Optimasi BlogWebmaster

Cara Cepat Dan Mudah Mendapatkan Sitelink Dari Google

Bagaimana cara mendapatkan atau memperoleh sitelink dari google? yang jelas ini masih rahasia dapur google, karena syarat dan kriteria untuk mendapatkan site link hanya gogle yang menentukan. Saya hanya berbagi pengalaman saja disini, dengan apa yang telah saya pelajari dan saya praktekkan secara langsung.

Mengapa saya bilang cepat dan mudah untuk mendapatkan site link? Karena pada kenyataan nya blog ini memperoleh sitelink dari google hanya dalam waktu 2 bulan saja. Hal ini termasuk dalam kategori  waktu yang singkat dan cepat dalam mendapatkan sitelink google.

Cara Cepat Dan Mudah Mendapatkan Sitelink Dari Google

Blog ini memang baru berumur sekitar 2 bulan sejak posting diterbitkan (cek whois). Jika anda juga menggunakan Domain TLD, ataupun custom domain anda juga bisa cek cara mengetahui register domain dengan mudah. Di situs Whois akan menampilkan informasi yang lengkap, tanggal serta masa berlaku (expired) domain, dan informasi detail lainnya. (kalau tidak di hiden)

Cara Cepat Dan Mudah Mendapatkan Sitelink Dari Google

Baiklah kembali ke pokok pembahasan, yang di sebut sitelink atau sering di sebut taut situs adalah sub link yang muncul di bawah URL situs kita, ketika melakukan pencarian yang spesifik dengan menggunakan nama blog kita.

Sebagai contoh saya ketikkan nama blog saya di pencarian google “Klik Mania”, secara otomatis akan di tampilkan URL lain tepat di bawah URL Homepage kita. Kalau blog kita sudah mendapatkan sitelink darigoogle, biasanya sublink ini akan muncul dalam jumlah 4-6, tetapi ada juga yang muncul (tampil) 8-10.

Tentu saja hal ini istimewa, karena tidak semua situs/web mendapatkan sitelink dari google.

Sitelink diberikan langsung dari google karena situs atau web tersebut sudah di anggap memenuhi kriteria tertentu, ini yang di anggap istimewa. Karena kriteria tertentu itu harus di upayakan atau di usahakan oleh pemilik web/blog tersebut.

Google memberikan tanda penghargaan itu berupa sitelink, apresiasi google terhadap situs/web/blog yang sudah lolos uji. Kriteria itu antara lain adalah umur atau usia blog, traffic pengunjung yang sudah mapan atau ada halaman posting yang masuk dalam 10 besar pencarian google, serta kriteria tertentu dari google, yang menilai situs atau web kita.

Loading...

Intinya situs atau web yang sudah mendapatkan sitelinkdari google, mempunyai nilai lebih di mata google sendiri

Cara mendapatkan sitelink google dengan cepat

Menggunakan domain tingkat atas (TLD)

Situs yang menggunakan domain tingkat atas (TLD) akan di anggap situs yang serius (bukan berarti subdomain tidak serius) ini hanya penilaian google terhadap domain.

Blogspot sendiri sudah lama menyediakan fasilitas custom domain, jadi anda bisa merubah atau mengganti (pengalihan) sub domain blogspot ke .com .net .org .biz dan lain sebagainya dengan sangat mudah.

Domain tingkat Atas (TLD) memberikan nilai lebih terhadap situs atau blog anda, biasanya lebih prioritas (unggul) pada hasil pencarian sebuah artikel di search engine.

Baca juga :  Cara merubah/mengganti Blogspot menjadi com di rumahweb.)

Menggunakan Template yang baik dan benar

Template bagus belum tentu baik dan benar, untuk memastikan bahwa template yang anda gunakan baik dan benar silahkan cek template blog anda menggunakan Tool dari google

Jika kurang jelas bisa baca artikel ini : Cara memilih template kriteria google.

Pastikan untuk memasang navigasi yang bagus pada blog anda

Daftarkan blog anda ke google webmaster tools, Pastikan web/blog anda sudah terverifikasi di google webmaster, pasang sitemap untuk custom domain blog anda, sitemap (peta situs) sangat penting. Dengan submit sitemap blog ke google otomatis robot google akan segera merayapi situs anda.

Baca : Cara daftar dan verifikasi blog di googlewebmaster tools.

Baca : Cara submit sitemap custom domain di google webmaster.

