO, Exposure, Focus hingga White balance. Ada lebih dari 19 opsi modus pemotretan yang bisa anda pilih. Seluruh opsi modus tersebut dipastikan akan membuat kegiatan fotografi mobile Anda menjadi lebih menyenangkan dengan hasil foto yang mengesankan. Pada opsi Manual ini, Anda bisa mengatur saturation, contrast, sharpness, tingkat noise, dan backlight.

RAM & ROM Asus ZenFone 3 ZE520KL

Untuk memasikan kinerja prosesor berjalan sempurna. Asus mendukung prosesor octa-core 2,5GHz Snapdragon 625 dengan RAM sebesar 3 GB. Sementara pada bagian memori penyimpanan internal, Asus membekali ponsel ini dengan ROM berkapasitas 32 GB dan dapat diperluas dengan tambahan slot microSD.

Sistem Operasi

Ponsel Asus ZenFone 3 ZE520KL ini didukung dengan sistem operasi Android terbaru Marshmallow versi 6.0. Sistem operasi ini dipastikan dapat bersinergi secara mulus dan ringan dengan antar muka ZenUI 3.1.

Kualitas dan Kapasitas Baterai

ZenFone 3 seri ZE520KL dipastikan dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama bahkan tanpa memerlukan terhubung dengan perangkat daya tambahan seperti Powerbank. Ponsel pintar Android milik Asus ini dibekali dengan baterai berkualitas Li-Ion dapat dibongkar pasang dengan kapasitas sebesar 3000 mAh.

Pilihan Warna Ponsel Android ZenFone ZE520KL

Untuk memastikan setiap konsumen di Indonesia dapat memilih ZenFone 3 yang sesuai dengan karakter dan style mereka. Asus menawarkan Asus ZenFone 3 dengan 3 pilihan warna yaitu : Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold.

Harga Ponsel Pintar Android ZenFone 3 seri ZE520KL di Indonesia

ZenFone 3 tersedia dalam beberapa seri dengan harga jual mulai dari 2 juta hingga 11 juta, dan seri ZE520KL masuk dalam ponsel Android kelas menengah yang dibandrol dengan harga cukup terjangkau. Untuk dapat memiliki Asus ZenFone ZE520KL, Anda cukup mengeluar kocek sekitar Rp. 4,1 juta saja.

Foto Produk dan Tabel Spesifikasi Smartphone ZenFone 3 ZE520KL

Foto via KOMPAS.com (Oik Yusuf/)
Foto via KOMPAS.com (Oik Yusuf/)
Detail SpesifikasiAsus ZenFone 3 ZE520KL
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)
ProsesorQualcomm MSM8953 Snapdragon 625
RAM3 GB
ROM32 GB
Total Dimensi146.9 x 74 x 7.7 mm
Dimensi Layar5.2 inches 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
Bobot144 g
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTE
Pilihan WarnaSapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold
SIMDual SIM (Micro-SIM)
Kamera16 MP, f/2.0, LED flash & 8 MP, f/2.0, 1080p
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery

Pro

  • Desain elegan dan mewah
  • Fitur kamera lengkap dengan berabgai pilihan mode opsi
  • Harga terjangkau
  • Sudah didukung fitur fingerprint scanner
  • Baterai besar dilengkapi fitur fast charging

Kontra

  • Aplikasi default terlalu banyak
  • Lapisan kaca glossy membuat smartphone mudah kotor
  • Tidak anti air

Rival Terdekat Smartphone Asus ZenFone 3 ZE520KL

Asus ZenFone 3 ZE520KL sepertinya akan mendapatkan persaingan cukup ketat dari dalam dan luar. Persaingan dari dalam, Asus ZenFone 3 dipastikan akan ditempel ketat oleh ZenFone 3 Max (ZC520TL). ZenFone 3 Max ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah, yaitu sekitar 2,2 juta.

Dibandrol dengan harga yang lebih murah, ZenFone 3 Max didukung dengan layar dengan luas yang sama dengan ZenFone 3 ZE520KL.

