Tekno

Perhatikan Hal ini Sebelum Kamu Memilih dan Membeli Laptop Gaming!!!

Bingung memilih laptop gaming? Halo sobat, apa kabar? Kali ini saya akan berbagi sedikit tips membeli laptop gaming untuk kalian pecinta game atau para gamers sejati. Tidak bisa dipungkiri semakin pesatnya teknologi digital, begitu pula dengan perkembangan game PC yang bisa dibilang sangat pesat. Karena semakin berkembangnya jaman akan ikut pula mempengaruhi hal lainnya. Layaknya seperti gaming.

Untuk mengikuti jaman modernisasi ini, para developer game saling adu balap atau bersaing untuk membuat game yang sangat berkualitas. Sehingga dapat bersaing dengan developer lainnya. Seperti diketahui sekarang ini, game berkualitas seperti yang banyak dimainkan saat ini (GTA V) yang hampir memerlukan free space dari harddisk laptop sebesar kurang lebih 60GB. Itu baru game tersebut belum lagi yang lainnya.

Untuk menyeimbangi hal tersebut para produsen juga memproduksi laptop ataupun PC untuk menunjang hal tersebut. Tentunya dengan harga yang cukup menguras kantong pula. Jika kamu gamers sejati hal tersebut bukan merupakan penghalang bagi hobi kamu.

Nah, disini saya akan memberikan sedikit tips yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu membeli laptop gaming kamu yang baru. Langsung saja simak tips berikut.

1. Processor

membeli laptop gaming

Pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli laptop gaming adalah processor. Processor merupakan otak dari laptop atau PC kamu. Semakin tinggi spesifikasi dari processor, maka akan semakin baik pula untuk bermain game. Biasanya untuk laptop gaming dipasaran sekarang ini banyak produsen laptop yang memilih Intel ataupun AMD.

Sebaiknya bila kamu ingin memainkan game berat dan juga berdurasi panjang yang memerlukan daya tahan lama saya lebih menyarankan sebaiknya memilih laptop dengan processor bawaan Intel. Karena menurut review dan referensi yang saya baca, Intel ini tidak cepat panas dibandingkan dengan processor dari AMD.

Dan satu lagi saya sarankan untuk memilih minimal intel i5. Tapi alangkah baiknya kamu membeli laptop gaming yang dibekali processor intel i7 yang berseri MQ atau HQ. Jangan menggunakan Processor intel dengan label U, karena processor berlabel U biasanya digunakan ke arah penggunaan yang biasa – biasa saja atau yang tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi.

Atau kamu juga dapat memilih processor AMD ataupun processor yang lainnya yang memiliki spesifikasi atau ketahanan seperti processor intel tersebut.

Contoh penggunaan processor untuk gaming yang disarankan yaitu intel i7. Sedangkan dari kubu AMD yang disarankan adalah A10 dan FX Series. Hal yang lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan processor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik pula untuk performa laptop gaming tersebut.

2. VGA ( Video Graphic Adapter)

membeli laptop gaming

VGA ( Video Graphic Adapter / kartu grafis ) merupakan salah satu hal yang paling penting untuk menentukan laptop gaming berkualitas. VGA mempengaruhi tampilan atau grafis dan kualitas game atau gambar saat kita memainkan game. Jadi simpelnya VGA ini berfungsi untuk menampilkan kualitas gambar yang diberikan.

Kualitas gambar yang dihasilkan baik akan membuat kita menjadi senang untuk mamainkan game yang berat sekalipun. Karena kebanyakan saat inii game – game yang beredar memiliki kualitas tampilan yang bisa dibilang begitu tinggi.

Minimal VGA yang diperlukan oleh laptop untuk menyokong atau mendukung hal tersebut adalah Nvidia GT840. Disarankan untuk membeli laptop gaming yang menggunakan VGA Nvidia GTX Series, seperti GTX960 keatas. Sedangkan untuk VGA AMD, kamu bisa memilih laptop yang menggunakan VGA AMD R7 230 keatas atau AMD R9 Series.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM ( Random Access Memory ) juga merupakan salah satu hal yang terpenting dalam memilih laptop gaming. Pastikan kamu membeli atau memilih laptop gaming yang memiliki spesifikasi RAM diatas 4GB.

