Peluang usaha

Cara Fokus Kerja Tanpa Gangguan Smartphone, Patut Dicoba

Banyak Pekerjaan Terbengkalai Karena Smartphone

Keberadaan smartphone di era teknologi seperti sekarang ini sangat sulit untuk ditinggalkan. Bahkan ketika ada dua pilihan untuk memilih smartphone atau dompet yang tertinggal, 70 persen suara pasti lebih memilih ketinggalan dompet ketimbang smartphone.

Smartphone memang terbukti memudahkan kehidupan manusia, namun apabila penggunaan smartphone itu berlebihan, tentu dampaknya akan sangat tidak bagus, seperti mengalami kecanduan, waktu terbuang sia-sia, hingga tertundanya pekerjaan.

Cara Fokus Kerja Tanpa Gangguan Smartphone

Jika Anda termasuk orang yang susah menghindari keberadaan smartphone hingga membuat pekerjaan terbengkalai, maka pada kesempatan kali ini akan diberikan beberapa tips untuk menguranginya, yaitu tips mengurangi penggunaan smartphone agar Anda tetap bisa fokus bekerja.

Berikut ini tipsnya:

1. Buat Batas Waktu Penggunaan

Seorang profesor psikologi yang bernama Christian Montag mengatakan, “Rata-rata, orang menghabiskan sekitar dua setengah jam sehari untuk membuka smartphone mereka. Dan sebagian besar waktu mereka ada di Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya.”

Ketika waktu dua setengah jam sehari habis digunakan untuk membuka media sosial, maka itu adalah FOMO yang merupakan singkatan dari Fear of Missing Out yang berarti takut ketinggalan berita di media sosial atau takut tidak update.

Jika Anda mengalami FOMO, baik itu ketika sedang bekerja maupun tidak bekerja, maka solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat batasan waktu. Misal, sebelum bekerja mengakses atau membaca berita terlebih dahulu, begitu pula ketika sudah selesai bekerja.

2. Beritahu Anggota Keluarga

Ketika Anda sudah membuat batasan waktu, maka langkah selanjutnya adalah dengan mensosialisasikan kepada anggota keluarga, bahwasanya ketika Anda sedang bekerja jangan ada yang menghubungi, kecuali urusan penting saja.

Dengan memberikan pengertian yang seperti itu kepada anggota keluarga, maka interaksi kita dengan smartphone bisa lebih terjaga, sehingga ketika sedang bekerja, kita pun bisa lebih fokus dengan pekerjaan dan pekerjaan pun bisa diselesaikan dengan lebih cepat.

3. Matikan Semua Notifikasi

Ini adalah cara yang ekstrem di mana Anda memilih untuk mematikan semua notifikasi yang masuk ke ponsel. Jadi, Anda harus mematikan segala jenis suara dari ponsel, seperti suara pesan masuk dan nada dering.

Ketika mematikan semua notifikasi pun, usahakan Anda meletakkan ponsel di posisi bawah sehingga Anda benar-benar tidak tahu kondisi ponsel saat itu. Kalaupun ingin semuanya lebih sederhana, maka mematikan ponsel adalah cara yang terbaik.

Jika cara ekstrem ini yang Anda pilih, maka katakan kepada orang-orang yang ingin menghubungi Anda, jika mereka bisa menghubungi melalui telepon kantor. Memang sedikit ribet, namun itu adalah cara yang paling ampuh jika ingin menghilangkan gangguan dari smartphone ketika bekerja.

Baca juga: Punya Kebiasaan Menunda Pekerjaan? Ini 10 Cara Mengatasinya

Itulah beberapa tips yang bisa disebutkan pada kesempatan kali ini. Sekarang, semuanya kembali lagi kepada diri Anda, apakah memiliki niat yang kuat untuk melakukannya. Jika berbicara tentang masalah fokus kerja, sebenarnya setiap orang itu memiliki fokusnya masing-masing.

Jadi apabila sampai saat ini Anda masih belum bisa menemukan sesuatu yang bisa membuat Anda fokus dalam bekerja, maka silakan Anda ikuti ketiga tips yang sudah disebutkan, dan semoga tips yang disampaikan itu bermanfaat.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close