bbm

BBM di Android Kamu Boros Kuota? Yuk Atasi dengan Tips Berikut Ini!!!

BBM boros kuota? Blackberry Messenger atau BBM merupakan salah satu aplikasi chatting populer saat ini. Tidak hanya di ponsel Blackberry saja, BBM kini telah tersedia untuk berbagai platform seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

Sebagai aplikasi chatting yang paling diminati oleh para pengguna smartphone saat ini, tentu banyak yang mendaftar dan menggunakan aplikasi ini sebagai kebutuhan berkomunikasi satu sama lain. Sehingga, seolah BBM sudah seperti aplikasi chatting wajib yang harus diinstall oleh pengguna smartphone.

Namun, aplikasi chatting yang satu ini ternyata banyak menghabiskan kuota internet saya guys. Awalnya saya mengira hanya sedikit kuota yang dibutuhkan, ternyata perkiraan saya meleset. BBM jauh lebih boros kuota dibanding aplikasi chatting lainnya.

Lalu gimana dong cara mengatasinya?

Setelah browsing kesana kemari mencari pencerahan atas kasus ini. Akhirnya saya menemukan tips yang bisa meminimalisir penggunaan kuota internet pada aplikasi BBM tersebut. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut.

Ketahui Rincian Biaya Kuota Internet BBM

Dikutip dari ind-android.com, berikut adalah rincian biaya yang dikeluarkan selama menggunakan BBM:

  1. Jika kamu mengirim pesan “Selamat Pagi”, artinya kamu telah menggunakan kuota internet sebesar 12 KB, dihitung dari seberapa banyak karakter yang digunakan. Jadi, jika sering chat dengan gebetan atau dengan banyak orang sekaligus bukan tidak mungkin kuota internet kamu akan cepat terkuras habis.
  1. Sering gonta-ganti DP BBM? Itu artinya kamu sudah menggunakan kuota internet kamu sebesar 12 KB. Tidak hanya untuk kamu saja loh, jika teman kamu mengganti DP BBM mereka, maka akan ikut diakumulasikan juga. Bayangkan jika kamu memiliki kontak 1000 teman dan semuanya sering gonta-ganti DP BBM, sudah 12 MB yang telah digunakan. Tidak mustahil bisa lebih dari itu.
  1. Kamu termasuk orang yang sering update status? Biayanya untuk per Feeds/Umpan adalah 1 KB. Bayangkan jika kamu punya ribuan kontak yang sering gonta-ganti status. Sudah berapa MB yang akan kamu keluarkan setiap harinya.
  1. Broadcast Message atau Pesan Siaran juga berpengaruh terhadap borosnya kuota internet yang terpakai. Setiap BC untuk 1 kontak memakan kuota sebesar 10 KB. Jika kamu mengirim BC ke 1000 kontakmu, maka sudah 10 MB yang kamu pakai. Lalu bagaimana jika 1000 kontakmu mengirim BC juga ke kamu? Hehe.. Hitung sendiri yah..
  1. Menerima atau mengirim gambar, ini juga akan memakan kuotamu sebesar 37-52 KB. Biasanya BBM mengompres gambar yang dikirim menjadi 52 KB. Namun, jika kamu meminta versi HD nya, maka data yang diperlukan akan lebih besar. Kalau nggak penting-penting amat nggak usah sekali-kali minta HD.

Memblokir Umpan atau Feeds dari Kontak BBM

BBM

Update status ataupun DP BBM dari kontak kamu dapat menyebabkan pemakaian kuota internet yang berlebih, apalagi jika kamu memiliki banyak teman. Oleh karena itu, dengan memblokirnya dari Recent Updates, maka akan meminimalisir penggunaan kuota internet.

Caranya:

Loading...
  1. Klik menu Recent Updates
  2. Klik dan tahan kontak yang akan diblokir dari Recent Updates
  3. Klik ikon mata
  4. Pilih Hide All Feeds, lalu umpan tersebut akan menghilang dengan sendirinya

Untuk mengembalikannya kamu bisa mengaksesnya melalu menu Setelan > Kontak dan Umpan yang Diblokir.

Meskipun cara ini tidak sepenuhnya mampu menghemat kuota internet kamu, tapi setidaknya kamu sudah meminimalisir penggunaan data di BBM. Sebab, sumber penggunaan datanya tidak hanya satu ini saja.

Memilih Paket yang Tepat

Pemilihan paket internet yang tepat juga menjadi salah satu penentu boros atau tidaknya penggunaan kuota internet kamu. Jika kamu memiliki kuota 4G 10 GB, kuota 2G/3G hanya 512 MB ,dan wilayah/smartphone kamu belum support 4G, maka jangan heran jika kuotamu cepat habis padahal masih ada sisa sekitar 10 GB.

Pilihlah paket internet yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu. Dan sering-seringlah memantau aplikasi apa saja yang paling banyak memakan kuota, sehingga kamu bisa meminimalisirnya.

Tips Lainnya

BBM

Selain dari tips di atas, kamu juga bisa mencoba tips ini dengan sedikit melakukan setting pada menu setelan. Seperti menonaktifkan fitur-fitur berikut ini:

  1. Tampilkan Negara dan Waktu Saya
  2. Tampilkan yang Sedang Saya Dengarkan
  3. Tampilkan yang Didengar Orang Lain
  4. Cari Teman yang Sudah Menggunakan BBM
  5. Tampilkan Gambar Tampilan dalam Obrolan
  6. Selalu Terima Permintaan HD
  7. Lokasi

Nah, beberapa fitur di atas juga bisa menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan data pada aplikasi BBM loh. Oleh karena itu, kamu bisa menyeleksi fitur mana yang tidak terlalu penting buat kamu.

Baca juga:

Penutup

Penggunaan sosial media memang tidak bisa dihindari lagi di zaman sekarang. Oleh karena itu, untuk mencegah kuota internet yang cepat habis solusinya kamu bisa membeli paket internet dengan kuota  yang lebih banyak atau bijaklah dalam menggunakannya untuk kebutuhan kamu.

Punya tips lain? Yuk share di bawah. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *