Dasar dasar Blog

Bagaimana Cara Membuat Konten Unik Di Mata Search Engine (Unique Articles/No Copas)

Untuk membuat sebuah konten atau artikel sebenarnya tidak diperlukan cara khusus atau metode tertentu, sebab jika kita berpedoman pada hal itu kita tidak akan jadi menulis. Yang ada di pikiran kita malah justru spaneng, dan kenikmatan menulis jadi hilang. Cara membuat konten unik dan ramah di mata search engine menurut sebagian orang di anggap sulit, padahal materi yang di sampaikan sederhana, tetapi bagi yang tidak terbiasa menulis hal ini akan menjadi hambatan tersendiri.

Menurut saya pribadi cara membuat konten unik itu sangatlah mudah, karena saya hanya berpedoman pada isi otak saja. Sebuah ide akan meluncur dengan sendirinya, yang penting materi posting kita kuasai. Ciri artikel yang unik itu terletak pada style atau gaya dari setiap penulis, tidak mencontoh orang lain dan tidak main copas.

Terlihat sangat sederhana bukan? Akan tetapi tidak semua orang bisa untuk menguasai, kita bisa belajar dengan hasil karya kita sendiri dengan membuat ciri khas dalam sebuah tulisan. Jika anda hanya terpaku pada tulisan orang lain, maka artikel sudah tidak menjadi unik lagi. Karena tulisan tersebut banyak di pasaran, dan nilai uniknya menjadi berkurang.

Kelebihan konten unik di mata search engine

  • Artikel ini lebih berpeluang menduduki peringkat di halaman pencarian, karena google memprioritaskan sebuah konten yang unik berbasis pada tulisan sendiri, tidak mencontoh dan copy paste. Walaupun sebenarnya masih banyak faktor yang menentukan peringkat sebuah artikel di halaman pencarian.
  • Artikel ini mampu bertahan di SERP (Search Engine Result Page) jika di jadikan konten pilar, tentunya dengan pembahasan yang lebih mendetail tentang artikel yang bersangkutan dan relevan dengan materi yang di suguhkan.

Cara membuat konten unik hasil ide sendiri

  • Cara ini terbilang cukup mudah, karena biasanya materi lebih kita kuasai. Kita bisa memulai menulis artikel sesuai dengan urutan dan penjelasan secara lengkap dari ide atau gagasan yang muncul dari pemikiran sendiri.
  • Tulis dengan gaya kita masing masing agar atikel tersebut lebih mempunyai nilai
  • Jangan lupa penggunaan kata yang baku sesuai dengan ejaan yang berlaku, buat kalimat dengan garis miring atau tanda petik jika sekiranya kalimat tersebut jarang di dengar atau kurang lazim.

Cara membuat konten unik yang ramah search engine

Banyak cara untuk membuat artikel atau konten menjadi lebih unik dan bernilai, walaupun artikel tersebut sudah ada di internet ataupun artikel sudah terindex dan mendapat peringkat di search engine.

  • Syarat utamanya jelas, jangan copas mentah mentah artikel tersebut.
  • Sebelum memulai menulis ada baiknya pelajari dahulu materi yang akan kita jadikan sebuah artikel.
  • Tulis ulang dengan bahasa dan gaya anda, sehingga artikel tersebut menjadi bentuk artikel baru, walaupun artikel mempunyai pembahasan yang sama.
  • Jika sudah selesai, kita bisa cek keunikan artikel tersebut melalui http://smallseotools.com/plagiarism-checker/
  • Perbaiki kesalahan yang biasanya di tandai dengan warna merah, ganti tulisan atau kata tersebut dengan kalimat yang terkait.
  • Nah, maka artikel anda sudah menjadi artikel unik dan siap untuk di publish. Seperti contoh gambar di bawah ini
membuat konten unik
Gambar Dokumentasi Pribadi

Jangan terpaku pada hasil 100 % unik, jika nilai yang kita dapatkan sudah mencapai 80 % itu sudah lebih dari cukup. Artinya artikel tersebut sudah menjadi sebuah artikel baru yang unik di mata search engine.

Loading...

Nah, itulah sekiranya cara membuat konten unik yang ramah dan di sukai oleh search engine. Masih banyak peluang yang akan kita jadikan sebuah artikel unik jika kita bisa menggali lebih dalam. Banyak juga kesempatan kita untuk membuat lebih banyak posting walaupun artikel tersebut sudah pernah di share orang lain.

Intinya hanya satu, jangan di hamtam atau di pukul rata begitu saja, tetapi tulis ulang sesuai penjelasan di atas. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

7 Comments

  1. Saya pernah membaca plagiarism smallseotools itu tidak akurat karena dia hanya merubah redaksi kata nya saja dengan makna yang sama. Benar apa gak itu mas? Terus juga saya baca google membutuhkan artikel yang unik yaitu yang masih jarang di search engine, bukan yang sudh ada di google lalu kita tulis ulang. Bagaimana menurutnya sampean? Mohon pencerahannya mas karena itu yang membuat saya di tolak adsense 😀

    1. Kalau kita terpaku pada konten unik, selamaya kita tidak akan pernah menyelesaikan artikel kita sendiri. Enjoy aja mas, tulis sesuai naluri dan berpedoman pada keyakinan 😀

  2. Sejauh ini saya belajar dengan teknik ini, yakni menulis ulang gagasan utama dari blog inspiratif yg saya baca. Pada dasarnya menulis artikel unik memang mudah, hanya saja rasa malas selalu menghantui. Thanks Om

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *