Penggunaan Wajar di Youtube

Penggunaan Wajar, Rahasia Menghindari Label Reuploader di YouTube

Banyak konten kreator yang belum mengenal penggunaan wajar yang ada di YouTube, dan Anda mungkin salah satunya.

Apa itu penggunaan wajar?

Adalah doktrin hukum yang dibuat oleh YouTube yang memungkinkan konten kreator untuk menggunakan kembali materi yang dilindungi hak cipta tanpa harus meminta izin dari pemilik hak cipta.

Mengenal Penggunaan Wajar

TheRunListChannel adalah salah satu saluran YouTube yang menerapkan penggunaan wajar, di mana di tengah-tengah video, mereka mengambil video orang lain yang berupa laporan.

Di laman resmi, YouTube mengatakan:

Laporan berita adalah jenis penggunaan lainnya yang sering dianggap wajar. Dalam video ini, komentator membahas laporan berita yang salah dari sebuah stasiun TV dan berita tersebut pernah menjadi berita utama.

Komentator tersebut menggunakan klip singkat untuk mengidentifikasi subjek dari laporannya.

Loading...

Dari pernyataan YouTube di atas bisa dipahami dan disimpulkan jika mengambil video orang lain untuk pembuatan konten video itu diperkenankan asalkan memenuhi beberapa syarat.

Apa syaratnya?

1. Video harus menjadi konten baru

Maksud dari video harus menjadi konten baru adalah video yang Anda ambil hanya menjadi pelengkap, sebagaimana yang dibuat oleh TheRunListChannel.

2. Durasi harus pendek (kurang lebih di bawah 30 detik)

Artinya Anda hanya boleh mengambil video secara singkat, sehingga YouTube tidak menganggapnya sebagai tindakan reupload.

Bagaimana dengan Calon Sarjana?

Sudah tidak bisa dibantah lagi jika video-video yang dihasilkan Calon Sarjana adalah video yang diambil dari orang lain. Namun, Calon Sarjana bukanlah reuploader.

Mengapa?

Karena apa yang mereka lakukan itu masuk ke dalam penggunaan wajar, sehingga YouTube tidak menganggapnya sebagai perbuatan reupload.

Jika Anda menengok video Calon Sarjana, kebanyakan video yang mereka buat terdiri dari beberapa part atau potongan-potongan video yang tidak lebih dari 15 detik.

Apakah ini kuncinya?

Betul sekali, meskipun mereka mengambil video orang lain, Calon Sarjana tidak dianggap melanggar hak cipta YouTube karena video orang lain yang mereka ambil durasinya sangat singkat.

Baca: Mengetahui Jenis Pelanggaran Hak Cipta di YouTube

Jika Anda ingin membuat saluran YouTube seperti Calon Sarjana, YtCrash, dan saluran lain yang serupa, silakan Anda membuatnya karena masih belum terlambat dan kesempatan masih terbuka lebar.

Namun sebelum membuat saluran seperti mereka, pastikan Anda membaca secara tuntas tentang penggunaan wajar agar tidak salah memahaminya. Dan untuk mengenal lebih jauh tentang penggunaan wajar, silakan klik link “Fair Use.”



Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *