Dunia Internet

Rekomendasi Buah-Buahan Penurun Gejala Kolesterol

Berbagai Jenis buah-buahan yang Bisa Menurunkan Gejala Kolesterol Dalam Tubuh

Buah – buahan yang membantu menurunkan Kolesterol – Kolesterol adalah suatu molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, entah itu kolesterol baik maupun kolesterol jahat. Kolesterol memiliki beberapa fungsi, diantaranya untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, hingga memproduksi vitamin D untuk tubuh.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Jika di dalam tubuh memiliki banyak kolesterol baik sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Sebaliknya jika kolesterol jahat terlalu banyak di dalam tubuh akan meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti sakit jantung.

Banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat salah satunya akibat banyak mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung santan, lemak, gorengan, dll.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, disarankan bagi Anda untuk mulai merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah-buahan.

Nyatanya terdapat berbagai jenis buah-buahan yang mampu menurunkan gejala kolesterol dalam tubuh. Berikut beberapa buah-buhan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan gejala kolesterol:

Baca jugaBee Pollen Complex Ajaib untuk Anti Penuaan, Bikin Kulit dan Tubuh Awet Muda

Jeruk

Buah jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.

Buah penurun gejala kolesterol berwarna oranye ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker pada kanker payudara dan kanker usus.

Jeruk juga merupakan buah yang tinggi akan kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolestrol LDL, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang banyakmengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Alpukat juga kaya akan berbagai vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengonsumsinya 1 buah per hari nyatanya dapat membantu menurunkan gejala kolesterol jahat (LDL).

Dikutip dari kompas.com, terdapat penelitian yang menunjukan bahwa selain dapat memengaruhi kadar kolestrol, alpukat juga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi dan menstabilkan kadar gula darah.

Selain itu, alpukat juga mengadung banyak glutathione, yaitu salah satu antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

Stroberi

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, kenikmatan buah stroberi juga dapat dinikmati dengan membuatnya menjadi jus. Tahukah Anda nyatanya buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Salah satunya adalah sebagai penurun gejala kolesterol di dalam tubuh.

Dikutip dari artikel di doktersehat.com, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa jika rutin mengonsumsi stroberi dapat meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Selain itu, memakan stroberi juga akan meningkatkan profil lipid plasma umum, fungsi trombosit, dan antioksidan layaknya vitamin C.

Anggur

Buah anggur kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan tinggi, apalagi buah anggur merah.

Antioksidan dapat membantu meningkatkan kolestrol HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL serta trigliserida dalam darah.

Itu sebabnya anggur sangatlah direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai buah-buahan penurun gejala kolesterol, terutama bagi orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner. Antioksidan quercetin yang hadir dalam anggur juga dapat melawan peradangan di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa rekomendasi buah penurun gejala kolesterol yang bisa Anda konsumsi agar tubuh tetap sehat. Selain mengonsumsi buah, iringi juga dengan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga, mengonsumsi makanan-makanan sehat, serta tidur cukup untuk menghindari berbagai gejala kolesterol pada tubuh.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close