Peluang usaha

Tips Memulai Bisnis Es Batu kristal: Analisa Tempat, Jenis Mesin, Hingga Menentukan Target Pasar

Dibandingkan dengan es blok, bisnis es batu kristal kini semakin menjanjikan dan banyak di sukai oleh pengusaha kuliner. Es batu kristal memiliki bentuk yang menarik dimana di tengahnya berlubang menyerupai pipa.

Es batu kristal sekarang banyak diincar oleh pengusaha kuliner. Selain itu, peluang usaha es batu kristal menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Dengan maraknya usaha kuliner sehingga meningkat pula permintaan es batu. Es batu kristal bukan sebuah es blok, melainkan jenis es yang berbentuk ice cube. Penyajian yang simpel dan tidak membuat repot bagi penjual makanan maupun minuman.

Es batu kristal biasanya sudah berbentuk per pack dan pada umumnya satu pack memiliki berat sekitar 10 Kg. Masalah harga sangat bervariasi mulai dari harga 10.000 per pack bahkan adapula harga 20.000 per pack. Untuk harga tergantung pada pebisnis es batu kristal dan juga permintaan pasar.

Pada zaman yang berteknologi, sekarang dengan menciptakan es batu sangat mudah dengan bantuan teknologi Freezer. Yang tugas kita hanya menyiapkan air bersih dan menaruhnya kedalam Freezer dan menunggunya hingga membeku.

Bentuk teknologi Freezer ada yang berukuran besar untuk keperluan usaha dan ada pula teknologi Freezer berukuran kecil untuk keperluan individu.

Ada berbagai jenis mesin dalam pembutan es batu kristal yang diproduksi langsung dari luar negeri dimana harga mesin bergantung pada kapasitas untuk diproduksi.

Jika Anda pemula dalam menjalankan bisnis es batu kristal, cobalah untuk membeli mesin es batu kristal yang memiliki kapasitas yang diproduksi kecil.

Loading...

Jika usaha yang Anda jalankan sudah berkembang, Anda dapat memperbarui mesin es dengan berukuran besar yaitu memproduksi dalam jmulah besar atau banyak.

Cara menjalankan bisnis Es Batu Kristal dengan modal minim

Hal yang pertama dalam menjalankan bisnis es batu kristal ini adalah tempat.

Meskipun dalam pembuatan es batu tidak membutuhkan tempat yang “besar”, akan tetapi jika Anda sudah bermain hingga berton-ton dalam memproduksi, maka tempat yang cukup besar dan memadai hal yang harus dipikirkan.

Tidak hanya tempat yang memadai, untuk menjalankan bisnis ini Anda juga memerlukan tempat yang dimana suhunya terjaga dan bersih.

Jika tempat yang anda miliki tidak memadai dan bersih, maka akan menimbulkan es batu tersebut kotor dan membuat es batu tidak awet.

Ditempat itulah Anda membuat es batu kristal dengan menggunakan mesin Freezer dan menjadi tempat penyimpanan sementara hingga es batu kristal dipasarkan ke pelanggan.

Tipe mesin pembuat Es batu

bisnis es batu kristal
Sumber : tokomesin.com

Dalam menjalankan bisnis es batu kristal Ada berbagai tipe mesin Freezer yang berteknologi canggih dalam pembuatan es batu kristal.

Tipe-tipe mesin tersebut adalah Mesin MKS-IM25 dimana tipe mesin ini mimiliki kapasitas produksi hingga 25Kg/24 jam dengan syarat suhu airnya 10ºC dengan suhu ruangan mencapai 20ºC.

Untuk suhu biasa 20ºC dengan kapasitas produksi 13kg/24jam dan Storage Capacity: 6 Kg. Untuk masalah power yaitu 240 Watt dan Volt 220.

Untuk ukuran dimensi es mesin MKS-IM25 ini yaitu 380x543x632 Mm dengan berat 30 Kg.

Price: 8.000.000 – 10.000.000

Mesin MKS-IM50 dapat memproduksi dengan Kapasitas 50 Kg / 24 Jam dengan syarat: suhu airnya mencapai 10ºC dan suhu ruang 20ºC.

Untuk suhu biasa yaitu 20ºC dan kapasitasnya 25 kg/24 jam. Untuk Storage Capacity : 13 Kg dengan Power : 380 Watt, 220V. Mengenai Dimensi es : 548x611x793 mm dan Berat sekitar 47 KG.

Price : Rp 13.900.000

Untuk model mesin yang kapasitasnya lebih besar, Anda dapat melihat dengan referensi di tokomesin.com

Pengiriman

Mengenai masalah pengiriman tentu yang dibutuhakan dalam bisnis es batu kristal adalah Kendaraan dan Packing yang harus dipersiapkan dalam bisnis ini.

Mengenai masalah packing, hal yang harus Anda perhatikan adalah kehigienisan dan packiing yang mampu menjaga suhu tersebut agar tidak mudah cair.

Dan pastikan kendaraan anda memiliki kapasitas penyimpanan kuantitas ton.

Menentukan Target Pasar

Mengenai target pasar, Anda dapat menwarkan mulai dari penjual minuman dipinggir jalan, Rumah makan, Restoran, hingga perhotelan.

Perlu anda ketahui, pebisnis kuliner biasanya berani merogoh kocek berapapun untuk mendapatkan kualitas es batu.

Mereka siap membayar mahal jika es batu kristal yang Anda tawarkan memiliki kualitas nomor satu dan tentunya sangat simpel ketika menggunakannya.

Itulah tips dalam menjalankan bisnis es batu kristal, dan pastikan Anda menerapkannya dengan baik.



Loading...

Baca selengkapnya

Suka nongkrong

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button