Update posting secara teratur

Biasanya hal yang paling sulit adalah tahap ini, kita tidak bisa mengabaikan hal yang satu ini. Kebanyakan para blogger tidak mempunyai banyak waktu khusus untuk mengupdate artikelnya setiap hari.

Dalam praktek ini usahakan update posting secara berturut turut selama 2 bulan, kita tidak perlu mati-matian menulis posting. Cukup setengah mati saja, 1 hari minimal 1 artikel postingan.

Baca ini dulu : Cara menentukan konsep menulis blog secara teratur.)

Google akan lebih menganggap serius blog yang terlihat aktif, apalagi blog yang aktif setiap hari (update) Google akan lebih memperhatikan dan memberi prioritas terhadap blog yang seperti ini.

Hindari Link eksternal

Untuk blog baru, sebaiknya jangan pergunakan dulu link eksternal, yaitu link yang membawa keluar menuju halaman blog lain. Terkecuali kita membuat tautan link eksternal ke halaman milik google.

Catatan :

Link Eksternal justru akan memberi backlink terhadap blog yang kita tautkan linknya, blog lain itu belum tentu bagus di mata goole. Jadi untuk blog baru, usahakan memasang link internal dalam blog kita sendiri, yaitu link yang ada dalam postingan kita yangmenuju halaman lain pada blog kita sendiri (artikel yang berkaitan),

untuk lebih Jelasnya anda bisa Baca : Manfaat Internal Link Bagi Sebuah Blog.)

Tambahan :

Jangan sekali-kali menggunakan atau memanfaatkan situs traffic exchange untuk meningkatkan trafik pengunjung blog anda. Google lebih menyukai trafik yang alami salah satunya adalah unique visitor, yaitu pengunjung yang datang dari hasil search engine.

Lebih aman menggunakan sosial media untuk menjaring visitor, sekaligus mempromosikan blog anda. Jika ingin cepat mendapatkan sitelink, blog kita harus benar benar bersih. Terutama dari program pertukaran trafik yang tidak jelas.

Nah, bagaimana pengalaman anda mendapatkan sitelink dari google? Ini pengalaman pribadi dan coba berbagi untuk anda, masalah susah atau tidaknya tergantung anda sendiri yang menerapkannya. 😀



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

78 Comments

  1. Wah saya juga baru tau blog saya dapet sitelink otomatis dari google. Padahal dah lama gak update. Bener kata masnya emng dari blognya udah masuk kriteria yg disukai google.

  2. Dulu pernah dapat sitelink di blog lama itupun jarang update, nab sekarang buat blog baru dan rutin update artikel tiap bulannya masih tidak dapat.

  3. itu yang tampil sitelink kebanyakan kategori yah? kalau website saya kategorinya hanya 1 apakah susah bisa dapet sitelink? maaf masih newbie hehe

  4. Numpang nanya mas… sebelumnya saya dapat 4 sitelink… tapi entah kenapa saya coba search sekarang cuman sisa 2

    memang sebelumnya saya merubah logo blog saya tapi apakah itu berpengaruh terhadap sitelink?

  5. Saya sudah sempat dapat sitelink dari google beberapa bulan kemarin, tapi semenjak jarang update artikel kok sitelink nya jadi ilang ya gan? kira2 cara balikin sitelink seperti semula lagi gimana ya?

  6. Terimakasih Kasih Mas, Sangat Bermanfaat Banget.
    Oh iya mas, mau nanya nih kenapa yah sitelink saya semua artikel. Padahal menu navigasi pendukung ada, seperti : About, Contact, Privacy, Sitemap.

    Mohon Pejelasannya Mas. Terimakasih

  7. Terimakasih om atas informasinya,

    Padahal saya sudah pernah mendapatkan site link, tetapi setelah mengganti template site link saya menghilang, dan tidak pernah kembali lagi, mohon pencerahan nya om

    Terimakasih

  8. Website sy mastah teknologi pengunjungnya gk sampe 50 an/ hari, artikel jg muncul tenggelam di google, update aja semaunya, tapi Alhamdulillah dapet 2 sitelink. Mungkin seperti yang dikatakan mas, umur blog berpengaruh.

  9. kalau misalkan sitelink kadang muncul dan kadang tidak itu apa pengaruhnya? update artikel baru juga berpengaruh untuk mempertahankan sitelink? karana saya beberapa hari ini sudah tidak update artikel baru, tp fokus ke perbaruan artikel lama, karena kebanyakan sudah tidak relevan. Mohon dijawab ya mas 😀

    1. Sitelink hilang muncul artinya sedang diupdate oleh Google sesuai dengan Structured Data template dan diskripsi blog.