Layar ZenFone 3 Max juga sudah menggunakan teknologi IPS dengan balutan Croning Gorillas Glass. Namun dari segi prosesor, ram dan ruang penyimpanan. ZenFone 3 Max tidak sama dengan ZenFone 3 ZE520KL.

ZenFone 3 Max didukung RAM sebesar 2 GB dengan penyimpanan internal 16 GB saja. Angka ini jauh di bawah ZenFone 3 ZE520KL.

Sementara dari segi jenis dan clock speed prosesor juga kedua ponsel ini berbeda satu sama lain. ZenFone 3 Max menggunakan prosesor quad-core dari Mediatek dengan clock speed 1,4 GHz.

Tabel Perbandingan ZenFone 3 ZE520KL & ZenFone 3 Max (ZC520TL)

Detail SpesifikasiAsus ZenFone 3 ZE520KLAsus ZenFone 3 Max ZC520TL
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
ProsesorQualcomm MSM8953 Snapdragon 625Mediatek MT6737M Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
RAM3 GB2 GB
ROM32 GB16 GB
Total Dimensi146.9 x 74 x 7.7 mm149.5 x 73.7 x 8.6 mm
Dimensi Layar5.2 inches 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)5.2 inches 720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
Bobot144 g148 g
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE
Pilihan WarnaSapphire Black, Moonlight White, Shimmer GoldTitanium Grey, Glacier Silver, Sand Gold
SIMDual SIM (Micro-SIM)Dual SIM (Micro-SIM)
Kamera16 MP, f/2.0, LED flash & 8 MP, f/2.0, 1080p13 MP, f/2.2, LED flash & 8 MP, f/2.0, 1080p
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspotWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAhNon-removable Li-Po 4130 mAh

ZenFone 3 ZE520KL vs Oppo F1 Plus & F1s

Foto Produk Smartphone Oppo F1 Plus
Foto Produk Smartphone Oppo F1 Plus

Dalam peluncurannya di Bali, Indonesia, Asus mencoba melakukan membandingkan produk seri ZenFone 3 dengan beberapa rival terdekatnya, salah satunya adalah Oppo. Berdasarkan hasil riset dari Couterpoint tentang peringkat vendor di pasar smartphone Indonesia, Oppo bertengger di peringkat dua, di bawah Samsung. Baru kemudian diikuti dengan Asus.

Oppo F1 Plus dan juga F1s dipercaya akan menjadi rival terdekat dari ZenFone 3, Oppo sendiri mengklaim jika Oppo F1 Plus dan juga F1s sukses diterima pasar.

Dari segi bobot

Bila dibandingkan dengan dua smartphone milik Oppo tersebut, Asus ZenFone 3 ZE520KL memiliki bobot yang sedikit lebih ringan. Oppo F1 Plus berdimensi 151.8 x 74.3 x 6.6 mm dengan bobot 145 gram. Sedangkan Oppo F1s berukuran 154.5 x 76 x 7.4 mm dengan berat 160 gram.
Desain

Dari segi dimensi layar

Dari dimensi atau luas dan tekonologi layar, ketiganya sama-sama dibekali dengan layar sentuh berukuran sama, 5 inchi berresolusi Full HD (1920×1080 pixels). Jika Asus Zenfone 3 layar berteknologi IPS+ , Oppo F1 Plus mengadopsi jenis layar AMOLED dan Oppo F1s berlayar IPS. Layar smartphone Oppo F1 Plus dan juga F1s juga sama-sama sudah dilapisi Corning Gorilla Glass. Hanya beda versi saja, Asus Zenfone 3 Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Oppo F1 Plus dan F1s Corning Gorilla Glass 4.

Dari segi kamera

Dari segi kamera, Oppo F1 Plus dan F1s merupakan salah satu ponsel selfie terbaik. Berbeda dengan ZenFone 3 ZE520KL, kamera depat kedua smartphone ini jauh lebih berkualitas yaitu sekitar 16 megapixels dengan f/2.2 apperture. Namun dari segi kamera Belakang Asus Zenfone 3 lebih baik dengan kamera berkualitas 16 megapiksel dengan 1/3″ sensor size dan f/2.0 apperture. Sementara smartphone Oppo F1 Plus hanya menggunakan kamera belakang berkualitas 13 megapiksel dengan 1/3″ sensor size dan f/2.2 apperture.

