Internet

Cara Aktifkan Dark Mode Chrome di PC atau Laptop Tanpa Aplikasi

Mode gelap atau yang dikenal dengan nama dark mode adalah mode yang tengah naik daun karena beberapa perusahaan penyedia aplikasi mulai berlomba-lomba untuk menghadirkan dark mode di platformnya.

Google adalah salah satu perusahaan penyedia aplikasi yang saat ini juga sedang gencar-gencarnya dalam menghadirkan fitur dark mode di beberapa layanan yang mereka miliki. Fitur dark mode sendiri merupakan fitur yang sangat berguna.

Dengan dark mode, maka para pengguna bisa mengurangi ketegangan pada matanya ketika mereka sedang berselancar di dunia maya. Selain itu, dark mode juga mampu menghemat baterai di sebuah perangkat ketimbang menggunakan mode terang.

Baca juga: Begini Cara Mengaktifkan Dark Mode di Browser Chrome

Dark Mode Google Chrome Web Sudah Tersedia

Tahun 2019 lalu, Google resmi menghadirkan fitur dark mode untuk para pengguna aplikasi Chrome. Namun ketika menghadirkan dark mode di aplikasi Chrome, pihak Google tidak membawanya di Chrome Web sekaligus.

Namun di tahun 2020 ini, ternyata pihak Google sudah menghadirkan dark mode di peramban andalan mereka untuk para pengguna yang mengakses Chrome via PC atau laptop. Jika Anda sehari-hari kerap mengandalkan Chrome untuk mengakses internet di PC atau laptop, maka Anda sudah bisa mengaktifkan dark mode. Adapun untuk mengaktifkan dark mode

di Chrome Web, Anda bisa menyimak tutorialnya di bawah ini.

Langkah:

1. Silakan buka peramban Chrome di PC atau laptop Anda.

2. Pada bilah alamat, silakan ketikkan chrome://flags, kemudian tekan enter.

3. Pada search flags, silakan ketikkan dark mode, kemudian pilih force dark mode for web contens.

4. Pada force dark mode for web contens, silakan ubah default menjadi enabled.

5. Klik relaunch.

dark mode chrome 2

6. Peramban Chrome akan menutup, kemudian kembali terbuka. Setelah itu Anda akan disuguhi sebuah peringatan di mana pengaktifan dark mode melalui chrome://flags bisa menyebabkan data browser hilang atau membahayakan keamanan atau privasi Anda.

7. Sampai di sini, dark mode sudah aktif. Berikut ini adalah hasil sebelum dan sesudahnya.

dark mode chrome 1

8. Selesai.

Baca juga: Chrome Android Punya Fitur Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkannya

Pihak Google sendiri juga sudah menyiapkan opsi lain untuk para pengguna jika ingin mengaktifkan mode gelap tanpa harus melalui pengaturan di chrome://flags, yaitu melalui Chrome Web Store. Jika Anda ingin mengaktifkan mode gelap melalui Chrome Web Store, maka Anda cukup klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

Setelah itu, silakan klik setelan. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu tampilan, setelah itu silakan Anda pilih tema, dan di situ, sudah terdapat tema gelap yang bisa Anda gunakan di mana tema yang disediakan adalah tema buatan dari tim Chrome.

Namun, ketika Anda menggunakan cara yang satu ini, maka konten atau situs yang Anda buka tidak akan tampil gelap, karena tampilan yang akan digelapkan hanya laman pengaturan dan halaman beranda dari Google Chrome sebagaimana yang diterapkan pada aplikasi Chrome.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close