Internet

Bahaya, Virus Joker Mengintai Para Pengguna Android

Virus Joker Hinggap di 24 Aplikasi

Joker adalah sosok fiktif yang menjadi musuh Batman. Sosok Joker dikenal sebagai sosok yang jahat, bahkan saking jahatnya, nama Joker dijadikan sebuah virus di mana virus Joker mengancam para pengguna Android.

Keberadaan virus Joker ini pertama kali ditemukan oleh Akesejs Kuprins yang merupakan seorang peneliti dari CSIS Group di mana ia menemukan virus tersebut menyusup di puluhan aplikasi Android yang terdapat di Google Play Store.

Dalam postingannya di blog Medium, Akesejs Kuprins menuliskan jika saat ini sudah ditemukan 24 aplikasi yang disusupi Joker yang secara keseluruhan telah terpasang lebih dari 427.000 kali. Jika salah satu aplikasi tersebut terpasang di ponsel Android Anda, tentu Anda harus segera menghapusnya.

Cara Kerja Virus Joker

Akesejs Kuprins menjelaskan jika Joker ini adalah tipe virus atau malware yang bisa mencuri uang seseorang dengan cara berlangganan premium tanpa sepengetahuan korbannya. Selain itu, Joker juga bisa membaca isi pesan teks di ponsel pengguna, klik iklan, hingga mencuri informasi perangkat dan daftar kontak.

Saat ini, negara yang menjadi incaran Joker cukup banyak dimulai dari benua Amerika hingga Asia, di antaranya adalah AS, Mesir, Perancis, Jerman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Singapura. Kurang lebih ada 37 negara yang menjadi incaran, dan Indonesia termasuk di dalamnya.

Berikut ini daftar lengkap negara yang menjadi incaran Joker:

Australia Austria
Belgia Brazil
China Siprus
Mesir Perancis
Jerman Ghana
Yunani Honduras
India Indonesia
Irlandia Itali
Kuwait Malaysia
Norwegia Polandia
Portugal Qatar
Argentina Serbia
Singapura Slovenia
Spanyol Swedia
Swiss Thailand
Turki Ukraina
Uni Emirat Arab Inggris Raya
Amerika Serikat Myanmar
Belanda

Siapa dalang Joker?

Belum diketahui secara pasti. Namun Akesejs Kuprins menjelaskan, jika transkrip dari kode bot, komentar, komando, dan juga server kontrol ditulis menggunakan Bahasa Mandarin. Bisa jadi dalang dari aksi Joker ini berasal dari China atau negara yang berada di sekitarnya.

Hapus 24 Aplikasi Berikut Ini

Pihak Google selaku penyedia Play Store telah menghapus ke-24 aplikasi yang disusupi oleh Joker. Dan sekarang, apabila ke-24 aplikasi berbahaya itu ada di ponsel Anda, maka segera lakukan penghapusan agar Anda tidak menjadi korbannya.

Berikut ini daftar ke-24 aplikasi yang disusupi oleh Joker:

Advocate Wallpaper Age Face
Altar Message Antivirus Security – Security Scan
Beach Camera Board picture editing
Certain Wallpaper Climate SMS
Collate Face Scanner Cute Camera
Dazzle Wallpaper Declare Message
Display Camera Great VPN
Humour Camera Ignite Clean
Leaf Face Scanner Mini Camera
Print Plant scan Rapid Face Scanner
Reward Clean Ruddy SMS
Soby Camera Spark Wallpaper

Baca juga: 7 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android yang Bisa Kamu Unduh

Jika ke-24 aplikasi yang sudah disebutkan terpasang di ponsel Anda, maka segera lakukan penghapusan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek tagihan, apakah kira-kira ada tagihan aplikasi yang sebelumnya tidak pernah Anda lakukan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close