Ayo Poligami dan Beberapa Situs Perjodohan di Indonesia

Ayo Poligami – Situs yang satu ini mendadak populer setelah beberapa media ternama tanah air membahasnya dan beberapa blog ikut-ikutan dengan membuka kejanggalan yang terdapat didalamnya.

Situs Ayo Poligami pastinya berbeda dengan Nikahsirri, karena sampai saat ini masih bisa beroperasi dan sudah diunduh 5.000 orang (data makassar.tribunnews.com). Kehadiran situs yang semacam ini pasti menimbulkan keresahan di dalam masyarakat, karena kehadirannya amat sangat rawan untuk disimpangkan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan agama.

Ayo Poligami Membuat Gaduh?

ayo poligami

Gambar : Dok. Pribadi

Ajaran poligami adalah ajaran yang diperintahkan oleh islam. Namun, untuk lebih melihat detail mengenai hukum dan hikmahnya, silahkan membaca penjelasan dibawah ini:

  • Poligami adalah syariat yang Allah pilihkan pada umat Islam untuk kemaslahatan mereka.
  • Seorang wanita terkadang mengalami sakit, haid dan nifas. Sedangkan seorang lelaki selalu siap untuk menjadi penyebab bertambahnya umat ini. Dengan adanya syariat poligami ini, tentunya manfaat ini tidak akan hilang sia-sia.
  • Jumlah lelaki yang lebih sedikit dibanding wanita dan lelaki lebih banyak menghadapi sebab kematian dalam hidupnya. Jika tidak ada syariat poligami sehingga seorang lelaki hanya diizinkan menikahi seorang wanita maka akan banyak wanita yang tidak mendapatkan suami sehingga dikhawatirkan terjerumus dalam perbuatan kotor dan berpaling dari petunjuk Al Quran dan Sunnah.
  • Secara umum, seluruh wanita siap menikah sedangkan lelaki banyak yang belum siap menikah karena kefakirannya sehingga lelaki yang siap menikah lebih sedikit dibandingkan dengan wanita. (Sumber: konsultasisyariah)

Penjelasan diatas hanyalah secuil nukilan dari web konsultasi syariah. Adapun untuk selengkapnya, silahkan klik link yang menuju ke tautan website tersebut.

Bagaimana Proses Pendaftarannya?

Proses pendaftaran untuk menjadi member di situs Ayo Poligami tergolong mudah, dimana kita hanya tinggal mendaftar, seperti di sosial media Facebook dan Twitter. Namun, kemudahan itu bisa dirasakan sebelum website resminya diperbaharui.

Kini, siapapun mereka yang ingin bergabung harus melalui proses verifikasi yang cukup lengkap, seperti menyerahkan foto KTP asli, akta cerai hingga surat izin menikah lagi dari istri.

Syarat-syarat pendaftaran:

  • Setiap anggota dari situs AyoPoligami.com wajib patuh terhadap peraturan. serta wajib install Aplikasi TELEGRAM DI HP Anda.
  • Setiap anggota wajib memberikan foto dokumen resmi diri nya , Nama Akun di AyoPoligami.com wajib sama dengan KTP.
  • Daftar sesuai KTP dan status pernikahan di KTP.
  • Dokumen yang diberikan setelah daftar
    1. Pria/Wanita (Belum Kawin), Foto KTP Asli
    2. Duda/Janda, Foto KTP Asli dan Akta Cerai
    3. Suami yang memiliki istri, Foto KTP Asli dan Surat Izin Menikah lagi dari Istri , materai 6000 dan tandatangan RT/RW serta istri. serta Foto KTP Istri ASLI.
  • Semua Foto yang di upload akan di moderator, 2 buah foto diri Wajib yang sopan. Foto KTP Asli. semua foto wajib di private. jika foto yang di upload tidak sopan serta pornografi, maka di banned dari keanggotaan
    CHATTING.
  • dll ..

Kurang lebih seperti itulah proses pendaftaran terbaru AyoPoligami.com, karena sebelumnya seseorang hanya butuh email untuk registrasi dan secara otomatis sudah terdaftar.

Beberapa perubahan yang dilakukan ini, nampaknya mengacu dari ulasan beberapa blog yang menyinggung, bahwa di aplikasi atau situs tersebut terdapat penyimpangan, seperti chat mesum atau hal-hal yang diluar kepatutan.

Ada Fakta Unik

Kurang lebih ada dua fakta unik yang ditemukan dalam situs Ayo Poligami, diantaranya adalah:

  • Kaum pria lebih mendominasi. (data sebelum situs diperbaharui)
  • Freelancer ikut andil dalam penggarapannya.

Untuk poin pertama, kamu pasti sudah tahu mengapa situs tersebut lebih di dominasi kaum pria. Dari namanya saja sudah berisi ajakan Ayo Poligami yang hukum poligami itu hanya bisa dilakukan oleh para pria, sehingga sangat tidak mengherankan jika para pria menjadi mayoritas di situs tersebut.

Adapun untuk poin kedua, fakta tersebut didapatkan dari situs freelance (projects.co.id). Kamu yang jago desain grafis dan sering mendapatkan pekerjaan di projects.co.id pasti tidak kaget dengan nama Ayo Poligami, karena mungkin kamu adalah salah satu freelance yang ikut bidding saat ada pekerjaan dari situs tersebut.

Berikut ini adalah contoh-contohnya:

Pekerjaan 1:

Judul pekerjaan: Membuat kartun untuk web ayopoligami.com

Deskripsi pekerjaan: kita mau buat kartun seperti secondwife.com dan uniq serta tidak mirip dengan image google search manapun dan web manapun.

Total bid: 34 orang

Pekerjaan 2:

Judul pekerjaan: Kartun programmer sedang mengetik

Deskripsi pekerjaan: All, Kita mau buat kartun, orang berjenggot sedang duduk dan mengetik laptop. ditemani dengan 3 orang wanita berjilbab. dan ada anaknya.

Total bid: 3 orang

Situs Yang Membuat Gaduh?

Untuk menilai apakah AyoPoligami.com membuat gaduh atau tidak, mari kita melihat beberapa komentar dari Netizen yang diambil dari play.google.com:

Komentar 1:

Memberi kesan negatif pada Islam. Baiknya judul diganti (biar seolah2 tidak seperti rebutan antara yg sudah memiliki jodoh dan yg msh bujangan) Wallahualam.

Komentar 2:

Karena penasaran akhirnya download. Tapi aplikasinya gk banget . Baru daftar dh error’. Suruh cek email. Gk ada pesan apa2 tuh d inbox.

Komentar 3:

Berkat aplikasi ini tetangga saya jadi bisa nikah lagi, dan sialnya saya yg kena sasaran ngamuk istri lamanya. Thanx

Dari komentar diatas kita bisa melihat ada yang menanggapi secara bijak, menyesal, ngelucu, bahkan ada yang memaki-maki, namun tidak ditampilkan. Jadi, apakah AyoPoligami.com membuat gaduh? Kamu pasti sudah bisa menyimpulkan.

Bagaimana Dengan Situs Lain?

Berikut ini adalah situs-situs perjodohan yang ada di Indonesia:

  • setipe.com
  • meetra.co.id
  • ayonikah.com
  • belahanjiwa.com
  • jodohsakinah.com
  • indonesiancupid.com

Dibandingkan dengan AyoPoligami.com, situs-situs yang sudah disebutkan tadi lebih tenang dalam pengoperasiannya. Padahal, kita semua pasti meyakini akan ada satu dua penyimpangan yang ada didalamnya, baik itu dari operator maupun pengguna.

Jadi, kesimpulannya adalah semua situs bisa saja menjadi sarang penyimpangan, kecuali penggunanya menggunakan internet secara positif dan pihak operator melakukan pencegahan dari hal-hal yang tidak patut.

Kesimpulan

Poligami adalah ajaran yang dibenarkan, karena poligami itu lebih baik daripada zina. Namun, poligami itu bukanlah ajaran yang bisa dilakukan dengan mudah, karena harus memenuhi syarat terlebih dahulu untuk melakukannya.

Poligami itu dari islam, maka sangat tidak elok apabila membenci islam hanya karena ada syari’at poligami didalamnya. Dan syari’at ini tidaklah wajib, karena menikahi empat orang wanita itu tidaklah gampang. Lagipula, seorang suami kadang terlalu cinta atau terkadang takut kepada istrinya.

Adapun untuk mereka yang mengetahui penyimpangan didalam situs perjodohan (apapun itu namanya), silahkan melapor ke Kominfo pasti mereka akan segera bertindak. Dan yang terakhir adalah jangan membuat situs yang mengatasnamakan agama, apabila didalamnya terdapat penyimpangan.

Related Posts

About The Author

Add Comment