Tekno

6 Cara Ampuh Membuka Hp Android Yang Lupa Password

Cara Membuka Hp Android Lupa Password – Mengamankan handphone (HP) android dari banyaknya tangan-tangan jahil memang sangat penting. Ditambah terdapat banyak data penting yang bersifat pribadi di hp kita.

Begitu banyak cara kita mengamankan ponsel kita dari orang-orang yang iseng melihat isi yang terdapat di hp kita, dari menetapkan sandi, pemindai wajah, pemindai sidik jari, dan yang paling populer adalah menggunakan kunci pola.

Namun, bagaimana jika kita sendiri lupa kunci pengaman yang kita gunakan?

Cara Membuka Hp Android Lupa Password

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan, seperti 6 langkah berikut ini untuk membuka kunci pengaman atau Password yang terlupakan.

1. Menggunakan Fitur “Emergency Call”

Cara Membuka Hp Android Lupa Password bisa dilakukan dengan menggunakan fitur panggilan darurat atau emergency call. Untuk pengguna hp android berbasis 5.0-5.1.1, terdapat fitur yang “Emergency Call” yang sebenarnya digunakan bukan untuk mengantisipasi kelupaan kunci pengaman.

Namun, trik ini dapat berhasil jika kamu menerapkan cara berikut ini dengan benar.

Cara Membuka Hp Android Lupa Password
Emergency Call – Sumber : gadgethacks.com

Untuk menggunakan fitur “Emergency Call”, kamu cukup menekan panggilan darurat pada layar yang terkunci dan ketikkan tanda bintang hingga memenuhi kolom karakter.

  • Selanjutnya kembali ke layar awal dan buka pintasan untuk mengakses kamera.
  • Tarik kolom pemberitahuan yang berada di posisi atas layar dan hp akan meminta sandi kamu kembali.
  • Tekan lama kolom tersebut hingga muncul tampilan “Paste” atau tempelkan dan lakukan proses ini berulang kali.

Hal ini dilakukan untuk membuat hp menjadi error dalam waktu sementara.

Jika kunci pengaman berhenti atau crash, kamu dapat mengakses ponsel kamu tanpa kunci pengaman yang sudah kamu lupakan.

2. Menggunakan Fitur “Forget Pattern”

Cara Membuka Hp Android Lupa Password yang kedua adalah dengan menghapus pola melalui fitur forget pattern. Hp atau ponsel pintar memiliki tingkat kemanan yang sangat kuat untuk menjaga keabsahan pemilik.

Hal ini memang sangat menguntungkan bagi pemilik ponsel karena gadget tersebut tidak dapat dibuka kecuali dengan akun e-mail yang terkait didalamnya.

Cara lain untuk membuka ponsel yang terkunci adalah dengan menggunakan fitur”Forget Pattern” atau lupakan pola.

Cara Membuka Hp Android Lupa Password
Fitur Forget Pattern – Sumber : joyofandroid.com

Kamu cukup mencoba berulang-ulang kunci pengaman pada ponsel hingga muncul pilihan “Forget Pattern”.

Dengan memilih opsi tersebut, maka kamu akan diminta untuk memasukkan e-mail berserta sandi untuk dapat melanjutkan proses reset pasword yang baru.

Setelah itu kamu akan dapat membuat kunci pengaman ponsel yang baru dan ponsel dapat kembali digunakan.

3. Menggunakan Fitur “Factory Reset”

Menggunakan fitur “Factory Reset” berarti kamu akan menghapus semua data didalam ponsel. Factory reset adalah cara yang bisa digunakan untuk membuka Hp android dengan mengembalikan ke setelan semula atau setelan pabrikan.

Cara ini hanya dilakukan ketika pemilik ponsel benar-benar lupa kunci pengaman beserta akun e-mail yang digunakan pada ponsel.  Namun, cara ini cukup beresiko, karena ponsel bisa saja mengalami error saat melakukan reboot.

Cara Membuka Hp Android Lupa Password
Menggunakan Factory Reset – Sumber : androidphonesoft.com

Untuk menggunakan “Factory Reset”, pastikan ponsel dalam kondisi non-aktif.

  • Tekan tombol “Home”, “Volume Up”, dan tombol “Power” secara bersamaan.
  • Tunggu hingga muncul tampilan “Recovery Mode”
  • Pilih “Wipe Data/ Factory Reset”dengan menggunakan tombol volume, dan gunakan tombol “Power” untuk menjalankan proses tersebut.

Setelah itu ponsel akan kembali kepengaturan awal, dan kamu bisa menggunakannya kembali.

Tetapi, untuk beberapa ponsel pintar terbaru saat ini, fitur ini kemungkinan besar tidak dapat berfungsi. Hal ini dikarenakan keluaran ponsel terbaru lebih ketat tingkat keamanannya.

4. Menggunakan Android Debug Bridge (ADB)

Android Debug Bridge (adb) adalah alat baris perintah serbaguna yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan sebuah instance emulator atau perangkat Android yang terhubung.