Dari segi prosesor

Oppo F1 Plus dan F1s didukung dengan prosesor yang berbeda dengan prosesor yang digunakan pada ZenFone 3 ZE520KL. Oppo menggunakan prosesor buatan Mediatek. Yaitu Mediatek MT6755 Octacore 2 GHz dan Oppo F1s yang berprosesor Mediatek MT6750 Octacore 1,5 GHz. Untuk tampilan grafisnya, Oppo F1 Plus dan F1s mengandalkan GPU Mali T860 MP2.

 RAM & ROM

RAM Asus Zenfone 3 ZE520KL sama besarnya dengan Oppo F1 Plus dan Oppo F1s. Jika ZenFone 3 ZE520KL didukung dengan memori internal berkapasitas 32 GB, Oppo F1 Plus memiliki kapasitas lebih besar yaitu sekitar 64 GB plus Micro SD yang mendukung hingga 256 GB. Sementara Oppo F1s membawa memori internal yang sama besar dengan ZenFone 3.

Dari segi kualitas dan kapasitas baterai

Asus Zenfone 3 ZE520KL didukung baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh plus fitur Fast Charging. Sementara Oppo F1 Plus dibekali baterai Non-removable Li-Po 2850 mAh. Dan Oppo F1 s menggunakan baterai Non-removable Li-Po 3075 mAh.

Fitur pengaman dan versi OS

Ketiga smartphone ini sudah sama-sama dilengkapi dengan Fingerprint Scanner. Untuk sistem operasinya, Oppo F1 Plus dan F1s masih mengadopsi Android v5.1 (Lollipop). Sedangkan Asus Zenfone 3 sudah berversi Android OS, v6.0.1 (Marshmallow).

Tabel Perbandingan Spesifikasi Asus ZenFone 3 dengan Oppo

Detail SpesifikasiAsus ZenFone 3 ZE520KLOppo Oppo F1 PlusOppo Oppo F1s
OSAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)Android v5.1 (Lollipop)Android v5.1 (Lollipop)
ProsesorQualcomm MSM8953 Snapdragon 625Mediatek MT6755 Octacore 2 GHzMediatek MT6750 Octacore 1,5 GHz
RAM3 GB3 GB3 GB
ROM32 GB64 GB32 GB
Total Dimensi146.9 x 74 x 7.7 mm151.8 x 74.3 x 6.6 mm154.5 x 76 x 7.4 mm
Dimensi Layar5.2 inches 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)5.5 inches 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)5.5 inches 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
Bobot144 g145 g160 g
Teknologi JaringanGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTEGSM / HSPA / LTE
SIMDual SIM (Micro-SIM)Dual SIM (Micro-SIM)Dual SIM (Micro-SIM)
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAhNon-removable Li-Po 2850 mAhLi-Po 3075 mAh

 Penutup

Meski dipastikan akan mendapatkan persaingan ketat dalam merebut hati konsumen, termasuk juga seluruh konsumen di Indonesia.  Tampilan yang dibalut bahan berkualitas yang menarik dengan desain premium serta kamera belakang yang unggul menjadi daya tarik untuk memikat hati pecinta fotografi mobile, terlebih lagi harganya juga cukup terjangkau.

Bila melihat spesifikasi serta dukungan fitur yang tersemat pada Smartphone Asus ZenFone 3. Tidak salah jika dimasukkan Asus ZenFone 3 dimasukan ke dalam kategori smartphone kelas menengah terbaik untuk tahun ini. Harga terjangkau sekitar Rp 4,1 juta, juga membuat smartphone Android ZenFone 3 ini berpeluang memikat hati para konsumen.

Terakhir, jika Anda memiliki pendapat mengenai spesifikasi smartphone Android Asus ZenFone 3 ZE520KL dan para rivalnya, silahkan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar yang tersedia.

Jangan lupa juga bantu yang lainnya yang ada di dunia ini untuk mengetahui informasi pilihan smartphone Android dengan kamera berkualitas ini, dengan cara menekan tombol share yang tersedia di bawah postingan ini.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *