Internet

4 Cara Atasi Baterai Cepat Habis dan Penyebabnya

4 cara atasi baterai cepat habis dan penyebabnya – Mengapa baterai handphone cepat habis dan bagaimana cara untuk menanganinya? Pada jaman modern ini, tak heran jika hampir setiap orang sulit lepas dari handphone atau pun smartphone.

Tak hanya mereka gunakan sebagai saran komunikasi, namun juga digunakan untuk ajang “gengsi.” Sayangnya, mereka kurang memperhatikan cara merawat organ penting dari handphone tersebut. Banyak orang menyepelekan penyebab-penyebab baterai handphone atau HP cepat habis dan dalam jangka waktu lama akan rusak. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasan berikut ini:

Penggunaan secara terus menerus tanpa henti

Memang tak dipungkiri, peran dari handphone atau pun smartphone sekarang ini sangat penting, baik dari segi komunikasi atau pun yang lainnya. Dengan begitu, banyak orang sulit lepas dari handphone. Mulai dari baterai 100% hingga 4%, kemudian di charger hingga 100% kembali, setelah itu digunakan lagi hingga habis dan begitu seterusnya.

Hal tersebut bisa menyebabkan baterai cepat drop dikarenakan terlalu sering di isi daya. Selain baterai akan cepat drop, karena terlalu sering di charger dapat menimbulkan lecet di bagian lubang charger handphone anda.

Digunakan saat handphone dalam kondisi mengisi daya

Poin satu ini seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang. Mereka seringkali menggunakan handphone saat sedang mengisi daya (di charger). Misalnya mereka gunakan untuk membalas pesan, bermain game, mendengarkan musik, bahkan melakukan panggilan telepon. Hal ini bisa membuatkan zat kimia yang berada di dalam baterai handphone anda bocor. Meskipun sepele, namun patut dihindari karena bisa menyebabkan baterai cepat habis dan lama-kelamaan akan mengalami kerusakan.

Data selular menyala setiap saat

Bagi anda pengguna smartphone, pasti tidak akan lepas dengan yang namanya paket internet. Dengan paket internet, anda bisa leluasa mengakses berbagai situs atau pun jejaring sosial (sosial media). Karena hal itu, kebanyakan dari pengguna akan terus menerus menyalakan data selular. Nah, dengan menyalah nya data selular secara terus menerus, maka akan meningkatkan daya kerja dari handphone anda, dan akhirnya baterai handphone akan cepat habis.

Aplikasi masih banyak yang terbuka

Bagi pengguna smartphone, pasti anda paham maksud dari aplikasi masih banyak yang terbuka. Saat anda selesai menggunakan atau membuka aplikasi pada smartphone kemudian anda kembalikan pada menu home, otomatis aplikasi yang baru saja anda buka bisa dilihat di jendela aplikasi. Disana ada aplikasi yang telah anda buka dan masih bekerja di latar belakang. Jika terlalu banyak aplikasi yang terbuka, akan menyebabkan baterai handphone anda cepat terkuras habis.

Itulah penjelasan tentang  penyebab baterai cepat habis. Jangan menyepelekan hal-hal kecil tersebut, karena baterai yang cepat habis adalah awal dari kerusakan baterai handphone anda. Setelah baterai handphone anda cepat habis, lama-kelamaan baterai anda akan kembung dikarenakan baterai tersebut bocor.

Loading...

Baterai yang kembung jika dibiarkan terus-menerus di dalam handphone dengan jangka waktu panjang dapat merusak handphone anda. Jadi, jika baterai anda sudah kembung, disarankan untuk membeli yang baru lagi.

Setelah penulis menjelaskan tentang  ‘penyebab baterai cepat habis,’ maka penulis akan menjelaskan beberapa cara untuk mencegah baterai cepat habis dan rusak. Berikut penjelasannya:

1. Hindari mengisi daya saat sedang isi daya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa menggunakan handphone untuk berbagai macam kegiatan saat dalam kondisi mengisi daya dapat menyebabkan baterai cepat habis. Tak hanya cepat habis, dalam jangka panjang bisa menyebabkan baterai bocor dan akhirnya kembung. Untuk itu, sangat dianjurkan menghindari penggunaan handphone saat mengisi daya.

2. Isi daya tepat pada waktunya

Banyak orang yang belum mengetahui cara ini. Sebaiknya anda mengisi daya saat handphone anda dalam kondisi benar-benar habis atau untuk smartphone saat ada peringatan ‘baterai lemah.’ Dan lepas charger saat baterai sudah penuh 100%. Jangan dibiasakan meneruskan mengisi daya saat baterai sudah benar-benar penuh. Hal-hal itu dapat menyebabkan baterai cepat habis sebelum bocor dan akhirnya kembung.

3. Matikan data selular saat tak digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa menyalakan data selular secara terus-menerus walau handphone tidak sedang digunakan akan menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu, jika handphone atau smartphone anda tidak sedang digunakan, sebaiknya matikan data selular anda untuk menghemat daya dan data.

4. Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan

Biasa kan menutup aplikasi yang sudah benar-benar tidak anda gunakan di jendela aplikasi atau di latar belakang. Hal tersebut membantu anda untuk menghemat daya baterai dan meringankan kinerja handphone anda.

Referensi lain : Spesifikasi Smartphone Alcatel XI Yang Tangguh Dikelasnya



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Nino Artikel adalah seorang pria yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button