Internet

Calon Sarjana Ketahuan Plagiat, Haruskah Unsubscribe?

Kabar Calon Sarjana yang terbukti plagiat beredar begitu cepat di pemberitaan nasional setelah akun YouTube bernama JT mengunggah sebuah video yang berjudul “YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video… (#1 Indonesian YouTuber).”

Tidak hanya menumpahkan kekesalannya berupa video. JT juga menumpahkan kekesalannya di media sosial Twitter melalui cuitannya yang bisa dibilang cukup menohok “12,4 juta pelanggan dan dia mencuri thumbnail saya.”

Video yang Bermasalah Telah Dihapus

Video yang dipermasalahkan oleh JT telah dihapus oleh pihak Calon Sarjana. Meskipun begitu Anda yang penasaran dengan video yang telah dihapus itu bisa melihatnya di video unggahan JT yang berjudul “YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video… (#1 Indonesian YouTuber).”

Pihak Calon Sarjana sendiri yang ketahuan langsung melontarkan permintaan maaf kepada JT. Namun permintaan maaf yang disampaikan pihak Calon Sarjana belumlah cukup, khususnya bagi para subcriber dan penonton mereka.

Beberapa reaksi para netizen atas kasus plagiat Calon Sarjana:

“Sebenarnya mereka udah tau konsekuensinya dari awal, tapi selagi belum ada yg mempermasalahkan mereka ttap aja membuat konten hasil colongan, baru setelah ada teguran mereka melakukan klarifikasi dan permohonan maaf,” tulis Alin Sudrajat via Twitter.

“Betul lagi ga Hoki Aja dia dapet lawan tangguh. Besok mah sama Aja caranya tinggal klik copy paste ganti bahasa selesai,” tulis Iman Amiq.

Calon Sarjana Plagiat, Saatnya Unsubscribe?

Kasus plagiat Calon Sarjana ini pasti akan berpengaruh pada jumlah subscriber yang mereka miliki meskipun jumlahnya tidak akan berkurang secara drastis. Saat ini, subscriber Calon Sarjana berada di angka 12,4 juta. Mungkin, jumlah unsubscribe hanya akan berjumlah ratusan atau mungkin puluhan saja.

Haruskah unsubscribe Calon Sarjana?

Tindakan yang dilakukan Calon Sarjana memang mengecewakan. Meskipun mengecewakan lantaran dianggap sebagai saluran yang mengedukasi, namun ternyata terbukti melakukan pelanggaran, keputusan atau urusan untuk subscribe dan unsubscribe itu tergantung dari Anda atau pilihan masing-masing.

Sebenarnya, masalah terkait konten yang dibuat Calon Sarjana ini sudah pernah dibahas pada pembahasan sebelumnya. Calon Sarjana dan beberapa saluran yang serupa seperti YtCrash dan The Shiny Peanut mengandalkan yang namanya “Fair Use” atau penggunaan wajar.

Baca juga: Penggunaan Wajar, Rahasia Menghindari Label Reuploader di YouTube

Terkait kasus ini, tentu pihak YouTube harus lebih tegas dalam memberikan sanksi terhadap saluran-saluran besar, karena yang bisa membuat sebuah saluran itu berbenah ya YouTube itu sendiri karena mereka adalah sang pemilik platform.

Sekarang kita lihat saja, apakah kasus plagiat yang dilakukan Calon Sarjana ini akan membuat YouTube mengeluarkan peraturan baru yang akan mempersulit para konten kreator. Jika YouTube akan mengeluarkan peraturan yang sulit, tentu peraturan tersebut akan mencakup seluruh penggunanya termasuk pengguna yang tidak melakukan kesalahan.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close