Selain itu juga pastikan laptop gaming yang kamu akan beli menyediakan satu atau dua slot tambahan, hal ini bertujuan agar kamu dapat melakukan upgrade RAM dengan mudah. Selain itu dapat juga untuk memaksimalkan kinerja laptop yang kamu rasa kurang.

Baca : Perbedaan Kualitas dan Kinerja RAM Berdasarkan Tipe DDR

Jenis RAM minimal untuk digunakan adalah tipe DDR3, tapi lebih bagusnya jika laptop yang akan kalian beli memiliki jenis RAM DDR4. Game – game berat seperti GTA V, Watch Dog, Mad Max ataupun yang lainnya membutuhkan setidaknya RAM sebesar 8GB agar bisa berjalan dengan lancar.

4. Media Penyimpanan (Harddisk)

Saat ini media penyimpanan pada laptop memiliki dua jenis media penyimpanan, yaitu SSD dan HDD. Untuk laptop gaming, saya sarankan kamu lebih baiknya memilih laptop gaming dengan media penyimpanan setidaknya 1TB (1000GB) keatas. Pasalnya saat ini kebanyakan game – game berkualitas akan banyak memakan storage laptop kalian.

Beberapa laptop yang diproduksi saat ini menyediakan slot atau tempat tambahan agar kamu dapat menambah HDD untuk membuat kinerja laptop kalian menjadi lebih ringan. Hal ini pula menjadi pertimbangan kalian untuk membeli laptop gaming.

Perlu kamu ketahui, jika kamu membeli laptop dengan media penyimpanan berjenis SSD, jangan pernah menginstal game – game berat ke SSD. Biasanya kapasitas penyimpanan SSD sangat terbatas, sehingga dapat menurunkan kinerja laptop kalian. Bila ingin menginstal game berat simpanlah di media penyimpanan eksternal.

Berbeda halnya bila kamu memilih laptop dengan SSD diatas 500GB tidak akan menjadi masalah besar bila kamu ingin menginstall game berat sekalipun didalamnya. Hal tersebut tidak akan berpengaruh signifikan pada kinerja laptop kamu.

5. Baterai

Daya tahan baterai pada laptop gaming menjadi salah satu masalah bagi sebagian pengguna laptop gaming. Karena laptop gaming yang memiliki kualitas baik menggunakan spesifikasi tinggi dan kinerja cukup berat. Sehingga kebanyakan baterai pada laptop gaming tidak mampu bertahan lebih dari 2 jam saat bermain game.

Meski kamu menggunakan laptop gaming dengan baterai besar, tetap saja kamu akan merasa boros saat menggunakan laptop tersebut saat bermain game berat. Saat ini ada dua jenis baterai laptop, yaitu removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas).

Baiknya kamu memilih laptop dengan menggunakan baterai jenis removable. Karena dengan menggunakan ini kamu bisa menghindari effect samping dari penggunaan baterai non-removable.

Mencabut baterai laptop saat sedang memainkan laptop bukanlah hal yang cukup baik untuk dilakukan. Hal ini akan merusak motherboard laptop kamu jika terjadi mati listrik secara tiba – tiba.

6. Resolusi Layar

Resolusi layar minimal yang dibutuhkan untuk memilih sebuah laptop gaming adalah FHD 1920×1080. Sedangkan untuk ukuran layarnya minimal 15.6 inch, agar lebih baik dan nyaman untuk bermain game gunakanlah ukuran layar 17.3 inch.

Semakin besar ukuran layar dan resolusi layar laptop kalian akan menjadi maksimal saat digunakan untuk bermain game. Hal ini juga berhubungan dengan VGA yang digunakan pada laptop.

