Tekno

Cara Memilih Keyboard Gaming Berkualitas Harga Murah

Cara Memilih Keyboard Gaming murah berkualitas – Keyboard adalah salah satu komponen atau hardware pendukung yang wajib ada pada setiap PC. Sama halnya juga dengan PC Gaming. Perangkat ini juga membutuhkan dukungan keyboard berkualitas yang benar-benar menawarkan kenyamanan, ketika digunakan untuk bermain game terbaik oleh para gamers.

Meski saat ini keyboard khusus untuk PC gaming sudah banyak tersedia dan dapat dibeli dengan mudah secara offline maupun online. Namun memilih keyboard gaming yang benar-benar berkualitas baik, mungkin bukanlah pekerjaan mudah bagi beberapa para gamers. Terutama para gamers pemula.

Agar dapat dengan mudah menentukan keyboard gaming terbaik yang mana yang harus dibeli. Melalui artikel ini pembaca, khususnya para gamers pemula. Tidak ada salahnya jika terlebih dahulu kamu mengetahui bagaimana cara memilih keyboard gaming berkualitas yang tepat untuk PC gaming kamu.

Baca juga : Perhatikan Hal ini Sebelum Kamu Memilih dan Membeli Laptop Gaming

9 Cara Memilih Keyboard Gaming Berkualitas

Selain mengetahui merek keyboard gaming yang akan dipilih dan mengetahui harga masing-masing keyboard untuk melakukan perbandingan harga. Ada beberapa cara tambahan yang perlu diterapkan selama milih keyboard gaming berkualitas baru untuk PC Gaming Kamu. Berikut lima cara yang bisa kamu terapkan :

#1 Ketahui Fitur yang Ditawarkan Keyboard

Ketahui apa saja fitur-fitur canggih yang ditawarkan pada keyboard gaming yang akan dipilih. Apakah semua fitur yang kamu butuhkan untuk keperluan bermain game sudah tersedia pada keyboard tersebut. Keyboard gaming terbaik biasanya dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih, mulai dari fitur antighosting, backlighting dan juga kemungkinan tersedianya port USB.

#2 Pilih Membran atau Mechanical Keyboard ?

Dua jenis keyboard ini juga perlu dipertimbangkan oleh para gamers. Masing-masing jenis keyboard baik membran dan mechanical memiliki perbedaan. Namun demi kenyamanan sebaiknya pertimbangkan untuk membeli keyboard gaming mechanical.

Dibandingkan keyboard dengan sistem membran, keyboard mechanical gaming menawarkan banyak kelebihan. Misalnya saja hadirnya switch khusus pada masing-masing key keboard. Switch mandiri ini benar-benar membuat masing-masing tombol key menawarkan sensasi yang berbeda. Tiap key pada keyboard mechanical gaming dapat bekerja sendiri dengan respon yang sangat cepat.

Keyboard mechanical gaming juga menawarkan sound out pengetikan yang lebih menarik. Dibandingkan keyboard membran, keyboard mechanical mampu menghasilkan sound feedback yang benar-benar nyaman untuk didengar oleh telinga penggunanya.

Keyboard gaming ini juga lebih tahan lama dibandingkan dengan keyboard membran. Karena, keycaps pada mechanical keyboard dapat dibongkar pasang dengan mudah. Sehingga pengguna dapat melakukan perawatan berkala dengan mudah dan cepat. Menariknya ada beberapa keyboard gaming yang memakai switch mekanik yang mampu bertahan hingga lebih dari 40 juta pencetan, berbanding dengan 1-5 juta pencetan pada keyboard membran biasa.

#3 Pastikan Key Pada Keyboard Dapat Disetting Sesuai Kebutuhan

Sudah hal yang biasa dialami para gamers ketika bermain game menekan lebih dari satu key secara bersamaan pada keyboard. Kadang hal ini cukup merepotkan para gamers. Agar tidak mengalami hal yang sama. Sebaiknya sebelum benar-benar melakukan pembelian. Pastikan untuk memilih keyboard gaming yang akan dibeli, apakah dapat dilakukan setting key.

Dengan hadirnya fitur pengaturan ini, maka keyboard tersebut nantinya akan memudahkan anda untuk melakukan pengaturan macro. Yaitu pengaturan kombinasi banyak key, menjadi lebih simpel cukup dengan satu key saja.

