Tekno

Cara Install Aplikasi Gratis di Laptop Apple MacBook Pro dan Air

Cara Install Aplikasi Gratis Di Laptop – Ada banyak cara untuk membuat kinerja laptop jadi lebih handal dan fungsional. Salah satu cara populer yang biasa dilakukan adalah dengan cara melakukan instalasi aplikasi software atau program.

Saat ini sudah ada banyak aplikasi terbaru yang menarik untuk diinstal di laptop. Agar semua aplikasi terbaru yang akan diinstall dapat berfungsi dan berjalan dengan normal. Maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara install aplikasi di laptop dengan benar.

Laptop

Laptop adalah perangkat portable canggih yang teridiri dari berbagai pilihan merek dan spesifikasi. Laptop lebih ringkas dan praktis bila dibandingkan PC, namun berukuran lebih besar bila dibandingkan notebook. Sama seperti komputer atau PC, laptop pada umumnya dilengkapi dengan Sistem Operasi. Contohnya OS Windows, Linux, dan macOS Sierra untuk laptop Apple.

Setiap OS yang terinstall di laptop biasanya sudah dibekali beberapa aplikasi standar seperti aplikasi game, aplikasi viewer, dan lainnya. Meski demikian tidak menutup kemungkinan mendownload aplikasi, software atau program terbaru tambahan kemudian memasangnya di laptop pengguna.

Macam-macam Aplikasi yang Bisa Di install di Laptop

Kita mungkin saat ini sudah mengetahui bahwa ada banyak produsen yang mengembangkan aplikasi atau software. Semua aplikasi yang disediakan pengembang biasanya dapat di install di laptop secara gratis maupun berbayar (premium).

Beberapa aplikasi populer yang wajib diinstall setiap pengguna laptop adalah antivirus, office, aplikasi browser, aplikasi chat, Internet Download Manager (IDM), hingga game.

Untuk mendownload dan install aplikasi tersebut pengguna laptop dapat mengunjungi tempat download resmi yang disediakan pengembang Sistem Operasi. Atau pengguna juga dapat mendownload aplikasi, software dan game melalui beberapa situs laptop/komputer terpercaya yang ada di Internet.

Nah, khusus Anda para pengguna laptop Apple baik itu MacBook Pro atau MacBook Air. Sangat direkomendasikan untuk mendownload dan install aplikasi melalui App Store.

Laptop Apple MacBook Pro dan Air

Apple MacBook Pro

MacBook Pro adalah salah satu laptop populer terbaik yang diproduksi oleh Apple. Laptop ini diperkenalkan ke publik oleh Apple pertama kali pada tahun 2006 lalu untuk menjadi pengganti PowerBook 4.

Saat ini Apple MacBook pro sudah tersedia dalam beragam pilihan model. Mulai dari model 13 inci hingga 15 inci baik dengan dukungan atau tanpa layar Retina Display. Apple MacBook Pro Touch Bar adalah salah satu generasi yang paling baru. Laptop ini akhirnya secara resmi dipasarkan di Indonesia pada 13 Januari 2017 lalu.

Apple MacBook Air

MacBook Air berbeda dengan MacBook Pro. Perbedaan masing-masing laptop Apple ini dapat diketahui dengan mudah melalui beberapa segi. Dari segi dimensi dan berat, Apple MacBook air lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan Apple MacBook Pro.

Apple MacBook Air dirancang dengan desain unibody setebal 1,72 cm dengan berat total 1,35 Kg. Sementara dari segi model, hanya ada satu pilihan model Apple MacBook Air. Yaitu, model 13 inci beresolusi 1440 x 900 piksel dengan aspek rasio 16:10 dengan lampu LED tanpa Retina Display.

Dari segi spesifikasi, spesifikasi MacBook Air tetap berkualitas hanya saja sedikit lebih minimalis bila dibandingkan dengan MacBook Pro yang notabene untuk pengguna kelas berat.

Apple MacBook Air dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dual-core 1,6 GHz (Turbo Boost hingga 2,7 GHz) dengan RAM 8 GB LPDDR3 1600 MHz dan kartu grafis intel HD Graphics 6000.

Baca : Mengetahui Pilihan Jenis-jenis MacBook Apple Sesuai Kebutuhan dan Budget

Pilihan Aplikasi Laptop Apple MacBook Pro dan Air

Kumpulan aplikasi baru yang keren untuk MacBook Pro dan MacBook Air dapat didownload melalui App Store. Ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store, dan Anda bebas memilih mau install aplikasi berbayar atau yang gratis.