7. Keyboard

membeli laptop gaming

Keyboard akan menjadi bagian yang paling penting dan paling sering digunakan saat bermain game di laptop gaming, kecuali kalian menggunakan keyboard eksternal saat bermain game. Saat ini kebanyakan laptop gaming dibekali dengan backlight, hal ini akan mempermudah para gamers saat berman game dalam keadaan gelap.

Pastikan juga kalian memilih laptop gaming yang dilengkapi dengan numpad, sehingga memudahkan kalian untuk mengetik angka dengan cepat jika diperlukan saat bermain game.

8. Audio

Meski mendengarkan suara lewat headphone gaming lebih baik daripada speaker eksternal. Tentunya kamu juga harus memperhatikan kualitas suara yang dihasilkan oleh laptop gaming tersebut.

Saat ini beberapa produsen laptop gaming menyematkan software yang bermanfaat untuk mengatur kualitas suara yang bisa dihasilkan oleh laptop gaming. Seperti halnya salah satu produsen laptop Asus pada laptop gaming seri Asus ROG ( Republic of Gamers) disematkan software Republic of Gamers Audio Wizard.

9. Port

Port juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin membeli laptop gaming yang berkualitas. Beberapa port yang mungkin dibutuhkan oleh para gamers adalah USB 3.0, HDMI / Mini Display Port.

Pastikan laptop yang ingin kamu beli mendukung setidaknya 3 port dengan USB 3.0. Ini berfungsi untuk mendukung kecepatan dan kestabilan saat menstranfer data. Sedangkan untuk port HDMI dan Mini Display Port, berfungsi untuk menghubungkan laptop kalian ke layar yang lebih besar atau layar eksternal.

10. Design

Biasanya laptop gaming yang dibuat oleh beberapa produsen terkenal sangatlah menarik perhatian. Banyak varian warna dan bentuk yang ditampilkan. Kita bisa memilih design laptop sesuai dengan kebutuhan kita saat ini.

Jika kamu suka traveller atau bepergian keluar kamu bisa pertimbangkan memilih laptop dengan design slim atau tipis agar mudah saat dibawa kemana – mana. Meski begitu kebanyakan laptop dengan design slim atau ramping lebih mahal harganya.

11. Operasi Sistem

Laptop gaming saat ini kebanyakan sudah dibekali dengan sistem operasi bawaan windows, yaitu windows 8 ataupun windows 10 64bit. Tetapi dengan operasi sistem yang aslinya saat kalian membeli akan lebih mahal ketimbang dengan laptop kosongan atau tanpa operasi sistem. Jika kalian ingin menghemat budget, saya sarankan kalian memilih laptop dengan operasi sistem dos.

12. Service Center

Service center juga menjadi pertimbangan selanjutnya dalam memilih laptop gaming. Kamu tidak bisa mengetahui ataupun memprediksi kerusakan yang mungkin akan terjadi pada laptop kalian tersebut.

Tentunya jika kalian membeli laptop gaming tersebut kepada produsen yang sudah terpercaya maka saat mengalami kerusakan menjadi mudah untuk langsung membawanya ke service center tersebut.

13. Harga

Yang terakhir adalah masalah harga. Ini menjadi masalah besar bagi kalian yang memiliki budget sedikit tapi ingin memiliki laptop gaming yang berkualitas. Tetapi bagi kalian yang tidak ragu untuk mengeluarkan dana yang sedikit lebih besar membeli laptop gaming saya sarankan untuk mencari laptop gaming yang berkualitas seperti Acer (Acer Predator), Asus (Asus ROG), Dell (Alienware) dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada kalian untuk memilih laptop gaming yang berkualitas agar tidak menjadi kesalahaan saat membeli laptop gaming. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat bagi kalian yang lagi mencari laptop gaming.


Loading...
Baca selengkapnya

Saya merupakan mahasiswa yang berasal dari salah satu perguruan tinggi di bali.

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close