#4 Ketahui Skor Polling Rate Keyboard

Meski keyboard mekanik memiliki respon ketik yang sudah cukup ketat. Namun kecepatan masing-masing keyboard mekanik bisa saja berbeda. Nah untuk mengetahui perbedaan kecepatan respon keyboard mekanik yang akan dipilih. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetahui berapa skor polling rate keyboard gaming yang akan kamu pilih.

Sebaiknya pilih keyboard dengan dengan skor polling rate di atas 500 Hz atau lebih tinggi. Karena semakin tinggi skor polling rate keyboard, maka kecepatan respons keyboard gaming tersebut juga akan semakin baik.

#5 Pilih Keyboard Support Multi OS

Meski dilengkapi dengan sejumlah fitur terbaik, keyboard gaming yang akan kamu pilih dapat terpental dalam kategori berkualitas jika tidak support dengan banyak OS. Keyboard gaming berkualitas sebaiknya dapat digunakan ke lebih dari satu perangkat dengan sistem operasi yang berbeda.

Hal ini tentu tidak hanya memudahkan kamu menghubungkan ke lebih dari satu perangkat. Keybord support multi OS juga akan menghemat biaya yang harus kamu keluarkan nantinya.

#6 Pertimbangkan Juga Desain Keyboardnya

Meski hali ini bukanlah perkara teknis, namun seperti apa bentuk desain keyboard juga tetap perlu dijadikan pertimbangan. Desain keyboard gaming terbaik cukup beragam bentuknya dan hampir semua benar-benar menarik untuk digunakan oleh para gamers. Meski demikian pertimbangkan juga memilih keyboard gaming sesuai ukuran dan kemungkinan penggunaan keboard dengan sistem wireless.

Selain lebih praktis dan rapih karena dukungan wireles, keyboard dengan desain terbaik juga umumnya lebih ringan dan pastinya tidak membutuhkan banyak ruang sebagai tempat meletakan.

#7 Pilih yang Menawarkan Software Kaya Fitur

Hampir semua keyboard gaming didukung dengan software. Meski demikian tidak semua software pendukung pada keyboard game adalah yang terbaik. Sebaiknya memilih keyboard gaming dengan software yang mudah untuk dilakukan instalasi. Dan, pertimbangkan juga fitur-fitur intuitif apa saja yang dibundle dalam software keyboard yang akan dipilih.

Sebaiknya pilih keyboard dari brand-brand besar populer. Karena biasanya brand populer tersebut melengkapi keyboard gaming mereka dengan software yang memiliki banyak fitur canggih, yang benar-benar mudah digunakan atau diinstal ke perangkat.

#8 Lakukan Perbandingan Harga

Ini adalah langkah terakhir yang wajib dilakukan sebelum memilih keyboard gaming. Setelah kamu menemukan lebih dari dua pilihan keyboard gaming kaya fitur dan tahan lama yang akan dipilih. Maka selanjutnya lakukan perbandingan harga terlebih dahulu.

Hal ini diperlukan agar kamu dapat dengan mudah menentukan keyboard game mana yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Usahakan membeli dan memilih keyboard gaming dengan harga yang paling sesuai dengan kantong namun memiliki fitur lengkap yang kamu butuhkan untuk bermain game.

#9 Garansi

Setelah kamu menerapkan semua cara di atas dan sudah menemukan keyboard gaming terbaik pilihan. Maka jangan lupa terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi kembali mengenai permasalahan garansi. Sebaiknya pilih produsen keyboard yang berani menawarkan proteksi garansi yang lebih lama.

Jangan lupa juga pahami jenis garansi yang ditawarkan apakah garansi produk atau garansi servis. Pahami juga mekanisme klaim garansi keyboard gaming yang akan kamu beli.

10 Merek Keyboard Gaming Paling Direkomendasikan

  1. Logitech
  2. Corsair
  3. Razer
  4. Roccat
  5. SteelSeries
  6. MAD Catz Strike TE
  7. Ducky Shine
  8. Rexus
  9. CM Storm
  10. Rosewill Helios

Pilihan Keyboard Gaming Berkualitas dan Murah Harga 1 Jutaan

Keyboard Logitech G413

memilih keyboard gaming
Foto via Logitech Blog

Keyboard gaming G413 adalah keyboard mekanis terbaru milik Logitech yang diluncurkan pertama kali pada bulan April lalu. Logitech G413 dirancang dengan desain modern yang mengutamakan kesimbangan dan menawarkan kinerja benar-benar handal ketika digunakan bermain game.

Menariknya Logitech G413 merupakan salah satu pilihan keyboard gaming terbaik yang dibanderol dengan harga yang terjangkau. Ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 1,2 Juta, keyboard mekanik ini didukung dengan software yang memiliki banyak fitur, performa super responsif dan desain yang elegan mengesankan.

Body Logitech G413 dirancang dengan bahan Aircraft-Grade Aluminium Alloy dalam bentuk yang sederhana. Logitech juga menambahkan beberapa port USB yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan keyboard dengan beberapa perangkat lainnya, seperti headset atau mouse. Keyboard Logitech G413 lebih mengedepankan performa dan fitur kepada calon pengguna.

Berbeda dengan sebagian besar keyboard gaming yang telah ada di pasaran, keyboard Logitech G413 menggunakan tombol mekanis yang berbeda, dengan adanya key Romer-G. Tombol atau key mekanis ini diklaim memiliki respon 25 persen lebih cepat ketimbang tombol lainnya.

Sehingga dapat membuat para gamers memiliki kemampuan bergerak secara lebih lincah di dalam sebuah game. Logitech G413, juga dilengkapi dengan LED backlight dengan tingkat pencahayaan yang tepat sehingga tidak akan mengganggu gamer.

Keyboard Corsair K63

memilih keyboard gaming
Foto via YouTube

Keyboard Corsair K63 adalah salah satu pilihan terbaik bagi anda yang membutuhkan keyboard gaming yang kaya fitur menghadirkan kenyamanan untuk menunjang kegiatan bermain game Anda.

Corsair K63 dirancang dengan konsep desain tenkeyless. Sebuah konsep yang akhirnya membuat Keyboard Corsair K63 tampil lebih minimalis dan ringkas dengan sedikit tombol atau key. Meski tomobol keyboard lebih sedikit dari keyboard standar. Corsair K63 lebih kaya fitur dan layak disebut sebagai sebuah keyboard gaming terbaik harga paling murah di pasar saat ini.

Dengan ukuran yang lebih kecil, Corsair K63 lebih ringkas sehingga mudah untuk dibawa bepergian, dan tidak membutuhkan ruang luas sebagai tempat meletakan.

Keyboard mechanical Corsair K63 memiliki bodi yang tebal yang sepenuhnya terbuat dari bahan plastik berkualitas tahan lama. Corsair K63 didukung dengan tombol (switch) Cherry MX Red paling nyaman dari semua tombol Cherry MX yang ada. Performanya tombol Cherry MX Red juga sangat baik ketika digunakan untuk bermain game dan mengetik.

Tombol pada Corsair K63 kali ini juga memiliki traveling distance yang cukup, tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam. Setiap tombol telah dilengkapi dengan teknologi anti-ghosting sehingga semua input yang Anda berikan akan dikeluarakan dengan tepat.

Report Rate Hingga 1ms

Tidak hanya itu, keyboard ini juga didukung oleh kemampuan report rate hingga 1ms. Artinya, setiap perintah dari keyboard bisa dilaporkan ke CPU dengan sangat cepat, memungkinkan reaksi yang lebih baik ketika bermain game.

Setiap tombol di keyboard Corsair K63 hadir dengan lampu LED backlight. Lampu tersebut juga bisa disesuaikan tampilannya melalui Corsair Utility Engine. Bahkan Anda bisa memilih tombol mana yang dinyalakan bakclight-nya. Sayangnya Corsair hanya menyediakan LED berwarna merah.

Keyboard ini dibanderol seharga Rp1,1 juta, Anda bisa memilih keyboard gaming ini karena sangat terjangkau untuk sebuah keyboard mekanis dengan tombol Cherry MX. Melalui keyboard ini, Corsair tampak ingin memperkuat eksistensinya di pasar menengah.

Keyboard Armaggeddon MKA-7C Psycheagle

memilih keyboard gaming

Armaggeddon MKA-7C Psycheagle adalah salah satu pilihan keyboard gaming terbaik dengan harga terjangkau oleh para gamer. Diproduksi oleh perusahaan Armageddon, sekilas keyboard ini tampil biasa dengan balutan warna hitam dan kuning. Terlihat seperti tidak ada yang istimewa dan terlihat seperti keyboard standar.

Namun setelah benar-benar digunakan keyboard ini cukup ringkas dan lebih menampilkan komponen mekaniknya. Ini adalah konsep yang justru sedang tren dikalangan produsen keyboard. Armaggeddon MKA-7C Psycheagle menawarkan nuansa RGB yang sedang jadi tren. Alhasil, ketimbang melihat performa gaming, kamu mungkin akan lebih sering melihatnya sebagai keyboard yang penuh cahaya.

