Peluang usaha

Berbisnis Event Organizer Dari Hobby Berpesta Untuk Mendapatkan Uang

Berbisnis Event organizer – Tentu saja kita pasti pernah pergi kepesta seorang teman dekat, kenalan, ataupun rekan bisnis. Pesta merupakan sebuah acara yang pasti selalu ada dan menjadi sebuah kebiasaan yang sukar dihilangkan. Bahkan mungkin kamu termasuk seseorang yang hobby sekali berpesta.

Kebanyakan orang akan sedikit mengerutkan dahi ketika mengetahui seseorang memiliki hobby berpesta. Hal ini dikarenakan hobby berpesta dianggap sebagai hobby yang tidak berguna, dan dicap sebagai orang yang boros. Tetapi tahukah kamu, kalau hobby berpesta dapat dijadikan sebuah kesempatan bisnis besar jika dikelola dengan baik?

Event organizer merupakan sebuah penyedia layanan jasa pengelola kegiatan yang dipekerjakan oleh pemilik pesta. Dengan banyaknya jenis pesta seperti ulang tahun, lamaran, bridal shower, baby shower, dan sebagainya menjadikan sebuah peluang untuk memulai bisnis event organizer.

Dan pastinya bayarannya tidak sedikit. Untuk pesta ulang tahun dengan budget 10 juta saja, pemilik event organizer bisa mendapatkan penghasilan hingga 2 juta. Nah bagi kamu yang hobby berpesta dan ingin memulai bisnis event organizer, kamu bisa ikuti tips berikut ini.

Memahami Bisnis dan Sistem Berbisnis Event Organizer

Berbisnis Event Organizer

Tak kenal maka tak sayang. Jadi untuk memulai berbisnis event organizer hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami bisnis dan sistem dalam event organizer. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal tadi, bisnis ini akan menjadikan kamu penyedia layanan jasa pengelola acara.

Tetapi tidak itu saja, berbisnis event organizer berarti harus rela menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran agar pemesan atau klien merasa terpenuhi keinginannya. Sistematika dalam bisnis inipun berbeda-beda, sesuai dengan visi misi kamu inginkan.

Misalnya kamu hanya menerima pesanan acara ulang tahun saja, dan kamu menambahkan harga sebesar 10% dari paket yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, memahami bisnis dan sistematika adalah hal pertama yang harus kamu lakukan.

Hobbylah Untuk Berpesta

Untuk tahu bagaimana konsep acara dalam setiap jenis pesta, kamu tentunya memerlukan referensi untuk dijadikan konsep perusahaan event organizer kamu nantinya.

Untuk itu, dengan menjadikan pesta sebagai hobby, kamu akan menemukan hal baru serta konsep yang lebih matang dikarenakan kamu memiliki tambahan ide lain untuk pesta yang akan kamu konsep.

Baca : 32 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis Menguntungkan

Dengan menghadiri beberapa jenis pesta, pengetahuan kamu akan konsep acara akan semakin luas. Dan juga orang-orang akan mengenal kamu sebagai ratu pesta yang mengerti caranya untuk berpesta.

Bergabung Dengan EO Orang Lain

Jika kamu masih belum berani memulai berbisnis event organizer, kamu dapat mencoba untuk bergabung dengan tim EO yang kamu kenal. Misalnya saja ketika kamu berpesta, kamu mencari tahu kepada temanmu siapa yang mengkonsep acara dan membuatnya. Setelah itu kamu bisa menawarkan jasa kamu untuk ikut membantu dalam bisnis mereka.

Dengan menjadi karyawan di event organizer orang lain, kamu akan menemukan bagaimana cara manajemen event organizer yang baik, dari pengelolaan waktu hingga keuangannya. Memang sedikit melelahkan dan memakan waktu, namun hal ini untuk memantapkan hati dan konsep event organizer yang akan kamu buat nantinya.

Mengumpulkan Bahan Persiapan

Jika kamu sudah melalui ketiga tahapan diatas, selanjutnya kamu perlu mengumpulkan bahan persiapan untuk berbisnis Event organizer. Mengumpulkan bahan bukan berarti kamu sudah memiliki kantor, karyawan atau yang lainnya, tetapi kamu sudah mulai bergerak mengumpulkan informasi tentang apa saja yang harus kamu persiapkan.

Kamu bisa memulai membuat konsep apa yang akan kamu tawarkan. Misalnya saja, kamu mampu membuat acara dengan dana 10 juta dengan tema acara yang megah layaknya pesta berbudget 20 juta.

Dengan mengumpulkan bahan-bahan ini, kamu akan lebih matang dan percaya diri berbisnis Event organizer. Kamu bisa memulai menceritakan konsep acara kamu kepada teman-teman dan mulai menawarkan jasa kamu kepada mereka.

Walau belum tentu mereka akan menggunakan event organizer kamu, setidaknya mereka sudah mengetahui bahwa kamu memiliki EO.

Membuat Tim Yang Solid

Berbisnis Event Organizer
Event Organizer team

Tentu saja kamu tidak bisa bekerja sendiri dalam berbisnis event organizer. Karena 50 % dari bisnis ini menggunakan tenaga sebagai modalnya.

Kamu akan menempuh perjalanan yang melelahkan, mengangkat barang yang lumayan berat dan sebagainya. Untuk itu carilah tim yang menurut kamu dapat bekerja dan memiliki pemikiran yang hampir serupa dengan mu.

Untuk membentuk Tim, kamu bisa memulai dengan teman-teman yang kamu temui dipesta. Kemungkinan besar mereka akan tertarik bergabung dan bahkan menanamkan modal jika kamu berhasil mempresentasikan konsep kamu dengan menarik.

Menentukan Segmen Pasar

Kamu mengambil segmen event organizer secara konvensional, bisa juga menetapkan sebuah target market sendiri. Misalnya, khusus menangani acara ulang tahun, anniversary, hingga perayaan tertentu.

Bisa juga EO khusus seminar dan workshop. Kalau segmen pasar sudah ditentukan, kamu bisa fokus mengembangkan bisnisnya.

Bentuklah Jiwa Managerial Kreatif

Kamu harus menjadi seseorang yang suka berinteraksi, suka ngobrol, curhat, mendengarkan keinginan orang lain, dan memiliki keinginan mewujudkan impian setiap orang yang berbeda. Pasalnya, beda orang, beda pula persepsi atau harapan untuk acara mereka.

Jadi bagaimana? Sudah siap berpesta dan menghasilkan uang dengan berbisnis Event organizer? Jangan jadikan hobby berpesta mu menjadi sia-sia, karena berpesta berarti menambah relasi untuk memperluas peluang usaha kita. Selamat berpesta.

Referensi lainPeluang Usaha Event Organizer : Panduan Lengkap Memulai Usaha, Keunggulan, Tantangan dan Tips Sukses


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close