Selain melalui Apple App Store, pengguna MacBook Pro dan MacBook Air juga dapat mengunjungi tempat download aplikasi macOS Sierra gratis melalui situs-situs download aplikasi MacBook terpercaya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui apa saja pilihan aplikasi wajib yang perlu di install di Apple MacBook Pro dan MacBook Air. Berikut lima pilihan aplikasi gratis untuk MacBook Pro dan Air yang menarik untuk kamu pasang :

Aplikasi Browser Gratis untuk MacBook Pro dan Air

Google Chrome

Chrome adalah browser milik Google yang cukup populer dan banyak diintall oleh para pengguna perangkat berbasis Windows. Tapi kamu para pengguna MacBook Air juga dapat tetap mengunduh browser Google Chrome dan menggunakannya secara gratis. Terutama kamu yang aktif menggunakan beberapa produk layanan milik Google pada MacBook Air, tentu wajib menginstall browser gratis terbaik Google Chrome.

Firefox

Firefox adalah salah satu browser populer yang cukup diminati karena menawarkan management tab yang lebih baik. Pengguna MacBook Air yang hobi download lebih sering menggunakan Firefox. Karena browser gratis ini memiliki sistem download yang cukup baik. Bahkan bila dibandingkan dengan download manager safari, firefox lebih stabil dan cepat.

Pengguna MacBook Air juga saat ini sudah dapat menikmati layanan fitur terbaru dari Firefox. Mulai dari fitur managemen bookmark, private browsing, spell checking dan masih banyak lagi.

Opera

Ada beberapa alasan mengapa opera banyak diinstall oleh pengguna MacBook Air. Selain gratis, browser opera dirancang dengan antarmuka minimalis, page loadnya cepat, dan pastinya cukup aman dari serangan virus. Pada browser Opera kamu juga masih bisa menemukan fitur search bar, managemen download dan fitur private browsing.

IDM Gratis untuk MacBook Pro dan Air

Folx

Aplikasi download manager ini sudah dibundle pada OS X. Selain tersedia pilihan versi premium. Folx juga tersedia dalam versi gratis.

Sama seperti IDM, Flox juga dapat membuat MacBook Air kamu dapat mempercepat proses download file yang diinginkan. Menariknya Folx juga dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaik, diantaranya schedule download, torrent client, dan search the web.

Jet-It

Dari namanya saja kita sudah tau bahwa aplikasi ini benar-benar dapat diandalkan untuk mendownload banyak file dengan cepat.

Dibandingkan aplikasi IDM lainnya, Jet-It adalah aplikasi terbaik yang dirancang dengan ukuran file sangat kecil. Hasilnya aplikasi ini benar-benar mudah dibuka dan ringan untuk dijalankan pada MacBook Air. Meski berukuran kecil dan tidak memakan banyak ruang SSD, Jet-It tetap menawarkan performa maksimal.

iGetter

Ini adalah salah satu aplikasi favorit saya. Aplikasi iGetter mirip dengan IDM yang banyak diinstall pada Windows. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai manajemen download file dan mempercepat proses download di MacBook. Pada iGetter juga kamu dapat menemukan fitur pause dan resume download sama seperti yang ada pada IDM untuk Windows.

Adium untuk MacBook Pro dan Air

Aplikasi chatting standar yang bisa kamu gunakan di MacBook Air adalah iMessage. Namun jika kamu ingin membuka banyak aplikasi chatting di MacBook Air secara bersamaan saya sangat menyarankan untuk menggunakan Adium.

Adium merupakan aplikasi chat macbook air gratis yang dapat menjalankan banyak protokol chat. Mulai dari Yahoo! Messenger, Windows Live, Skype (teks saja), iRC dan Twitter. Sehingga kamu dapat melakukan banyak percakapan secara praktis dan lebih mudah.

Cara Install Aplikasi Gratis di Laptop Apple MacBook Pro dan Air

Setelah membaca pembukaan yang cukup panjang di atas. Kini saatnya Anda akan masuk pada inti pembahasan artikel yang mungkin benar-benar Anda butuhkan saat ini. Jadi pastikan Anda tetap dalam posisi santai agar tidak lelah membaca postingan ini hingga selesai.

Pengalaman seputar cara instal aplikasi khususnya di laptop Apple, pada umumnya banyak dibutuhkan oleh para pengguna MacBook Pro dan Air baru. Hal ini wajar terjadi pada saat pengguna beralih ke OS yang mungkin tidak pernah dioperasikan sebelumnya.

Beberapa pengguna MacBook berpengalaman berpendapat bahwa sebenarnya untuk melakukan instalasi aplikasi di Apple MacBook Pro dan Air sebenarnya jauh lebih mudah dan cepat.

Bila instalasi aplikasi di laptop Windows memerlukan beberapa tahap. Mulai dari download file aplikasi, membuka file.exe lalu menjalankannya, membaca terms and conditions atau privacy policy, dan terakhir baru klik “install”. Cara instalasi aplikasi di macOS Sierra terbilang cukup cepat dan mudah. Salah satu cara yang populer adalah dengan melakukan “drag and drop” aplikasi.

Cara Instalasi File Aplikasi DMG di MacBook Pro dan Air

Aplikasi dengan ekstensi file .dmg adalah aplikasi yang biasanya didownload langsung melalui website aplikasi Mac atau langsung dari pengemebang aplikasi.

File aplikasi ekstensi .DMG adalah sebuah disk image layaknya sebuah file archive. Dimana untuk membuka aplikasi di dalam file Anda harus melakukan ekstrak terlebih dahulu.

Panduan Drag and Drop Google Chrome Browser di MacBook

Aplikasi Google Chrome Browser untuk MacBook biasanya berbentuk file DMG. Untuk dapat menggunakan aplikasi Google Chrome di MacBook Pro dan Air, berikut panduan lengkapnya.

Langkap Pertama, silahkan kunjungi halaman download Google Chrome menggunakan MacBook Pro atau Air Anda.

Langkah Kedua, download file aplikasi Google Chrome. File yang terdownload pasti dalam ekstensi .DMG.

Langkah Ketiga, lakukan double klik pada file googlechrome.dmg yang ada dalam file Downloads. Selanjutnya akan muncul pop up otomatis di layar MacBook Pro dan Air Anda. Layar pop up tersebut akan menampilkan aplikasi yang ingin diinstal dan sebuah link ke Folder Aplikasi.

Langkah Keempat, lakukan Drag Google Chrome dan Drop aplikasi Google Chrome ke dalam Folder Aplikasi.

Langkah Kelima, proses instalasi aplikasi Google Chrome di MacBook sudah selesai.

Perlu untuk diperhatikan, setiap file aplikasi .DMG yang didownload bukan melalui App Store dan baru terinstal di MacBook.

Maka akan muncul box notifikasi mengenai aplikasi yang akan dijalankan. Anda bisa melanjutkan menjalankan aplikasi tersebut dengan cara klik “Open”.

cara install aplikasi gratis di laptop

Cara Instal Aplikasi Twitter di MacBook Pro dan Air

Aplikasi Twitter adalah salah satu aplikasi populer yang dapat diinstal di MacBook Pro dan Air secara gratis.

Untuk mendapatkan Aplikasi Twitter dan memasangnya ke laptop Apple Anda, Anda cukup mendownload aplikasi Twitter melalui App Store. Cara instal aplikasi Twitter di MacBook juga cukup mudah dan cepat. Berikut panduan lengkapnya :

1. Langkah Pertama, silahkan kunjungi App Store menggunakan MacBook Pro atau Air Anda.

2. Langkah Kedua, cari aplikasi Twitter di App Store menggunakan box pencarian yang terletak di sudut kanan bagian atas.

Gambar via http://vianpire.blogspot.co.id

3. Langkah Ketiga, karena Twitter adalah aplikasi gratis, maka tombol tidak berupa harga melainkan “Get”. Pilih aplikasi twitter lalu klik tombol hijau Install App.

4. Langkah Keempat, Aplikasi Twitter sudah otomatis terinstal tampil di Launchpad MacBook Pro atau Air milik Anda.

Selanjutnya Anda cukup melakukan satu kali klik pada icon untuk menjalankan aplikasi Twitter yang sudah terinstall di MacBook Pro atau Air kesayangan Anda.

Penutup

Jika sudah tau caranya saya yakin pengguna MacBook Pro dan Air baru sekalipun tentu dapat dengan mudah melakukan install aplikasi di laptop MacBook. Selain cara Drag and Drop, dan cara Get App melalui App Store, beberapa pengguna laptop Apple MacBook Pro dan Air juga bisa menggunakan installer. Cara ini mirip dengan cara install aplikasi di laptop windows.

Terakhir, bagi Anda yang telah mencoba semua cara di atas ternyata masih terkendala dan tidak berhasil. Ada hal mudah yang bisa dilakukan.

Aplikasi yang bukan berasal dari sumber resmi selain App Store tidak begitu saja bisa diinstal di laptop Apple. Demi keamanan Apple biasanya mengunci file aplikasi tersebut.

Nah jika hal ini yang Anda hadapi, maka cara mengatasinya silahkan klik logo “Apple” di sudut kiri atas, lalu buka “System Preference“.

Klik ikon “Security & Privacy“, kemudian klik icon “gembok” yang masih terkunci di kiri bawah, masukan password Anda dan centang¬†“Anywhere“. Setlah pop-up notifikasi muncul, lalu klik “Allow From Anywhere“.

Sumber Referensi bacaan dan Foto : vianpire, howtogeek, laptopmag


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close