Paduan Plastik dan Metal

Dirancang dengan paduan bahan plastik dan metal berkualitas tahan lama. Keyboard Armaggeddon MKA-7C Psycheagle sangat mudah dirawat. Keyboard cukup ringan dan memiliki ukuran total yang proporsional yang tidak membutuhkan banyak ruang sebagai tempat penyimpanan.

Armaggeddon MKA-7C Psycheagle tidak didukung dengan tombol tambahan yang dapat difungsikan sebagai fungsi makro. Bahkan Armaggeddon juga tidak membekali keyboard gaming ini dengan driver khusus. Pengaturan semua fitur dapat dilakukan dengan mudah melalui tombol Fn. Meski demikian fitur yang ditawarkan Armaggeddon MKA-7C Psycheagle sudah tergolong proporsional.

Meski tidak memiliki fungsi makro dan driver atau software khusus, Armaggeddon MKA-7C Psycheagle tetap dapat menawarkan performa yang mengesankan. Komponen mekanik yang dipakai memiliki gaya tekan yang agak berbeda. Keyboard ini didukung komponen blue switch, yang akan memberikan sound feedback seperti mesin ketik saat ditekan.

Untuk pemakaian dalam durasi tertentu, kamu akan benar-benar merasakan pengalaman menggunakan keyboard dengan komponen Cherry MX atau Kailh. Hampir sulit menemukan perbedaan antara Armaggeddon MKA-7C Psycheagle dengan dua kompetitornya. Perbedaan baru terasa ketika Anda memakainya cukup intensif.

Anda bisa memilih keyboard gaming Armaggeddon MKA-7C Psycheagle untuk menjadi rekomendasi terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan para gamer. Tidak hanya benar-benar cepat dan responsif sama seperti para kompetitor lainnya.

Armaggeddon MKA-7C juga terbukti memiliki daya tahan yang sangat baik. Hanya saja Armaggeddon tidak menambahkan palm rest. Hal ini akan membuat taman lebih cepat lelah jika penggunaan tidak menggunakan alas tambahan.

Di Indonesia Armaggeddon MKA-7C Psycheagle sepertinya akan menjadi pilihan keyboard gaming yang layak dimasukan ke dalam daftar pembelian. Selain menawarkan fitur LED RGB serta beberapa fungsi tambahan yang menggantikan fungsi makro. Ternyata harga keybaoard gaming ini juga cukup murah. Anda dapat membeli keyboard ini dengan harga kurang dari Rp 1 juta.

Genius Imperator GX

memilih keyboard gaming

Keyboard Genius Imperator GX sudah didukung dengan enam tombol makro dengan masing-masing 3 profile berbeda pada setiap tombol yang bisa diakses pada bagian kiri keyboard. Semua tombol makro dapat diatur dengan mudah dan cepat (programable keys) menggunakan driver bawaan Genius Imperator GX.

Genius Imperator GX memiliki skor polling rate tinggi 1000Hz/1ms. Skor ini menandakan bahwa keyboard ini benar-benar dapat bekerja secara handal ketika digunakan untuk bermain game tempo tinggi. Polling rate tinggi juga memastikan setiap ketukan pada tuts keyboard dapat langsung tereksekusi dengan baik tanpa adanya lag.

Genius Imperator GX dibandro dengan harga sekitar Rp 350.000. Tidak hanya benar-benar nyaman ketika digunakan untuk main game, keyboard Genius Imperator GX dapat memudahkan kamu untuk melakukan kontrol media, seperti menjalankan mp3 atau menghentikan sementara video yang sedang dimainkan. Karena, Genius Imperator GX juga sudah dilengkapi dengan 6 buah tombol multimedia dengan fungsi Play, Pause, FWD, BWD, Vol Up/Down, dan Stop.

Penutup

Mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh keyboard, tipe keyboardnya seperti apa, dan produsen yang memproduksi adalah beberapa pertimbangan penting yang akan benar-benar memudahkan kamu mengetahui cara memilih keyboard gaming berkualitas.

Menggunakan keyboard gaming berkualitas selama bermain game juga cukup efektif bila dibandingkan dengan keyboard standard. Keyboard gaming memungkinkan kamu dapat bergerak lebih lincah, menerapkan tombol makro lebih mudah, dan memungkinkan mendengarkan sensasi sound feedback yang berbeda dan buat nge-game jadi tambah seru.


Loading...

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Artikel terkait

One Comment

  1. semua kembali ke user habit, misal kalo kalah nge game emosional, juga sering ganti keyboard, hhehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close