in ,

Membuat Blog Online Shop Menggunakan Blogspot

Membuat Blog Online Shop

Cara Membuat Blog Online Shop Menggunakan Blogspot – Blogspot.com yang merupakan keluaran produksi perusahaan Google, semakin memiliki kelebihan dengan adanya tema baru yang diluncurkan tahun 2017 ini.

Banyak orang sudah menggunakan blogspot untuk berbagai macam  kepentingan seperti menulis cerita, berbagi informasi, bahkan digunakan sebagai media para YouTubers untuk menambah viewers dengan menyematkan video mereka pada blog.

Namun, hanya sedikit orang yang menggunakan blogspot sebagai alat untuk berbisnis online. Kebanyakan para blogger (sebutan para pencinta blog) hanya mengharapkan penghasilan dari adanya google adsense. Padahal, blogspot ini memiliki fitur-fitur yang tidak kalah dengan web jualan online seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.

Baca Panduan Lengkapnya : Cara Membuat Toko Online Terpercaya dengan Blogspot 

Dan jika kamu punya online shop, kamu bisa menggunakan blogspot untuk mulai meningkatkan penjualan kamu. Ditambah lagi, blogspot mudah digunakan dan tentunya gratis. Berikut cara-cara menggunakan blog sebagai media online shop untuk melengkapi tampilan dengan fitur slider.

Membuat Tampilan Produk Berjalan (slider)

Untuk membuat blog online shop menggunakan blogspot tentunya harus memiliki tampilan yang menawan. Banyak web jualan online menggunakan fitur tampilan berjalan (marquee) untuk mempercantik tampilan dan juga mempermudah konsumen untuk memilih.

Nah, dengan blogspot kamu juga bisa menggunakan fitur ini dengan memodifikasi sedikit blog yang kamu punya.

Pada pengaturan blogspot, kamu akan menemukan tombol “Layout” dibagian kanan tampilan. Disini kamu bisa mengubah tampilan blog sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk menggunakan fitur marquee, kamu hanya tinggal menambahkan ‘add a gadget’ atau ‘tambahkan gadget’  pada bagian yang ingin ditampilkan marquee. Pilih fitur ‘HTML Java Script’ dan kamu tinggal sisipkan kode berikut kedalam kolom yang disediakan.

<style type=”text/css”>
#rp_plus_img{height:377px;}
#rp_plus_img li {height:100px;padding:5px;list-style:none;
background-color:#ffffff;
border:solid 1px #eeeeee;}
#rp_plus_img a{color:#00000;}
#rp_plus_img .news-title{display:block;font-weight:bold ;margin-bottom:4px;font-size:11px;
text-align:justify;
-moz-border-radius: 5px;}
#rp_plus_img img{float:left;margin-right:14px;padding:4px;border:solid 1px #00000;width:55px;height:55px;}</style>
<script src=”http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.4.2/jquery.min.js” type=”text/javascript”>
</script>
<script src=”https://sites.google.com/site/unwanted86/javascript/recentpost.js” type=”text/javascript”>
</script>
<script type=”text/javascript”>
var speed = 1500;
var pause = 3500;
$(document).ready(function(){
rpnewsticker();
interval = setInterval(rpnewsticker, pause);
});</script>
<ul id=”rp_plus_img”><script>
var numposts = 5;
var numchars = 0;</script> <script src=”/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=rpthumbnt”></script></ul>

Setelah itu klik ‘save’ dan produk kamu akan bergerak seperti tayangan slide. Kamu bisa mengedit letak ‘gadget’ ini dengan menggeser kolom menggunakan kursor.

Membuat Fitur Pesanan Produk Otomatis

Membuat blog online shop, tentunya kamu harus memiliki fitur pemesanan bukan? Tentunya kamu pernah membeli produk di online shop seperti Shope, Tokopedia ataupun yang lainnya.

Kita dimudahkan untuk melakukan pemesan secara online dengan adanya fitur pesan sekarang. Kamu juga bisa membuat fitur pesanan dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh google, yaitu Google Drive.

Google Drive memiliki beberapa kemampuan untuk dimanfaatkan sebagai media pendukung blogspot. Terdapat fitur Formulir yang bisa kamu gunakan. Formulir ini akan langsung terkoneksi ke e-mail kamu sehingga kamu bisa merespon konsumen yang ingin memesan. Contoh formulir tersebut dapat kamu lihat disini.

Cara Membuat Formulir Pemesanan

Yang pertama silahkan login dahulu ke Google drive menggunakan akun Google kamu. Setelah masuk Google Drive, silahkan fokus pada pojok kanan atas tempat baris menu berada kemudian klik pada tombol New > More > Google Forms.

Membuat Blog Online Shop
Google Drive

Kamu akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang form maupun judulnya masih serba untitled, seperti pada gambar dibawah ini:

Membuat Blog Online Shop
Google Formulir

Kamu bisa mengganti judul form yang masih Untitled menggunakan judul anda sendiri. Sebagai contoh kamu bisa menggantinya menjadi Contoh Form Pemesanan Barang. Untuk bagian yang saya ganti dengan Nama

itu adalah form pertama yang disediakan.

Klik pada Add Item yang berada di bagian bawah untuk menambah form baru, kamu bisa memilih jenis form seperti apa yang ingin ditambahkan. Kamu bisa menambah form dalam bentuk teks seperti form Nama diatas atau dengan bentuk yang lain.

Membuat Blog Online Shop
Formulir Pemesanan Barang

Sebagai contoh saya akan membuat Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia.

Saya akan menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran. Silahkan kamu berkreasi sesuai kebutuhan kamu.

Bagian Confirmation Page adalah halaman yang muncul setelah form nanti disubmit oleh pengisi form, Anda dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan anda.

Dan setelah pembuatan form dan halaman konfirmasinya selesai, silahkan klik Send Form.

Membuat Blog Online Shop
Halaman Konfirmasi

Jendela baru yang berisi URL form kamu akan muncul, kamu bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.

Silahkan buka form kamu menggunakan URL yang sudah kamu dapatkan dari proses sebelumnya. Dari sini pembuatan form sudah selesai dan kamu sudah bisa menyebarkan URL Form kamu pada orang-orang.

Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Kamu bisa mengaksesnya dengan mengeklik View Responses yang berada di halaman editor form.

Membuat Blog Online Shop

Bagaimana? Kamu tertarik mencoba membuat blog online shop ini. Sebenarnya menggunakan blogspot adalah cara yang sangat menguntungkan. Disamping kamu bisa berjualan online, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari Google Adsense.

Ada banyak para blogger yang berhasil dalam bisnis ini. Seperti yang dilakukan oleh blog satuklikberita.blogspot.com, yang berhasil mencapai penjualan yang lumayan dari menggunakan Google Formulir ini.

Written by

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter.
Butuh bantuan? Visit Us

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Apple iPhone 6 : Smartphone Jempolan Yang Masih Layak Di Genggam

okesense theme wordpress

Butuh Template SEO? Coba OkeSense, Theme WordPress Super SEO