Cara membuka Hp android lupa password dengan menggunakan ADB bertujuan untuk memfasilitasi berbagai tindakan perangkat. Seperti memasang dan melakukan debug aplikasi, serta menyediakan akses shell Unix yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan berbagai perintah pada emulator atau perangkat yang terhubung.

Cara Membuka Hp Android Lupa Password
ADB – Sumber : causeyourestuck.io

Untuk menggunakan adb dengan perangkat yang terhubung melalui USB, Anda harus mengaktifkan USB debugging dalam setelan sistem perangkat, di bawah Developer options.

Pada Android 4.2 atau yang diatasnya, layar Developer options disembunyikan secara default.

Untuk dapat melihat pilihan ini

  • Buka Settings > About phone dan ketuk Build number sebanyak tujuh kali.
  • Setelah itu kembali ke layar sebelumnya untuk menemukan Developer options pada bagian bawah.
  • Setelah itu hubungkan Personal Computer (PC) kamu melalui ADB.

ADB adalah sebuah tool yang dibuat oleh Android untuk membantu pengguna mengoneksikan ponsel ke PC. Jika memenuhi persyaratan tersebut, maka kamu akan bisa mencoba cara ini.

Namun, perhatikan juga model enkripsi yang diaktifkan agar kompatibel. Caranya ialah hubungkan ponsel dengan PC lalu buka “command prompt” pada direktori ADB.

Kemudian ikuti langkah di atas, lalu tekan Enter. Jika sudah reboot ponsel maka kamu bakal bisa mengaksesnya tanpa lockscreen.

5. Menggunakan Fitur “Safe Mode”

Untuk membuka Hp Android lupa password bisa juga dengan memanfaatkan fitur safe mode. Pada setiap perangkat yang menggunakan sistem komputerisasi, sering kali disematkan fitur “Safe Mode” untuk membantu mencegah gadget mengalami error.

Untuk ponsel pintar, menggunakan fitur ini dapat membantu kamu untuk membuka kunci pengaman pada ponsel. Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika kunci pengaman yang digunakan merupakan hasil dari aplikasi yang kamu unduh dari playstore.

Dengan kata lain, fitur ini tidak dapat bekerja jika kunci pengaman yang digunakan berasal dari aplikasi bawaan ponsel.

Cara Membuka Hp Android Lupa Password
Safe Mode Pada HP – Sumber : i.ytimg.com

Untuk dapat menggunakan fitur ”Safe Mode, kamu cukup menekan tombol “Power” selama 30 detik. Setelah itu akan muncul tampilan “Safe Mode” dan ponsel dapat digunakan kembali.

Setelah ponsel sudah berfungsi, hapus aplikasi pengunci yang kamu gunakan dan setelah itu hidupkan ulang ponsel. Aplikasi pengunci akan terhapus dan kamu bisa menggunakan ponsel kamu kembali dengan tenang.

6. Menggunakan Fitur “Find My Device”

Cara Membuka Hp Android Lupa Password bisa juga menggunakan aplikasi android find my device di google store. Pengguna ponsel android tentu belum banyak mengetahui fitur dari Google ini, selain itu fitur ini juga bisa digunakan untuk Melacak dan Menemukan Ponsel Android Hilang atau Dicuri

Fitur “Find My Device” terlebih pada ponsel bersistem Android, telah disematkan sebuah fitur pencari ponsel. Fitur ini sebenarnya digunakan untuk mengantisipasi jika kita lupa atau kehilangan ponsel kita.

Tetapi fitur ini dapat juga digunakan untuk membantu menghapus kunci pengaman pada ponsel.

Cara Membuka Hp Android Lupa Password
Aplikasi Find My Device – Sumber : techlomedia.in

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu cukup mengunduh di playstore dan menginstall di ponsel kamu. Dan ketika kamu lupa apa kunci pengaman yang kamu gunakan, kamu cukup mengunjungi website Find My Device. Kamu akan menemukan fitur pembuka kunci pengaman di website tersebut.

Untuk menggunakan fitur membuka Hp Android yang lupa password ini, kamu harus mengetahui e-mail yang kamu gunakan pada ponsel karena diperlukan sebagai autentikasi perangkat. Setelah itu pilih icon “Enable Lock & Erase” dan pilih “Lock”.

Website tersebut akan bekerja secara otomatis dan akan meminta kamu mengubah kembali kunci pengaman lama dengan yang baru. Dengan itu kamu bisa membuka ponsel dengan kunci pengaman yang baru saja kamu buat.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuka Hp Android lupa password yang telah dipaparkan. Ponsel cerdas memang sengaja dibuat dengan tingkat keamanan yang luar biasa, dan pastinya dibuat untuk antisipasi kejadian yang tidak dikehandaki.

Jadi, jika kamu tidak mau repot untuk memaksa membuka kunci pengaman ponsel kamu, lebih baik kamu mengingat akun e-mail yang kamu tanamkan pada ponsel. Seperti mencatat pada notebook ataupun yang lainnya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan!


Loading...
Baca selengkapnya

I'm Content Writer, SEO Editor, Video Marketing Editor, and Bounty Hunter. Butuh bantuan? Visit Us

Artikel terkait

7 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close