ponsel tercebur air

Jangan Panik, Begini Cara Mudah Atasi Ponsel Tercebur Air dan Basah Kuyup

Ponsel tercebur air merupakan suatu mimpi buruk untuk semua orang tentunya. Panik, marah dan ingin menangis tentu saja bercampur dalam perasaan.

Terlebih yang tercebur adalah ponsel kesayangan Anda dan harganya terbilang tidak murah. Selain itu, ponsel tercebur air tentunya kemungkinan besar terjadi kerusakan pasti ada, karena dalam kondisi basah.

Jika ponsel tersebut sudah tercebur, tentunya Anda langsung kesulitan untuk mendapatkan cara yang benar untuk bisa mengeringkan ponsel tercebur air.

Karena masih merasa panik, sebagian orang melakukan hal yang dapat memperburuk situasi. Banyak juga orang yang melakukan hal di mana tanpa disadari justru makan membuat ponsel menjadi rusak.

Apa yang tidak boleh dilakukan saat ponsel tercebur air?

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan:

Jangan Memencet Ponsel

Anda jangan pernah memencet – mencet ponsel sesaat setelah tercebur kedalam air.

Dilansir dari Android Authority yang memberi peringatan, jika memencet tombol maupun layar pada ponsel bisa menimbulkan air yang ada di dalamnya terdorong pada komponen yang lebih dalam.

Hal ini kemungkinan dapat membuat ponsel menjadi lebih rusak. Selain itu juga bisa membuat ponsel terjadi korsleting.

Loading...

Lalu bagaimana jika ponsel tersebut masih menyala?

Jangan mematikan ponsel tersebut dengan memencet tombol in ataupun off karena dapat menimbulkan korsleting. Ada baiknya jika Anda langsung melepaskan penutup baterainya saja.

Jangan Menggunakan Pengering Rambut

Atasi Ponsel Tercebur Air

Jangan menggunakan pengering rambut, memang hal ini terkesan menjadi sebuah solusi yang tepat. Namun ternyata hal ini sangat tidak disarankan.

Alasannya sendiri karena tekanan udara yang ada pada pengering rambut dapat mendorong air masuk ke tempat yang lebih dalam.

Selain itu, panas yang berasal dari pengering rambut sangat tidak baik untuk sebuah ponsel. Udara panas dari pengering rambut sendiri dapat membuat panas yang berlebihan pada ponsel sehingga ponsel berpotensi menjadi merusak.

Jangan dibawa Kemanapun

Selain itu Anda juga tidak disarankan untuk membawa ponsel tersebut kemana – mana. Pada saat ponsel tersebut basah, maka sebaiknya diletakkan pada permukaan yang datar. Dan jika bisa diletakkan di atas handuk ataupun tisu.

Jika ponsel basah dibawa – bawa, maka akan dapat menggerakkan air yang ada di dalam ponsel tersebut. Dengan demikian air akan semakin masuk ke dalam komponen ponsel yang lebih dalam.

Jadi pada intinya cukup sederhana bukan dalam mengatasi masalah jika ponsel tercebur air?

Yang terpenting adalah Anda tak perlu melakukan beberapa hal di atas. Justru akan lebih aman jika ponsel dibiarkan terlebih dulu agar nantinya kering dengan sendirinya.

Setelah itu sebaiknya dibawa ke reparasi ponsel saja apabila memang terjadi masalah.

Apabila Anda memang sering mengalami ponsel tercebur air, baik secara tidak sengaja atau banyak aktifitas di lingkungan yang penuh air, sebaiknya mulai memikirkan untuk membeli Smartphone Anti air.


Loading...

Bagikan

DianIsmoyo

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *